Neon Tetra Fish, Si Ikan Kecil yang Cocok Untuk Aquascape

Liputanberitaku.com — Aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya. Meski ikan tak menjadi unsur terpenting dalam aquascape, ikan dapat menjadi sebuah penghias dan menjadi elemen pembeda dalam aquascape itu sendiri.

Salah satu ikan hias yang menarik untuk dimasukkan dalam aquascape adalah Neon Tetra Fish. Neon tetra memiliki tubuh yang kecil hanya berkisar 1-2cm saja. Namun warna dan corak dari ikan ini menjadi menarik.

Tubuhnya memiliki 3 warna dominan yakni garis merah yang berada di bagian bawah tubuh ikan kemudian garis biru yang melintang dari mata hingga sirip belakang ikan tersebut dan juga warna transparan sebagai warna dasar ikan tersebut.

Warna biru yang melintang pun memantulkan cahaya sehingga seolah menjadi daya tarik saat ikan tersebut bergerak. Geraknya yang lincah dan cepat ditambah warna yang berkilau menjadikan ikan ini menjadi menarik saat bergerak di sela-sela tanaman di dalam aquascape tersebut.

Neon tetra ikan yang memiliki nama latin Paracheirodon innesi merupakan ikan air tawar dari keluarga characin (keluarga Characidae) dari order Characiformes. Ikan ini adalah asli sungai blackwater atau clearwater di tenggara Kolombia, Peru timur, dan Brasil barat, termasuk anak sungai dari Solimões.