Cara Download Subtitle YouTube Secara Mudah

Cara Download Subtitle YouTube — Subtitle adalah file teks yang muncul dengan dialog atau subtitle dalam video atau film. Subtitle umumnya berupa terjemahan sehingga penonton yang tidak mengerti bahasa video mengerti maksud dari video tersebut.

Juga, subtitle sangat berguna bagi teman tunarungu (maaf) untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam video, meskipun dalam bahasa yang mereka pahami. Menggunakan subtitle bahasa Inggris dalam film bahasa Inggris juga bisa menjadi sarana belajar mendengarkan bahasa Inggris.

Salah satu situs berbagi video terbesar, YouTube memiliki banyak konten dari pembuat konten di seluruh dunia dalam berbagai bahasa. Kehadiran subtitle dalam video YouTube sudah menjadi kewajiban jika pembuat konten ingin membuat konten tersedia untuk lebih banyak orang. Setidaknya mereka menambahkan subtitle bahasa Inggris ke setiap video.

Sejarah YouTube

YouTube adalah situs berbagi video di mana siapa pun dapat menonton konten video tanpa akun. Sementara itu, pengguna harus mendaftar akun terlebih dahulu untuk mengunggah video ke platform ini.

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh mantan karyawan PayPal Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Perusahaan yang berbasis di San Bruno, California ini telah menjadi anak perusahaan Google sejak November 2006.

Pada Mei 2005, YouTube menawarkan uji beta yang memungkinkan situs tersebut terus berkembang. Hanya dalam 2 bulan sejak pengujian beta, lebih dari 65.000 video telah diunggah per hari dan YouTube dikunjungi oleh 100 juta video per hari. Saat ini, 30 juta pengguna aktif mengunjungi YouTube setiap hari dan sekitar 5 miliar tampilan video per hari.

YouTube telah menawarkan layanan berlangganan yang disebut YouTube Premium sejak 17 Mei 2018. Layanan ini menawarkan kesempatan untuk menonton konten YouTube tanpa iklan, akses ke YouTube Music Premium, konten YouTube asli, pemutaran video offline, dan kemampuan untuk memutar video di smartphone Anda. . di latar belakang, sehingga pengguna dapat terus memutar video bahkan setelah menutup layar aplikasi YouTube.

YouTube Premium menawarkan konten asli, juga dikenal sebagai YouTube Originals, yang diproduksi oleh YouTube bekerja sama dengan pembuat konten atau orang terkenal. Dari film drama hingga miniseri hingga dokumenter, semuanya dibuat oleh YouTube Originals.

Sebagai contoh, salah satu film dokumenter konser Ariana Grande berjudul Ariana Grande: Diaries of a Dangerous Woman yang tayang pada 29 November 2018 memiliki 4 episode dengan durasi kurang lebih 27-37 menit per episode.

Selain karakter yang sudah memiliki penggemar, seperti musisi atau aktor, YouTube juga menarik karakter YouTube yang hebat untuk membuat konten untuk YouTube Originals. Salah satunya adalah Scare PewDiePie, serial variety PewDiePie dengan total 10 episode, masing-masing berdurasi antara 14 dan 23 menit.

YouTube Originals tidak hanya mencakup konten bahasa Inggris, tetapi juga konten non-Inggris seperti Run, BIGBANG Scout! yang merupakan variety show oleh salah satu boy grup Korea Selatan paling terkenal, Big Bang.

Acara ini terdiri dari 7 episode dan masing-masing memiliki subtitle dalam berbagai bahasa termasuk Arab, Cina, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Yunani, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki, dan Vietnam.

Jika pencipta mengizinkannya, orang lain dapat berpartisipasi dalam menyisipkan subtitel dalam bahasa pilihan mereka. Selanjutnya kreator akan mengonfirmasi apakah subtitle yang diterima akan disertakan oleh kreator dalam videonya dan akan ditampilkan dengan pengaturan bahasa subtitle yang tersedia.

Biaya berlangganan bulanan untuk YouTube Premium adalah Rp 59.000. Selain itu, ada juga paket Family seharga Rp 89.000 per bulan yang bisa digunakan oleh 5 orang sekaligus. Ada juga paket pelajar untuk pelajar dengan biaya Rp. 34.990 per bulan. Semua layanan akan gratis selama 1 bulan untuk pengguna baru YouTube Premium.

Cara Download Subtitle YouTube
Cara Download Subtitle YouTube

Cara Download Subtitle Youtube

Jika Anda ingin mengunduh video YouTube dengan subtitle, kali ini Dear Signal dapat membantu Anda. Di sini, Carisignal membagikan 4 cara mengunduh subtitle dari YouTube tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara-cara berikut dapat Anda lakukan melalui mesin pencari komputer atau smartphone Anda.

1. Download Lewat download4.cc

  • Langkah pertama adalah menyalin tautan video YouTube dengan subtitle yang ingin Anda unduh.
  • Kemudian, buka download4.cc dan tempel tautan yang disalin ke dalam kotak pencarian di sebelah tombol Unduh.
  • Kemudian klik Download dan gulir ke bawah untuk melihat tampilan halaman berikut.
  • Kemudian klik bagian Download Subtitles di pojok kanan bawah gambar video.
  • Setelah itu, daftar subtitle yang tersedia akan muncul seperti di bawah ini.
  • Untuk mengunduh bahasa subtitle yang Anda inginkan, Anda hanya perlu mengklik tombol SRT dan unduhan subtitle akan secara otomatis masuk ke folder “Unduh” komputer Anda. Bagaimana? Sangat simple dan praktis bukan?

Selain mengunduh subtitle, download4.cc juga memungkinkan Anda mengunduh video dan audio dari berbagai platform termasuk Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya.

Download audio video dari download4.cc juga mendukung berbagai format mulai dari MP3, MP4 dan webm. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur resolusinya sesuai kebutuhan. Wah paketnya lengkap ya.

2. Download Lewat downsub.com

  • Pertama, salin tautan video YouTube dengan subtitle yang ingin Anda unduh. Buka youtube.com dan salin tautan ke bilah pencarian. Anda juga dapat mengunduh tautan YouTube dari tautan Bagikan video.
  • Langkah selanjutnya buka downsub.com. Kemudian tempel tautan yang disalin ke bilah pencarian di halaman Downsub.
  • Klik tombol Unduh untuk melihat daftar subtitle yang dapat Anda unduh dari video YouTube.
  • Di halaman ini, Anda dapat melihat semua bahasa subtitle yang tersedia untuk video yang Anda tautkan. Untuk mulai mengunduh file subtitle, klik tombol SRT untuk pengaturan bahasa subtitle yang ingin Anda simpan.

3. Download Lewat savesubs.com

  • Pertama, salin tautan YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya. Anda dapat menyalin tautan dari bilah pencarian dengan membuka
  • YouTube dari browser atau dari tautan Bagikan video YouTube.
  • Buka savesubs.com dan tempel tautan yang Anda salin sebelumnya. Kemudian klik tombol Extract & Download untuk memuat link download subtitle video.
  • Bahasa subtitle yang tersedia untuk video yang Anda tempelkan tautannya akan muncul di halaman berikutnya. Klik tombol SRT dalam bahasa yang diinginkan untuk mengunduh.

4. Download lewat DVDVideoSoft

  • Salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya. Anda bisa mendapatkan tautan ke video YouTube dari tautan Bagikan video atau salin tautan ke bilah pencarian saat Anda membuka YouTube melalui mesin pencari.
  • Kunjungi situs web DVDVideoSoft. Kemudian paste link tersebut ke kolom Insert YouTube Link Here dan klik Download.
  • Pilih bahasa yang ingin Anda unduh di bagian Bahasa. Untuk memilih bahasa, klik menu tarik-turun Bahasa.
  • Kemudian pilih Original Timestamps (untuk setiap istilah) untuk memformat file yang diunduh dalam format subtitle.
  • Pada langkah terakhir, klik tombol Unduh .srt untuk mengunduh file subtitle YouTube berdasarkan bahasa yang dipilih sebelumnya.

Ini adalah 4 cara untuk mengunduh subtitle dari YouTube. Anda dapat menambahkan subtitle YouTube ke video yang diunduh melalui pemutar media yang ada. Cukup seret dan lepas file subtitle ke pemutar media yang memutar video yang ingin Anda subtitle.

Cara lain adalah dengan memberi nama file video dan subtitle dengan nama yang sama, maka subtitle akan ditulis secara otomatis saat video diputar.