Trik Membuat Efek Bokeh Menggunakan Kamera Smartphone

Liputanberitaku.com — Bokeh ialah keindahan yang dibuat dari sisi photo yang out of konsentrasi atau blur, disebut jika bokeh datang dari photo yang dibuat oleh lensa.

Pada handphone yang kamu pegang sekarang ini, tentu mempunyai camera, dan tiap camera HP handphone salah satunya bagiannya ialah lensa. Jauhi pertimbangan jika lensa itu cuman yang sangat besar dan panjang. Lensa ada pada handphone, bila kamu memperhatikan detail handphonemu, umumnya tertera lensanya mempunyai bukaan berapakah.

Oke, saat ini bagaimanakah cara memakai handphone saya untuk ambil photo memiliki nuansa bokeh atau blur?

Bokeh bisa muncul karena faktor-faktor. Kami sudah mengatakan factor lensa awalnya, selainnya factor ukuran sensor camera. Factor ke-3 ialah jarak di antara subyek atau tujuan dan camera, dan jarak di antara subyek dan camera. Sejauh mana latar belakangnya.

Dampak blurnya memanglah tidak terlampau wah atau istimewa bila dibanding dengan blur saat kita ambil photo dengan DSLR dan lensa bukaan besar. Tapi untuk ukuran handphone itu cukup mengundang perhatian orang yang menyaksikan photo itu.

Saat kita akan ambil photo sebuah benda atau object, upayakan agar object itu terletak jauh dari latar belakang, lebih baik kembali jika latar belakangnya berbentuk lampu lampu atau gedung yang bersinar, karena dampak blurnya lebih menegangkan.

Selanjutnya dekatkan camera handphone yang kita pakai memfoto sampai jaraknya sedekat kemungkinan dengan object, sudah pasti ditata agar sesuai kemauan kita kelak hasil fotonya seperti apakah, janganlah lupa untuk mempertimbangkan formasnyai juga. Saat camera handphone telah lumayan dekat, setelah itu kita tentukan konsentrasi.

Pada handphone keluaran terkini umumnya telah diperlengkapi dengan feature touch to konsentrasi, feature ini memungkinkannya kita memusatkan atau tentukan titik konsentrasi pada photo, dengan sentuh object yang kita harapkan di monitor handphone. Sentuhlah monitor handphone kamu di bagian object yang ingin diprioritaskan, secara automatis camera handphone akan tentukan titik konsentrasinya di object itu.

Sesudah konsentrasinya terkunci, pencet atau sentuh monitor untuk ambil gambar, dan kamu akan memperoleh sebuah photo dengan dampak bokeh memakai handphone.

Pada dasarnya, dekatkan camera dengan object yang dipotret, jauhi dari latar belakang, kunci konsentrasi pada object, selanjutnya jepret… Didapatlah hasil photo dengan dampak bokeh atau blur memakai handphone kamu.

Oh iya bila tidak ingin ribet, tentu ada beberapa program pembikin dampak blur di toko program sama sesuai mekanisme operasi yang kamu gunakan, tetapi pasti lebih membahagiakan bila kamu dapat membuat dampaknya langsung.

Begitu panduan simpel membuat dampak bokeh dengan handphone, mudah-mudahan berguna 🙂