Cara Bikin Thumbnail Youtube yang Mudah untuk Pemula

Cara Bikin Thumbnail Youtube yang Mudah untuk Pemula–Ketika Anda menonton YouTube, apa hal pertama yang Anda lihat di video? Jika Anda merespons tampilan gambar atau teks awal dalam video, itu berarti Anda sedang menonton thumbnail youtube. Nah, banyak yang belum paham apa itu thumbnail YouTube? Terlepas dari apa yang Anda lihat di video, tidak ada thumbnail YouTube yang tertulis di dalamnya. Singkatnya, thumbnail YouTube adalah kilasan video berupa gambar atau foto dan muncul sebagai video sampul. Thumbnail YouTube memainkan peran penting bagi pengguna YouTube atau pembuat konten, karena dapat mengundang banyak penonton untuk menonton video. Dari sini mulai kasir dalam rupee. Kali ini, kita akan melihat lebih dekat thumbnail YouTube dan cara membuat thumbnail Youtube yang menarik dan dapat menglik.

Sekilas Tentang Apa Itu Thumbnail Youtube

Thumbnail Youtube adalah gambar kecil yang melampirkan di awal video. Alasan mengapa gambar tersebut tersebut thumbnail adalah karena ukurannya yang kecil, hampir sebesar kuku jari manusia. Namun, thumbnail memainkan peran penting dalam video Youtube Anda. Manfaat thumbnail sangat penting untuk konten video yang mengunggah ke Youtube. Thumbnail ini juga bisa disebut video sampul.

Thumbnail YouTube adalah yang pertama dilihat pemirsa saat menjelajahi saluran YouTube. Thumbnail melihat keseluruhan konten video dan menjadi faktor penting dalam menentukan apakah penonton menontonnya atau tidak. Jadi miniatur juga harus membuat semenarik mungkin saat produksi.

Misalnya, jika Anda masuk ke toko buku, apa hal pertama yang membuat Anda bangun dan mengambil buku dari rak? Sampul bukunya, ya? Nah ini dia thumbnail Youtube sebagai cover bukunya. Thumbnail pemberitahuan terlebih dahulu kepada audiens Anda sebelum memutuskan apakah akan tetap menonton atau tidak. Menurut laporan Youtube, 90% video dengan performa terbaik memiliki gambar mini yang unik dan menarik. Jadi, jika pembuat atau produser video tidak menggunakan gambar mini YouTube, mereka kehilangan peluang besar untuk menarik perhatian pemirsa.

Perhatikan bahwa Anda dapat memilih di antara dua jenis gambar mini. Pertama, thumbnail default atau otomatis. Thumbnail default muncul ketika video selesai diunggah dan Anda mendapatkan tiga opsi thumbnail yang diturunkan secara otomatis dari bagian video yang diunggah. Kedua, gambar mini khusus adalah gambar yang Anda buat dan unggah, bukan pengaturan gambar mini khusus.

Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran thumbnail Youtube kecil. Jadi yang tertarik untuk membuat custom thumbnail juga harus memperhatikan ukurannya agar memenuhi standar Youtube yang Anda tentukan. Lihat tips di Pusat Bantuan Youtube Studio untuk penjelasan mendetail tentang ukuran thumbnail YouTube.

  • Resolusi gambar 1280 × 720, lebar minimum 640 piksel
  • Satu-satunya format gambar yang dapat diunggah adalah JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran maksimum file gambar adalah 2 MB
  • Rasio aspek gambar adalah 16: 9
  • Dilarang mengandung SARA

Fungsi dan Manfaat Thumbnail Youtube

Adapun fitur dan manfaat thumbnail Youtube tentunya untuk menarik minat penonton untuk menonton video yang mengunggah. Karena gambar mini YouTube pada dasarnya membuat penasaran pemirsa, apa sebenarnya isi video ini? Apalagi jika Anda memilih thumbnail YouTube dengan wajah atau raut wajah yang ekspresif. Tentu saja, ekspresi wajah ini bisa membuat orang penasaran mengapa ekspresi itu mengucapkan, lalu apa yang terjadi? Ini mendorong pemirsa untuk memutar video yang mengunggah.

Anda juga dapat menambahkan beberapa teks ke thumbnail Youtube. Tidak hanya gambar yang menampilkan, teks juga berperan dalam mendeskripsikan konten video kepada penonton. Anda bisa memilih dan menggunakan kata-kata yang mudah mengingat atau bahkan mencantumkan judul video itu sendiri. Pada dasarnya, pemirsa lebih cenderung membaca teks di thumbnail daripada teks di kolom deskripsi, yang biasanya ada di bawah video Youtube yang diunggah.

Jadi, selain menarik penonton, thumbnail Youtube juga bisa membantu penonton memahami video yang mengunggah secara sekilas. Mereka yang malas membaca atau menonton video terlalu lama lebih memilih untuk melihat thumbnail YouTube terlebih dahulu.

