Syarat Bahan Limbah Yang Bermanfaat

Syarat Bahan Limbah Yang Bermanfaat–Salah satu cara mengelola sampah adalah dengan memanfaatkannya menjadi benda yang bermanfaat. Syarat agar bahan limbah menjadi produk yang bermanfaat adalah memiliki nilai estetika. Ketentuan selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut.

Definisi penolakan dapat ditemukan dalam Buku Siswa Biologi SMA/MA Kelas 10 yang disusun oleh Nanik Yuniastuti, Edy Krismanto (2021:331). Berdasarkan buku tersebut, limbah adalah limbah dari proses produksi industri dan rumah tangga yang keberadaannya tidak dikehendaki oleh lingkungan, karena tidak memiliki nilai ekonomis dan dapat mengganggu keseimbangan lingkungan.

Pada artikel kali ini mari kita bahas tentang Syarat Bahan Limbah Agar Menjadi Produk Yang Bermanfaat Adalah

Jawaban:

Syarat bahan limbah agar menjadi produk yang bermanfaat adalah memiliki estetika.

Penjelasan:

Bahan limbah dapat diolah kembali menjadi kerajinan sehingga memberikan manfaat ekonomis dan memiliki nilai estetika. Contoh bahan limbah yang dapat dimanfaatkan kembali yaitu kardus, kertas semen, kertas, daun kering, plastic, pecahan keramik, plat  logam, compack disk yang telah rusak.

5 syarat untuk mengubah bahan limbah menjadi produk yang berguna adalah sebagai berikut:

Keamanan.
Limbah yang dapat didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat tidak boleh berbahaya dalam penggunaannya. Misalnya, wadah penyimpanan limbah makanan harus dibuat sedemikian rupa sehingga komposisi kimianya aman untuk penyimpanan makanan.

Kegunaan (utilitas).
Sampah yang dapat diubah menjadi produk harus memiliki nilai praktis yaitu dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Misalnya, produksi kertas daur ulang untuk kemasan produk.

Kemudahan (nyaman).
Limbah yang digunakan untuk produk harus memperhitungkan kepraktisan penggunaan. Misalnya, plastik dari bahan limbah harus tetap kuat saat digunakan sebagai tas belanja.

Fleksibilitas.
Sampah yang akan didaur ulang harus sesuai dengan keselarasan antara bentuk atau bentuk produk dan nilai guna. Misalnya membuat sepatu dari sisa kain perca harus sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki.

Keindahan (estetika).
Sampah, sebagai bahan untuk membuat produk, tentunya harus menarik agar sesuai dengan pemanfaatan sampah. Nilai estetika suatu produk dapat dilihat dari bentuk, warna, dekorasi, ornamen dan bahan baku yang digunakan.

Persyaratan untuk mengubah bahan limbah menjadi produk yang bermanfaat adalah keamanan, kegunaan, kenyamanan, fleksibilitas dan keindahan. Dengan memenuhi 5 syarat ini, dimungkinkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas bahkan dari bahan limbah.