Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik

Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik–Kabel data dapat digunakan untuk mengisi baterai smartphone dan menghubungkannya ke komputer. Khusus untuk iPhone, kabel data yang digunakan terbilang unik karena memiliki konektor yang berbeda yaitu Lightning. Alhasil, membeli kabel data iPhone tidak bisa sembarangan. Jika Anda tidak hati-hati, kabel data yang Anda beli mungkin tidak cocok untuk digunakan dengan iPhone.

Ada banyak merek kabel data iPhone. Mulai dari produksi Apple sendiri dan dari pihak ketiga seperti Aukey, Anker dan Nomad. Untuk menghindari membeli dengan buruk, artikel ini akan memberi tahu Anda cara memilih. Plus, kami telah mengumpulkan sepuluh kabel data iPhone teratas hanya untuk Anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Kabel Data iPhone

Membeli kabel data iPhone tidak semudah kedengarannya. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, mulai dari ada tidaknya sertifikat MFi, jenis konektor, bahan selubung kabel, panjang kabel hingga garansi.

Jika Bukan Produk Apple, Pastikan Ada Sertifikasi MFi

Untuk digunakan dengan iPhone, kabel data Apple tentu cocok. Tetapi bagaimana jika, karena alasan tertentu, Anda lebih tertarik pada merek lain? Jika demikian, pertimbangan pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apakah Anda memiliki sertifikat MFi (Made for iPhone).

Produk bersertifikat MFi berarti telah lulus uji bakat Apple. Beberapa hal yang mereka sukai adalah keamanan, daya tahan, dan kompatibilitas dengan semua perangkat Apple. Anda sudah tahu bahwa iPhone dan sebagian besar perangkat Apple menggunakan konektor Lightning. Standar manufaktur konektor Lightning ini sangat ketat untuk memastikan kualitas yang konsisten di semua produk.

Produk yang tidak bersertifikat MFi sering kali tidak memenuhi standar yang ketat ini. Buat kabel data yang memiliki sejumlah masalah, seperti konektor menjadi panas dan tidak stabil saat dicolokkan ke port. Kabel seperti itu sering memiliki masalah kompatibilitas atau tidak berfungsi sama sekali. Itulah mengapa sebaiknya hindari kabel data bersertifikat MFi.

Pilih Konektor Kabel yang Pas dengan Jenis Port Adaptor dan iPhone Anda

Dari konektor Lightning ke iPhone, Anda dapat memilih di antara berbagai jenis konektor untuk menyambungkan adaptor/pengisi daya atau komputer. Berikut manfaat masing-masing. Namun, pada akhirnya, Anda perlu melacak port pada adaptor dan komputer.

Periksa Kecepatan Transfer Datanya

Kabel data Lightning tidak hanya cocok untuk mengisi daya iPhone, tetapi juga untuk mentransfer data dari komputer. Jika Anda ingin menggunakannya untuk tujuan ini, periksa kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data ini salah satunya ditentukan oleh spesifikasi kabel data USB itu sendiri.

Kabel data berkualitas memiliki spesifikasi USB 2.0 dengan kecepatan transfer maksimum 480 Mbps. Pada kecepatan ini, Anda dapat mentransfer foto dan video dari iPhone ke komputer untuk cadangan hampir seketika. Semua kabel data yang telah mengalami MFi harus memiliki spesifikasi ini.

Sedangkan kabel data yang lebih murah tetap memiliki spesifikasi USB 1.1, dengan transfer rate maksimal hanya 1,5 Mbps. Karena kecepatan rendah di pasaran, produk tersebut biasanya tidak menyertakan spesifikasi USB atau transfer rate. . Anda bahkan mungkin tidak memiliki sertifikat MFi. Oleh karena itu, produk ini harus dihindari kecuali Anda berencana menggunakannya untuk transfer data.

Biar Lebih Tahan Lama, Sebaiknya Pilih Kabel dengan Jaket Braided Nylon

Kabel data adalah aksesori iPhone yang Anda gunakan setiap hari, tetapi juga beberapa kali. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kabel data yang tahan lama agar tidak cepat rusak. Salah satu bagian terpenting dari kabel dalam hal ini adalah lapisan terluar dari kabel itu sendiri atau yang disebut dengan selubung.

Elastomer termoplastik (TPE), juga dikenal sebagai karet termoplastik, adalah salah satu bahan yang paling umum untuk selubung kabel data. Kabel data bawaan iPhone kemungkinan juga menggunakan bahan ini. TPE merupakan bahan pelapis yang memiliki kekuatan yang baik. Namun, permukaannya lebih rentan robek jika ditekuk terlalu keras atau terkena benda tajam.

Selubung dengan daya tahan paling lama untuk kabel data terbuat dari braided nylon. Seperti namanya, jaket ini terbuat dari nilon, ditenun di sepanjang kabel. Nylon merupakan material yang memiliki sifat kuat dan fleksibel. Bahan ini dapat melindungi kabel dari kerusakan akibat seringnya pembengkokan. Terutama di bagian kabel di dekat kepala sambungan.

Ada juga beberapa produk yang memadukan TPE dengan braided nylon. Dimana TPE dilapis terlebih dahulu kemudian lapisan terluar ditutup dengan braided nylon. Produk gabungan dari TPE dan nilon tenunan bahkan lebih tahan. Tentu saja, harganya akan lebih mahal daripada nilon jalinan tradisional.