Cara Bikin Thumbnail Youtube

Apakah Anda siap untuk menarik lebih banyak penonton? Sebelum itu, mari kita lihat bagaimana cara membuat thumbnail YouTube yang tidak membosankan dan yang menglik penonton saat pertama kali melihatnya? Nah, bagaimana!

1. Usahakan Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Publik akan lebih tertarik melihat potret di layar ponsel atau laptop mereka. Selain itu, wajah yang penuh dengan ekspresi wajah pasti akan sangat membuat penasaran para penontonnya. Selain penasaran, ekspresi wajah ini membuat penonton video yang mengunggah “jatuh cinta pada pandangan pertama”. Cara membuat thumbnail YouTube ini biasa digunakan oleh sebagian pengguna Youtube yang ingin mendapatkan banyak klik pada videonya.

Perhatikan bahwa bagi mereka yang ingin memberikan gambar wajah ekspresif untuk thumbnail Youtube, latar belakang tidak harus wajah latar depan. Anda dapat menggunakan gambar yang relevan dan menarik berdasarkan video yang Anda buat. Misalnya jenis web video series.

2. Tambahkan Tulisan dan Background yang Menarik

Cara membuat thumbnail YouTube yang tidak boleh Anda lewatkan saat membuat thumbnail YouTube adalah menambahkan teks dan latar belakang yang menarik. Anda dapat memilih font tebal dan warna kontras dari foto Anda untuk menggunakan nanti. Misalnya, foto di thumbnail kebanyakan berwarna putih. Anda dapat memilih kuning untuk teks. Juga, teksnya tidak boleh terlalu panjang, karena semakin pendek semakin baik. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan foto tanpa latar belakang, Anda dapat menambahkannya sendiri dengan warna atau pola yang menarik.

3. Pastikan Teks Mudah Dibaca

Langkah ini menganggap penting karena ketika teks Anda sulit membaca, audiens Anda akan malas untuk melihatnya. Anda dapat memilih font dari teks yang tidak terlalu rumit atau yang tidak membuat teks terlalu panjang, dengan pilihan kata yang rumit. Cara lain yang lebih baik untuk membuat thumbnail YouTube adalah dengan menggunakan font dan warna yang sama yang membuat kesan menarik.

4. Tambahkan Efek Stiker Agar Lebih Menarik

Cara membuat thumbnail YouTube selanjutnya adalah dengan menambahkan efek stiker. Tugas Anda adalah untuk lebih menyorot thumbnail yang Anda buat sehingga efeknya terlihat seperti stiker. Ini juga menciptakan desain yang kuat untuk gambar mini YouTube di video yang Anda unggah. Bagaimana? Anda dapat menghapus latar belakang asli dari foto atau gambar yang ingin Anda gunakan untuk thumbnail YouTube. Anda dapat menggunakan alat Penghapusan Latar Belakang Otomatis di Picmaker. Kemudian tambahkan batas atau garis putih. Ternyata banyak pembuat konten juga menggunakan efek ini untuk menampilkan thumbnail video di jendela pop-up.

5. Terapkan Teknik Kontras Ketika Membuat Thumbnail Youtube

Seperti menyebutkan di atas, penting untuk menyertakan beberapa teks sebagai judul video. Tapi bagaimana jika publik tidak bisa membacanya? Jadi apakah masih berguna? Kontras teknis dari desain miniatur memainkan peran penting di sini.

Ada banyak jenis kontras, aspek utamanya adalah kontras warna. Misalnya, hitam dan putih memiliki kontras tinggi, sedangkan merah dan oranye memiliki kontras rendah. Ini adalah teknik dasar yang bekerja secara efektif dan menggunakan oleh banyak Youtuber atau pembuat konten saat membuat thumbnail yang dapat mengeklik.

Aplikasi untuk Bikin Thumbnail Youtube

Jika video Anda sudah siap untuk streaming di Youtube dan Anda sudah tahu cara membuat thumbnail, sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi berikut untuk membuat thumbnail Youtube lebih indah. Berikut adalah tujuh aplikasi untuk membuat versi thumbnail YouTube.

1. Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Canva

Apakah Anda yakin belum pernah mendengar tentang Canva? Ya, Canva sering merekomendasikan untuk memfasilitasi desain grafis. Anda juga dapat menggunakan Yva untuk membuat thumbnail Youtube. Canva menawarkan sejumlah template sederhana dan menarik. Anda dapat memilih kategori thumbnail Youtube untuk membuatnya di Canvas. Tidak hanya skema warna yang enak memandang, sehingga tidak kehabisan referensi.

Di Canva, Anda dapat memodifikasi bagian model sesuai keinginan. Namun jika Anda kehabisan ide, Anda tidak perlu khawatir karena Canva menawarkan sejumlah tautan template.

2. Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Background Eraser

Aplikasi ini sangat berguna, terutama untuk menghilangkan background dari gambar. Anda dapat dengan mudah menghapusnya dan mengarahkan mouse ke atasnya. Selain itu, aplikasi ini memberikan jarak antara jari Anda dengan kursor penghapus sehingga bagian yang ingin Anda hapus tidak terhalang oleh jari Anda. Atau, jika Anda membutuhkan fragmen kecil, Anda dapat menggunakan penghapus latar belakang. Misalnya, Anda bisa lebih pintar dengan memotong latar belakang foto Anda dan menempelkannya ke thumbnail YouTube.

3. Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan PicsArt

Aplikasi yang merekomendasikan berikutnya untuk membuat thumbnail YouTube adalah PicsArt. Aplikasi ini jelas banyak menggunakan. PicsArt membuatnya sangat mudah untuk membuat gambar mini YouTube. Di PicsArt, Anda dapat menyesuaikan rasio aspek atau standar Youtube, yaitu 16:9. Anda dapat menambahkan sejumlah foto, mengatur latar belakang thumbnail, dan menambahkan teks atau deskripsi kecil yang menarik ke video yang ingin Anda unggah. Oh iya, ada juga fitur seperti stiker yang bisa kamu gunakan untuk membuat thumbnail.

4.Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Photoshop

Bagi yang sering menggunakan laptop atau komputer untuk proses editing bisa menggunakan photoshop untuk membuat thumbnail youtube. Karena Anda tidak perlu mentransfer file pratinjau YouTube yang sudah jadi dari ponsel cerdas atau ponsel Anda ke komputer. Triknya pertama pastikan anda sudah menginstall Photoshop versi apapun, lalu klik file tersebut dan pilih yang baru, lalu masukkan ukuran 1280×720 piksel dengan resolusi 300. Terakhir, klik OK. Sekarang Anda dapat dengan mudah menambahkan foto atau gambar yang ingin Anda buat sebagai thumbnail YouTube.

5.Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Cover Photo Maker

Cover Photo Maker juga mengenal sebagai aplikasi yang mampu membuat thumbnail YouTube. Saat Anda membuka aplikasi ini, layar gadget atau smartphone Anda akan berubah secara horizontal atau horizontal. Aplikasi ini cukup sederhana karena pilihan menunya jelas. Ada menu untuk membuat gambar sampul, desain saya, sampul dan banyak lagi. Untuk penggunaan pribadi, desain dan sampul saya hampir sama, untuk menyimpan motif atau sampul yang Anda buat.

Untuk membuat thumbnail YouTube, cukup klik menu pembuat gambar sampul dan pilih latar belakang. Anda juga dapat memilih wallpaper atau latar belakang dari gambar yang ada. Kemudian pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda. Pembuat Foto Sampul menawarkan ukuran desain yang dapat menggunakan untuk Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, LinkedIn, Twitch, dan lainnya. Setelah memilih ukuran, Anda dapat menyesuaikan tampilan thumbnail dengan teks, stiker, efek, atau gambar tambahan lainnya.

6. Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Thumbnail Maker For Youtube Videos

Aplikasi selanjutnya adalah Thumbnail Maker untuk Video Youtube. Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan aplikasi ini karena Anda dapat mengunduhnya ke ponsel android Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih antara fitur berbayar. Saat Anda membuka aplikasi, menu seperti Pembuat Gambar Mini, Pembuat Saluran, Pembuat Sampul, dan Proyek Saya akan menampilkan. Jika Anda ingin membuat thumbnail YouTube, Anda harus memilihnya dan mengklik pembuat thumbnail. Selanjutnya akan ada dua pilihan: yang pertama akan menggunakan satu background dan yang kedua akan menggunakan dua background berbentuk kolase. Setelah memilih latar belakang, muncul fungsi tambahan yang kurang lebih sama dengan fungsi Pembuat Foto Sampul. Fitur tambahan adalah kuas yang terdiri dari berbagai warna untuk memperindah thumbnail YouTube Anda.

7. Cara Bikin Thumbnail Youtube Menggunakan Ultimate Thumbnail Maker For Youtube

Terakhir, aplikasi yang merekomendasikan untuk membuat thumbnail YouTube adalah Ultimate Thumbnail Maker For Youtube. Aplikasi ini sering menggunakan untuk membuat banner. Saat Anda membuka aplikasi ini, Anda akan melihat bahwa desainnya cukup mudah menavigasi dan ada beberapa menu, seperti membuat thumbnail, thumbnail yang sudah jadi, menyimpan gambar, mengedit thumbnail, dan panduan untuk menambahkan miniatur. .

Ultimate Thumbnail Maker memiliki panduan menu untuk menambahkan thumbnail yang mengingatkan kita pada persyaratan dasar untuk membuat thumbnail. Misalnya, resolusi gambar mini harus 1280 × 720, JPG atau PNG, kurang dari 2 MB dan 16:9. Jika Anda memilih untuk membuat thumbnail, Anda harus terlebih dahulu memilih ukuran yang Anda inginkan dan kemudian menambahkan hal-hal lain untuk membuat thumbnail YouTube Anda lebih indah.