Tips Menjaga Rumah Tetap Sejuk Tanpa Listrik

liputanberitaku.com– Memakai AC kemungkinan menjadi satu diantara langkah untuk membikin ruang di kamar Anda jadi sejuk. Walau sebenarnya pemakaian AC yang terlalu berlebih malah beresiko pada pemborosan ongkos listrik yang sudah pasti akan berisi tinggi bill tiap bulannya.

Sebetulnya, ada langkah lain untuk membikin ruang rumah Anda masih tetap sejuk dan irit bill, yaitu meminimalisasi pemakaian AC di dalam rumah sekalian lakukan beberapa langkah simpel.

Berikut panduan jaga rumah masih tetap sejuk tanpa meningkatkan bill listrik Anda:

1. Biarkan udara dingin masuk

Anda yang tinggal di wilayah pegunungan, di mana udara dingin benar-benar menguasai dibanding pancaran sinar matahari, penting untuk biarkan udara masuk melalui jendela.

Atau bila di siang hari Anda menahan pancaran sinar matahari masuk rumah, saat malam hari kerjakan hal kebalikannya. Membuka dan diamkan udara dingin masuk rumah Anda. Udara panas yang membekas karena pancaran cahaya matahari siang hari, akan terpindahkan udara oleh angin segar malam hari. Dengan buka jendela, menahan udara sesak yang umumnya membuat Anda panas dan berkeringat.

2. Pasang kipas angin

Kipas ialah langkah terbaik untuk meningkatkan saluran udara, yang penting untuk mendinginkan rumah Anda secara efektif. Kipas langit-langit benar-benar baik untuk menambah udara di dalam rumah, dan betul-betul bisa menolong performa AC. Yakinkan untuk mengendalikannya bersimpangan arah jarum jam, yang hendak memaksakan udara turun dibanding mengisapnya.

Kipas angin yang terpasang di loteng bagus untuk membuat udara dan memaksakan udara yang lebih hangat keluar dari rumah. Sementara kipas angin berdiri baik untuk menolong udara beralih dari ruang ke ruang.

3. Hindari peralatan rumah yang menghasilkan panas

Banyak perlengkapan rumah tangga yang keluarkan udara panas saat dipakai. Jauhi pemakaian mesin pembersih piring, mesin pencuci, dan pengering, sepanjang musim panas atau di siang hari.

Bila memungkinkannya, coba pakai saat malam hari, saat temperatur mulai turun. Pikir mengenai mematikan computer dan TV saat tidak dipakai, menghindarinya keluarkan panas yang tak perlu. Saat Anda mandi, diamkan kipas kamar mandi bekerja sedikit lama dari umumnya untuk menolong menyingkirkan udara hangat. Tidak boleh cemas, kipas angin standard ini memakai listrik dengan jumlah minimum.

4. Ganti cat eksterior rumah

Bila rumah Anda mempunyai exterior gelap, ada kemungkinan mempernyerap semakin banyak panas dibanding bila lebih jelas. Ini bisa membuat rumah Anda akan berasa lebih panas dan harus menghidupkan AC ruang yang pada akhirannya cuman membuat pengeluaran listrik jadi boros.

Kemungkinan sebaiknya mengecat ulangi sisi luar rumah Anda denan warna yang lebih jelas.

5. Dapatkan hasil maksimal dari penggunaan AC

Bila ikuti semua saran di atas, peluang Anda masih perlu menghidupkan AC. Tetapi tak perlu cemas, dengan beberapa trick simpel, Anda bisa mengoptimalkan efektivitasnya dan mengirit konsumsi energi. Triknya yakinkan untuk menukar filter dengan teratur sepanjang musim panas, minimal tiap sebulan sekali, dan jauhi bujukan untuk mengeset suhu terlalu rendah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel asli