hit counter
Breaking News

Vaksin Booster Segera Dimulai Ini Jenis Vaksin, Penerimanya Dan Harga

Pemerintah Indonesia akan meluncurkan program vaksinasi booster besok, 12 Januari 2022, dosis ketiga untuk penduduk. Hingga Selasa (1 November 2022), bagaimanapun, pedoman teknis vaksinasi booster belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah pemerintah. Meski begitu, ada titik terang pada vaksin yang digunakan untuk vaksin booster dan bagaimana vaksin booster diberikan.

Pembaruan berikut tentang vaksinasi booster diterbitkan pada hari Selasa 1 November 2022:

Jenis vaksinasi

Pemerintah telah menetapkan jenis vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster.

Pada Senin (1 Oktober 2022), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi mengumumkan dalam konferensi pers akan memberikan Izin Penggunaan Darurat (EUA) untuk pemberian vaksin yang menyerupai 5 jenis sediaan vaksin Covid. . Di Indonesia. Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda. Mendaftar untuk menerima email

“Kita sedang memasuki fase recall, Badan Pengawas Obat dan Makanan Nasional mendukung upaya pemerintah untuk menyembuhkan Covid-19, salah satunya adalah program vaksinasi, dan hari ini kami laporkan bahwa 5 vaksin telah diberikan kepada EUA ”- kata kepala PMS Penny K Lukito

Menurut Penny, kelima vaksin tersebut adalah:

  • CoronaVac (Sinovac)
  • Pfizer
  • AstraZeneca
  • Moderna
  • Zifivax

 

5 vaksin yang digunakan

CoronaVac adalah vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero) dari bahan baku yang dikembangkan oleh Sinovac biofarmasi China. Hingga saat ini, vaksin ini dikenal di Indonesia dengan nama vaksin Sinovac.

Booster CoronaVac diberikan kepada mereka yang telah menerima dosis penuh dari jenis vaksin yang sama setidaknya 6 bulan sebelumnya.

Vaksin Pfizer adalah vaksin Covid-19 berbasis mRNA (messenger RNA) yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi Jerman, BioNtech. Vaksin ini diberikan 6 bulan setelah vaksin primer (dosis penuh).

Vaksin AstraZeneca adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca bekerja sama dengan University of Oxford.

Vaksin ini menggunakan virus SARS-CoV-2 yang tidak aktif, yang menyebabkan antibodi Covid-19. Moderna adalah jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan pada platform mRNA (RNA messenger) dan diproduksi oleh Moderna TX., Inc. USA. Moderna dapat diberikan setelah setengah dosis vaksin inti AstraZeneca dan Johnson and Johnson.

Zifivax adalah vaksin subunit protein Covid-19 yang dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom bekerja sama dengan Institute of Microbiology of the Chinese Academy of Sciences. Zifivax diberikan minimal 6 bulan setelah dosis penuh vaksin primer sebelumnya. Vaksin utama adalah Sinovac dan Sinopharm.

Jadwal Vaksin

Selain itu, Penny mengatakan izin darurat ini berlaku untuk program booster serupa dan heterolog. Dia menjelaskan, dosis booster homolog adalah pemberian 1 sampai 3 dosis vaksin pada platform dan merek yang sama.

Sedangkan heterologous booster adalah pemberian vaksin dosis ketiga, yang berbeda dengan pemberian dosis 1 dan 2. Vaksin homolog adalah CoronaVac, Pfizer dan AstraZeneca. Vaksin heterolog kemudian termasuk Moderna dan Zifivax.

Harga

Harga resmi yang berlaku hingga Selasa pagi (1 November 2022) belum diumumkan oleh pemerintah.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa vaksinasi booster berbayar (berdiri sendiri) dan yang lainnya gratis. Mereka yang dapat menerima vaksinasi booster gratis:

  • kelompok lansia (lansia) yang kurang beruntung, kelompok khusus lainnya.
  • Bagi masyarakat kurang mampu,
  • pesertanya adalah BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Dengan diluncurkannya website BPJS Kesehatan, peserta Hibah Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) dianggap miskin dan tidak mampu yang iurannya ditanggung oleh pemerintah.

Estimasi harga vaksin booster dijelaskan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Menkes), yakni sekitar Rp 300.000.

Sementara itu, Alexander Ginting, kepala layanan kesehatan di Satgas Covid-19, mengatakan perkiraan tarif vaksinasi booster berbayar antara Rp 200.000 hingga Rs 600.000, tergantung pada platform vaksinasi.