Berikut Yang Bukan Merupakan Alat Musik Melodis Adalah

Berikut Yang Bukan Merupakan Alat Musik Melodis Adalah– Musik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian manusia. Meski bukan kebutuhan mendasar, musik membantu manusia untuk mengekspresikan rasa dan eksistensinya.

Sejarah mencatat musik bukan hanya diciptakan untuk dinikmati keindahannya saja, melainkan juga dijadikan sarana mengungkapkan kekaguman kepada Tuhan dalam ritual keagamaan.

Seni musik sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah musik ansambel. Musik ansambel dimainkan oleh beberapa kelompok secara bersama-sama dengan menggunakan berbagai alat musik sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan fungsinya, alat musik ansambel ada tiga, yakni alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis.

Yang bukan merupakan alat musik melodis adalah drum (opsi D).

Pembahasan

Alat musik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya, salah satunya adalah alat musik melodis. Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan nada atau melodi dalam lagu. Alat musik ini berperan untuk membuat alunan musik dan lagu agar terdengar indah dan merdu. Alat musik melodis juga dapat menghasilkan suatu nada atau notasi.

Alat Musik Melodis

Melodi tersusun dari beberapa nada seperti nada tinggi, nada sedang, dan nada rendah. Alat musik ini dapat dimainkan sendiri atau solo atau digabungkan dengan alat musik lain. Berikut Yang Bukan Merupakan Alat Musik Melodis Adalah

Cara memainkan alat musik melodis bermacam-macam. Ada yang ditiup seperti pianika (opsi A), dipukul menggunakan alat pemukul seperti kolintang (opsi B), dan digoyang seperti angklung (opsi C).

Fungsi Alat Musik Melodis

Ada beberapa fungsi dari alat musik melodis, beberapa di antaranya adalah:

  • Pembelajaran

Alat musik melodis dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran baik di sekolah, konser, atau tempat latihan lainnya. Untuk memainkan alat musik ini memang dibutuhkan keterampilan khusus dan waktu yang tidak singkat.

  • Pengiring Lagu

Banyak lagu yang alat musik utama untuk iringannya menggunakan alat musik melodis karena alat musik ini dapat menghasilkan nada. Contoh alat musik yang sering dijadikan pengiring lagu adalah gitar, piano, dan biola.

  • Pengiring Tari

Selain menjadi pengiring lagu, alat musik melodis juga dapat menjadi pengiring tari. Ada banyak tari tradisional maupun tari modern yang menggunakan alat musik melodis sebagai iringannya. Contoh alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi tari adalah seruling, bonang, dan saron.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa yang bukan merupakan alat musik melodi adalah gendang (opsi D), karena gendang merupakan alat musik ritmis. Instrumen ritme adalah instrumen yang tidak mengeluarkan suara, tetapi digunakan untuk mengatur tempo musik. Fungsi alat musik jenis ini adalah untuk mengatur tempo, mengiringi lagu dan menandai bagian tertentu dari lagu tersebut. Selain gendang, alat musik ritmis antara lain gong, jimbe dan segitiga.