Sesuaikan Panjang Kabel dengan Kebutuhan

Meskipun kelihatannya sepele, penting untuk memperhatikan panjang kabel sebelum membeli kabel data. Panjang kabel harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Jika Anda suka membuka smartphone di tempat tidur, misalnya, jelas akan lebih nyaman jika Anda mengetahuinya saat mengisi daya. Akibatnya, jika colokan tidak sengaja jauh, kabel data yang Anda beli harus lebih panjang.

Namun, kabel yang terlalu panjang dapat menyebabkan sejumlah masalah. Dari pemesanan, berat, hingga memperlambat waktu pengisian dan transfer data. Namun, efek yang terakhir hanya akan terasa jika kabelnya sangat panjang. Dengan kata lain, panjang kabel yang tepat hampir selalu merupakan pilihan terbaik.

Jangan Lupa untuk Mengecek Garansinya

Anda akan selalu membutuhkan kabel data untuk iPhone Anda. Untuk menghindari harus membeli yang baru setiap kali gagal, yang terbaik adalah membeli produk bergaransi resmi. Dengan garansi, jika kabel data rusak selama masa garansi, Anda bisa mendapatkan layanan gratis atau bahkan penggantian drive baru.

Masa garansi berbeda untuk setiap produk. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu tahun garansi pada produk yang Anda pilih. Produk yang lebih baik tetapi lebih mahal biasanya menawarkan garansi 18 bulan hingga 3 tahun.

Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik

Setelah Anda memahami cara memilih kabel data iPhone yang baik, saatnya untuk membeli. Di bagian ini kami telah mengumpulkan sepuluh produk teratas dari berbagai merek yang benar-benar layak untuk dipertimbangkan.

1. Anker PowerLine Select USB-C Cable with Lightning connector 3ft A8612

 rekomendasi charger iphone
rekomendasi charger iphone

Meskipun Anda belum mengenakan braided nylon, Anker PowerLine ini memiliki daya tahan yang baik. Diklaim bahwa kabel ini dapat menahan 12.000 tikungan. Dari segi kapasitas pengisian, produk ini mengisi daya lebih cepat berkat dukungan teknologi Power Delivery (PD). Untuk pengoperasian yang optimal, pastikan pengisi daya yang Anda gunakan juga mendukung teknologi PD.

2. Anker PowerLine+ Lightning Mfi Certified 6ft/1.8m A8122H92

Anker PowerLine + adalah kabel data dengan jaket nilon yang dikepang. Selain enam kali lebih kuat dari kabel data tradisional, salah satu keunggulan kabel ini adalah sifatnya yang kusut.

Seperti yang kita ketahui, saat disimpan di dalam tas, kabel sangat mudah kusut. Tidak akan ada lagi masalah dengan produk ini. Menariknya, panjang kabel ini juga melebihi panjang kabel lainnya.

3. Aukey CB-CL1 USB-C to Lightning Cable (3.3ft) 500368

 rekomendasi charger iphone
rekomendasi charger iphone

Jika Anda menggunakan iPhone 8 atau lebih baru yang mendukung pengisian cepat, Anda dapat mencoba kabel data Aukey ini. Ia mengklaim bahwa kabel ini dapat mengisi 50 persen iPhone hanya dalam 30 menit.

Selain itu, produk ini memiliki spesifikasi USB 2.0, yang memungkinkan transfer data melakukan secepat kilat. Sekali lagi asyiknya, harga produk ini relatif terjangkau.

4. Aukey CB-BAL6 Cable 1m Mfi Lightning Braided Nylon

Kabel data Aukey ini terbilang unik karena memiliki konektor 90 derajat. Konektor semacam itu relatif lebih fleksibel karena dapat dengan mudah disesuaikan dengan arah kabel. Akibatnya, kabel tidak banyak menekuk, yang memperpanjang umurnya.

Daya tahan kabel ini semakin meningkatkan dengan kombinasi nilon yang terkepang di bagian luar kabel dan bagian dalam tembaga.

5. Baseus Cafule Cable

Jika Anda hanya membutuhkan kabel data cadangan dan tidak ingin menghabiskan banyak uang, Anda bisa mencoba kabel data Baseus murah ini. Dari segi spesifikasi, produk ini terlihat bagus, dengan kecepatan transfer hingga 480 Mbps dan jaket kabel nilon yang terkepang.

Bahkan jika Anda tidak memiliki sertifikat MFi, jika Anda hanya menggunakannya untuk keadaan darurat, kabel data ini seharusnya cukup andal.

Kesimpulan

Apakah salah satu produk di atas cocok untuk Anda? Meskipun kelihatannya sederhana, memilih kabel data cukup rumit. Beberapa aspek perlu diperhatikan, seperti sertifikat MFi, jenis konektor, bahan selubung kabel, panjang kabel, dan garansi.

Jika masih bingung, Anda bisa langsung membeli kabel data yang terhubung ke charger iPhone. USB-C atau USB-A. Jadi pastikan kabel data bersertifikat MFi. Semoga Anda puas dengan kabel data iPhone yang Anda pilih, ya!