hit counter

Tahukah Anda Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 Karena Sugesti?

Efek samping merupakan gejala umum yang dialami oleh mereka yang pernah menerima suntikan Covid-19. Efek samping vaksin Covid bisa termasuk sakit kepala, demam, kelelahan, dan nyeri tubuh.

Namun, sebuah studi baru-baru ini di jurnal JAMA Network Open mengungkapkan bahwa dua pertiga dari gejala yang terjadi dapat memperparah Para peneliti menyebutnya efek “Nocebo”.

Apa itu efek nocebo?

The Independent melaporkan bahwa Nocebo berbeda dari plasebo. Efek plasebo adalah efek yang terjadi ketika pasien diberi obat yang tidak memiliki manfaat obat terapeutik, seperti injeksi saline atau tablet gula, tetapi menghasilkan peningkatan kesehatan. Sementara itu, efek Nocebo merupakan cerminan dari efek Placebo.

Selama Efek samping vaksin Covid ini, pasien mengalami efek samping yang dianggap berbahaya, meskipun pengobatannya tidak menimbulkan risiko. Fenomena ini menarik perhatian banyak orang setelah sebuah studi baru menunjukkan hampir dua pertiga dari efek negatif vaksin Covid-19 (nocebo). Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Massachusetts mengevaluasi data dari 12 uji klinis vaksin virus corona. Efek samping yang dilaporkan pada peserta yang disuntik dibandingkan dengan proporsi efek samping yang mereka terima. Injeksi plasebo saja tidak mengandung serum vaksin.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, efek samping dilaporkan pada 22.578 orang yang menerima plasebo (respon terhadap nocibo) dan 22.802 orang yang benar-benar menerima dosis vaksin. Setelah injeksi pertama (palsu), 35% dari mereka yang menggunakan plasebo mengeluhkan gejala seperti demam.

Sementara itu, 19,6% melaporkan sakit kepala dan 16,7% melaporkan kelelahan. Lebih lanjut 16% melaporkan gejala yang lebih terlokalisasi, termasuk nyeri di tempat suntikan, nyeri tekan, atau bengkak. 44% dari yang divaksinasi juga mengalami setidaknya satu efek samping sistemik setelah injeksi pertama dan dua pertiga melaporkan setidaknya satu gejala lokal lainnya.

Setelah dosis kedua, analisis menemukan bahwa efek samping berkurang menjadi 32% pada kelompok plasebo, melaporkan kejadian sistemik, dan 12% melaporkan efek lokal. Sementara mereka yang benar-benar menerima vaksin melaporkan lebih banyak Efek samping vaksin Covid: 61% memiliki efek samping sistemik dan 73% memiliki efek lokal.

 

Menjelaskan tiga perempat dari efek samping vaksinasi

Studi ini menunjukkan bahwa efek nocebo menjelaskan lebih dari tiga perempat dari semua Efek samping vaksin Covid yang dilaporkan setelah injeksi pertama pada kelompok vaksin. Termasuk penjelasan untuk hampir seperempat dari semua efek lokal, setengah dari Efek samping vaksin Covid dilaporkan setelah dosis kedua.

“Gejala non-spesifik seperti sakit kepala dan kelelahan, yang telah terbukti sangat sensitif terhadap nutbora, adalah salah satu Efek samping vaksin Covid yang paling umum ,” kata profesor kedokteran Harvard Ted J Kaptchuk.

“Bukti menunjukkan bahwa jenis informasi ini dapat menyesatkan orang ke dalam perasaan umum sehari-hari yang mendasari vaksinasi, atau menyebabkan kecemasan dan kecemasan yang membuat orang sangat sadar tentang bagaimana tubuh merespons kejadian buruk.” Dia menambahkan.

“Berdasarkan temuan kami, dia menyarankan agar mendidik masyarakat tentang potensi respons terhadap nocebo dapat membantu mengurangi kekhawatiran tentang Efek samping vaksin Covid, yang dapat mengurangi keraguan vaksinasi,” kata Dr. Kaptchuk.