Cara Membuat Link Google Drive dengan Mudah

Cara Membuat Link Google Drive–Google Drive merupakan salah satu platform terbaik untuk menyimpan data di dunia maya. Sejak diluncurkan pada tahun 2012, Google Drive telah memudahkan pengguna untuk menyimpan data, berbagi file satu sama lain, dan menyinkronkan data di berbagai perangkat. Google Drive sudah ada di modul desktop atau smartphone. Pengguna seluler kini dimanjakan oleh Google Drive. Aplikasi ini juga telah menjadi aplikasi default yang dapat diinstal secara otomatis di sistem Anda. Kemampuannya untuk menyimpan file gambar, dokumen, audio dan video secara bersamaan memberikan kemudahan bagi pengguna.

Pengguna juga dapat menikmati kapasitas gratis sebesar 15 gigabyte. Jika Anda ingin lebih, Anda dapat mengupgrade akun Google Drive Anda. Bukan sekedar menabung. Anda juga dapat mengunduh, mengedit, dan berbagi file dari Google Drive dari komputer atau ponsel cerdas mana pun yang terhubung ke internet.

Fungsi Google Drive

Google Drive memiliki sejumlah fitur penting yang memudahkan Anda berbagi dan mengakses file secara online.

1. Berbagi File

Anda dapat berbagi file melalui Google Drive tanpa pengaturan yang rumit. Berbagi file dapat dilakukan dengan mengundang banyak pengguna lain melalui tautan ke Google Drive.

2. Mengedit File

Anda dapat mengedit data secara langsung tanpa harus mengunduhnya lagi. Google Drive mendukung fitur pengeditan data untuk berbagai format teks yang terkait dengan Google Spreadsheat. Google Spreadsheat bekerja seperti formulir online tanpa harus menginstal ulang perangkat lunak.

3. Menyimpan File

Untuk cadangan sebagai fitur utama aplikasi Google Drive. Dengan fungsi ini Anda dapat mengarsipkan data dan menyimpannya langsung sebagai dokumen gambar atau media online dengan mudah dan pada media offline seperti hard disk atau ram (memori).

4. Backup Data

Anda juga dapat menggunakan Google Drive untuk mencadangkan data dan perangkat lunak lain yang sudah tersimpan di komputer Anda. Penulis juga sering secara pribadi menggunakan Google Drive sebagai perangkat penyimpanan untuk beberapa file di situs. Anda dapat menggunakannya jika ada masalah dengan situs web dan Anda dapat membatalkan file.

Google Drive sangat populer karena sangat mudah untuk diarsipkan. Anda tidak perlu lagi khawatir membawa media fisik, seperti flash drive atau hard drive eksternal. Menyimpan data Anda di Google Drive juga dapat mengurangi kemungkinan kehilangan data atau terinfeksi virus. Dengan begitu, data penting yang Anda miliki bisa aman. Anda juga dapat mengambil foto atau memindai dokumen dan mengarsipkan email.

Berbagi Link Google Drive Secara Privat

Jika Anda memiliki file yang ingin Anda bagikan secara pribadi, Anda dapat menggunakan metode ini untuk membuat tautan. Jangan izinkan berbagi file pribadi secara publik. Berikut cara membuat dan membagikan tautan Google Drive ini secara pribadi:

  • Pertama, masuk ke akun Google Drive Anda yang sudah ada.
  • Klik bagian file atau folder, lalu klik file untuk melanjutkan pembagian.
  • Di bagian ini, Anda dapat membagikan tautan ke file dengan alamat Gmail teman yang ingin Anda kirimi file secara pribadi.
  • Anda juga dapat mengatur pengirim sebagai editor atau hanya melihat file pribadi.
  • Anda akan menerima notifikasi di pojok kiri bawah tepat setelah file terkirim.
  • Selain itu, pastikan Anda telah mengonfirmasi kepada siapa Anda ingin mengirim file. Setelah wali membuka file yang Anda kirim, mereka akan melihat lebih banyak folder atau file yang hanya bisa mereka lihat.
  • Cara mudah untuk menunjukkan perbedaannya adalah dengan memiliki ikon pengguna di bagian atas dengan informasi di dalamnya.

Cara Membuat Link Google Drive untuk Dibagikan ke Publik

Membuat tautan yang dibagikan secara publik hampir sama dengan membuat tautan yang dibagikan secara pribadi. Namun, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Berikut cara menautkan ke Google Drive untuk berbagi secara publik:

  • Buka aplikasi Google Drive setelah mengetik tiga titik di file yang ingin Anda bagikan secara publik.
  • Lanjutkan pemilihan di bagian tautan dan ubah blok yang dinonaktifkan menjadi yang aktif.
  • Sebuah layar kemudian akan muncul yang menunjukkan bahwa Anda telah membagikan tautan yang tersedia. Anda juga dapat mengatur ulang tautan dengan siapa saja yang memiliki akses ke tautan ke file tersebut.
  • Setelah memilih lebih dari satu orang untuk mengakses file, Anda dapat memilih antara dua hak akses dan membuka file.
  • Ini memungkinkan Anda untuk langsung menyalin tautan ke file sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai tautan berbagi ke seseorang yang Anda rujuk.
  • Dengan cara ini, Anda dapat langsung menyalin tautan dan membagikannya secara publik.

Berikut cara membuat tautan pribadi dan publik. Anda dapat menggunakan salah satu metode di atas sesuai keinginan. Tetapi ada beberapa kelemahan pada tautan URL yang panjang. Karena tautan yang panjang sulit untuk diingat. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa tips untuk mempersingkat link Google Drive yang panjang.

Cara Memperpendek Link pada Google Drive

  • Anda dapat membuka bit.ly dan menyalin URL bagian yang ingin Anda persingkat di Google Drive.
  • Lanjutkan dengan memasukkan tautan di kotak teks di bit.ly.
  • Klik kolom pembuatan dan masukkan nama pendek untuk link yang ada.
  • Klik “Simpan” untuk menyimpan tautan. Ini akan membuat tautan Google Drive Anda lebih pendek dan lebih terlihat.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Cara Membuat Link Google Drive , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!