hit counter

Penyebab Long Covid-19 Menurut Studi

Beberapa orang percaya bahwa gejala Covid-19 dapat bertahan selama beberapa bulan setelah tes lanjutan negatif atau tidak menular. Kondisi ini setelah Covid-19 disebut long-term covid atau covid jangka panjang dalam dunia kesehatan. Harap dicatat bahwa pasien coronavirus SARS-CoV-2 biasanya merasa lebih baik atau pulih sepenuhnya dalam waktu 12 minggu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa status Long Covid dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Penyebab Long Covid

Dengan meluncurkan situs resmi Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), sejumlah faktor meningkatkan risiko covid jangka panjang, antara lain:

Jenis kelamin perempuan

Beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan di Nature Medicine, menunjukkan bahwa perempuan dua kali lebih mungkin untuk menerima COVID-19 jangka panjang dibandingkan laki-laki, terutama pada kelompok usia 40-50. Kondisi ini tidak terlepas dari faktor biologis. Wanita lebih rentan terhadap penyakit autoimun dan masalah kesehatan lain yang terkait dengan perubahan hormonal yang menyebabkan menopause.

Lansia

Penelitian juga menemukan bahwa usia yang lebih tua membuat pasien lebih rentan terhadap penyakit Covid dalam jangka panjang. 22% orang dengan Covid-19 di atas usia 70 mengalami gejala Covid-19 selama lebih dari sebulan.

Sementara itu, penelitian di Inggris menyebutkan bahwa long covid lebih banyak terjadi pada orang paruh baya, yakni mereka yang berusia di atas 35 tahun dan mereka yang berusia 69 tahun ke atas.

Masalah kesehatan lainnya

Para peneliti di King’s College London, menganalisis data dari 10 penelitian, menunjukkan bahwa orang dengan masalah kesehatan mental dan asma berisiko tinggi tertular Covid untuk waktu yang lama.

5 jenis gejala awal Covid-19

Menurut data yang dikumpulkan oleh Studi Gejala COVID-19, pasien yang mengalami lebih dari lima gejala saat pertama kali terinfeksi Covid-19 memiliki kemungkinan 3,5 kali lebih besar untuk mengembangkan gejala jangka panjang. mereka yang memiliki gejala minimal.

Viral load tinggi

Penelitian dalam jurnal Cell menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat virus corona lebih tinggi saat terinfeksi Covid-19 atau yang memiliki tingkat viral load tinggi lebih mungkin tertular virus corona dalam waktu yang lama.

Tingkat antibodi yang rendah

Penelitian oleh dokter di University Hospital of Zurich menunjukkan bahwa rendahnya tingkat beberapa antibodi, termasuk IgM, dapat menyebabkan sensasi covid yang berkepanjangan pada pasien yang terinfeksi virus Covid-19. Perlu dicatat bahwa beberapa antibodi, seperti IgM, adalah garis pertahanan pertama tubuh melawan infeksi.

Mikroba Usus Tidak Seimbang

Usus mengandung bakteri baik dan mikroba yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut, orang dengan COVID-19 yang memiliki kondisi mikroba usus yang tidak seimbang lebih rentan terhadap COVID-19 jangka panjang yang berlangsung lebih dari enam bulan.

Vaksinasi Covid-19 Belum Selesai

Penelitian penyakit menular Lancet menunjukkan bahwa vaksinasi terhadap Covid-19 penting dalam mengurangi risiko infeksi serius, fatal, dan jangka panjang saat terpapar virus corona.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang dewasa yang diberi vaksin Covid-19 dosis penuh setidaknya dua minggu sebelum infeksi virus corona memiliki risiko 41,1% lebih rendah terkena COVID-19 jangka panjang.

Gejala Long Covid

Selain mewaspadai sejumlah faktor risiko penyebab long covid, kami juga mengidentifikasi gejala long covid yang biasa dilaporkan. Dimulai dengan NHS, berikut adalah beberapa:

  • Tubuh mudah lelah, meski sedikit aktivitas
  • Sesak napas
  • Nyeri dada atau sesak
  • Tenggorokan berdengung
  • Merasa tidak sehat
  • Diare dan sakit perut umum
  • Kurang nafsu makan
  • Demam,
  • batuk,
  • sakit kepala,
  • sakit tenggorokan ,
  • tidak ada perubahan bau hidung dan rasa lidah
  • Ruam

Pasien yang khawatir dengan gejala covid lama harus ke dokter. Selain itu, beberapa faktor risiko yang dapat bertanggung jawab atas virus corona yang sudah berlangsung lama di atas harus dipantau.