Cara Merawat Kura-Kura agar Tumbuh dengan Baik

Liputanberitaku.com — Selain anjing, kucing dan kelinci, kura kura merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Karena tingkahnya yang menarik dan mudah dijinakkan, kura kura sangat populer di kalangan banyak orang. Kura-kura mandi goyang atau kura-kura lucu di dekatnya, mengelus hewan yang sama dengan iseng, hanyalah beberapa contoh betapa lucunya hewan-hewan ini.

Aksi kura-kura yang sedang mandi bergoyang-goyang, atau aksi menggemaskan kura-kura yang menepuk-nepuk hewan yang sama di dekatnya, adalah beberapa contoh bahwa hewan ini benar-benar menggemaskan.

Kura-kura merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara orang, selain anjing, kucing, dan kelinci. Karena tingkahnya yang lucu dan mudah dijinakkan, penyu sangat disukai banyak orang.

Pemandian goyang kura kura, atau tingkah kura kura yang menggemaskan di dekatnya, membelai hewan yang sama, hanya beberapa contoh betapa menggemaskannya hewan ini.

Kura-kura berumur panjang dan perawatannya tidak begitu sulit, yang membuat minat untuk memelihara reptil ini semakin besar. Orang biasanya memelihara penyu telinga merah, cynemis reeves dan caspine.

Bagi yang ingin membeli dan memelihara penyu membutuhkan pengetahuan tentang cara merawat penyu. Berikut cara mudah perawatan kura kura untuk pemula, misalnya dari situs Fish Prose, pada Minggu 7 Maret 2021.

1. Siapkan Wadah

https://1.bp.blogspot.com/

Siapkan wadah kura kura yang sesuai dengan ukuran Anda. Tangki sebaiknya memiliki area yang kering dan lembab karena kura kura memiliki dua habitat yaitu perairan dan daratan. Ingatlah untuk menambahkan penghangat untuk berjemur.

2. Pengatur Suhu

https://s1.bukalapak.com/

Kura-kura merupakan hewan berdarah dingin yang membutuhkan suhu yang cukup konstan untuk berkembang. Kura-kura hidup di suhu antara 60 dan 90 derajat Fahrenheit. Beberapa penyu memiliki suhu malam hingga 50 derajat Fahrenheit, masih terlihat bagus. Tetapi suhu yang lebih rendah bisa membuat kura-kura sakit.

3. Cari tau Kapan Waktu Hibernasi

https://1.bp.blogspot.com/

Pelajari atau cari tahu apa yang kura-kura tahu tentang hibernasi. Karena penyu memiliki waktu hibernasi yang berbeda. Anda perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan kura-kura untuk menyediakan lingkungan terbaik untuknya. Pemilik penyu yang lebih berpengalaman biasanya meninggalkannya di halaman.

4. Menyediakan Makanan

cloudfront.net

Makanan kura-kura bervariasi untuk menu yang sehat, seringkali termasuk makanan segar seperti selada, serangga, cacing, ikan, dan tanaman, serta sayuran lainnya.  Jangan lupa diberi vitamin A untuk membantunya tubuh berkembang lebih baik.

5. Jaga kebersihan kandang

https://1.bp.blogspot.com/

Menjaga kebersihan terkadang menjadi bagian terpenting. Bagaimana Anda memberi mereka makanan segar dan vitamin secara teratur untuk membuat penyu lebih sehat. Jika kandang tidak dibersihkan secara teratur, hewan peliharaan Anda mungkin masih sakit. Gunakan sistem filtrasi atau peralatan perawatan harian lainnya untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan. Jika kandang mulai berbau dan air kotor sebaiknya diganti.

6. Jangan sering bermain dengan kura-kura

idntimes.com

Kura-kura adalah hewan yang membuat stres saat berurusan dengan mereka. Mereka bukan teman bermain yang baik, jadi yang terbaik adalah memperlakukan mereka sebagai sesuatu untuk dilihat daripada untuk dipindahkan. Jangan jatuhkan atau lempar kura-kura, karena mereka mudah terluka.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli