Langkah langkah penggunaan mikroskop dengan baik dan benar

Liputanberitaku.com — Miksroskop merupakan alat untuk melihat obyek berukuran mikro yang sulit dilihat oleh mata telanjang. Mikroskop bisa digunakan untuk melakukan penelitian terhadap makhluk mikroskopis atau struktur jaringan dari makhluk hidup.

Disini kita akan mengulas bagian-bagian penting dari mikroskop terlebih dahulu:

Sumber Gambar : Light n’easy

Sebelum Mengetahui langkah langkah penggunaan mikroskop ada baiknya kita memahami bagian-bagian dari mikroskop :

1. Lensa Okuler

Lensa Okuler adalah lensa atas mikroskop yang berguna sebagai lensa awal untuk melihat suatu objek. Lensa Okuler juga berfungsi memperbesar bayangan dari lensa objektif.

2.Tabung Mikroskop

Berfungsi sebagai penghubung antara lensa Okuler dan lensa Objektif.

3.Revolver

Berfungsi untuk memilih lensa objektif yang akan kamu pakai.

4.Lensa Objektif

Lensa Objektif ini terletak di bagian bawah mikroskop, lensa objektif berfungsi memperbesar bayangan objek dengan beberapa pilihan pembesar lensa.

5. Meja Mikroskop

Fungsi dari meja pMikroskop ini untuk meletakkan preparat atau sebuah objek yang sedang di teliti.

6. Penjepit

Penjepit pada mikroskop berguna untuk menjepit preparat atau slide sehingga tidak mudah jatuh.

7.Diafragma 

Fungsi Diafragma untuk mengatur pencahayaan yang masuk

8.Cermin

Fungsi cermin pada mikroskop untuk mengatur pencahayaan pada sebuah objek atau slide, namun sekarang biasanya cermin sudah diganti menggunakan lampu.

9. Makrometer / Mikrometer

Makrometer ada di bagian badan mikroskop, Fungsi dari makrometer adalah untuk menaik turunkan lensa objektif mikroskop, kalau untuk mikrometer berfungsi untuk menaik turunkan meja preparat.

Langkah langkah penggunaan mikroskop

Setelah mengetahui bagian-bagian mikroskop, sekarang kita akan membahas langkah langkah penggunaan mikroskop dengan baik dan benar.

1. Posisi Tangan

Pertama pegang mikroskop dengan salah satu tangan kamu, Kemudian pegang bagian bawah menggunakan satu tangan lagi, lalu letakkan mikroskop di permukaan yang datar.

2. Atur Pembesar Lensa Objektif

langkah langkah penggunaan mikroskop selanjutnya adalah mengatur pembesaran lensa objektif dari mikroskop menggunakan revolver. Atur lensa objektif ke pembesaran terendah. Kalian harus memposisikan lensa pada sumbu pengamatan, hingga lensa segaris dengan arah masuknya cahaya dan lensa okuler.

3.Atur Posisi Tabung

Untuk mengatur posisi tabung mikroskop kalian harus menggunakan makrometer. Hal ini dilakukan supaya lensa revolver tidak terlalu dekat dengan meja preparat. Sehingga memudahkan kalian meletakkan kaca dan preparat itu sendiri.

4.Letakkan Kaca Preparat

Langkah langkah penggunaan mikroskop selanjutnya adalah meletakkan kaca preparat , jika kesusahan gunakan p[enjepit objek agar kaca tidak bergeser.

5. Nyalakan Lampu Mikroskop

Nyalakan lampu mikroskop supaya dapat cahaya yang memadai agar objek terlihat dengan jelas.

6.Atur Posisi Reflektor

Jika masih menggunakan cermin, atur cermin sedemikian rupa ke arah cahaya, sehingga cahaya bisa rata di permukaan objek.

7. Atur Bukaan Diafragma

Langkah langkah penggunaan mikroskop berikutnya adalah menfatur diafragma yangberada di bagian bawah mikroskop.

8. Letakkan Preparat / Slide

Letakkan tepat di bawah lensa objektif dan jangan posisikan lensa objektif terlalu dekat dengan meja preparat dengan mengaturnya menggunakan makrometer.

9. Atur Posisi Meja Preparat / Slide

Posisikan meja menggunakan makrometer hingga jarak sekitaran 0.5 cm dengan lensa objektif.  Hal ini nanti akan berpengaruh pada jarak fokus antara objek dengan lensa.

10. Atur Lensa Objektif

Atur Lensa Objektif kalian menggunakan mikrometer hingga objek penelitian kalian akan telihat semakin jelas.

11. Atur Pembesaran Objek

Langkah langkah penggunaan mikroskop berikutnya adalah mengatur  pembesaran lensa objektif menggunakan revolver untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan selalu memutar lenca objektif kaca preparat , hal ini akan mempengaruhi kaca preparat akan tergeser atau tersentuh, hal ini akan berpengaruh untuk memfokuskan kembali objek.

12. Ambil Preparat

Setelah selesai meneliti angkat badan mikroskop dan turunkan meja preparat sehingga preparat bisa kamu ambil. Hal yang sama kalian lakukan ketika mengganti preparat untuk penelitian selanjutnya.

13. Posisikan Keadaan Awal

Atur seperti keadaan semula ketika kalian sudah selesai menggunakan mikroskop kembali sesuai dengan keadaan semula.

14. Bersihkan Lensa

Hal yang penting untuk membersihkan lensa mikroskop setelah selesai digunakan. Gunakan karep penyemprot udara ke seleluruh bagian mikroskop. Untuk lensa objektif gunakan tissue khusus pembersih lensa.

15. Tutup Mikroskop

Supaya mikroskop tetap bersih dan aman, tutup mikroskop dan letakkan di tempat yang tertutup seperti lemari misalnya.

Nah itu tadi langkah langkah penggunaan mikroskop menurut liputanberitaku.com, semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan kalian semua. Terima Kasih.