Pengertian Saham Blue Chip dan Kriterianya

Pengertian Saham Blue Chip dan Kriterianya — Ekuitas merupakan salah satu sarana investasi paling populer di Indonesia, salah satunya adalah saham blue chip. Melalui pasar saham atau pasar modal, masyarakat dapat memperoleh keuntungan, sehingga memperkuat posisi keuangannya.

Bagi mereka yang tertarik atau tidak terbiasa dengan kendaraan investasi ini, sejumlah istilah baru dapat ditemukan. Dua di antaranya adalah saham LQ45 dan saham blue chip.

Saham blue chip merupakan saham berlapis perusahaan besar dengan return yang stabil. Istilah Blue Chip awalnya berasal dari permainan poker. Dalam permainan poker, blue chips memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan merah dan putih.

Istilah Blue Chip telah digunakan sejak diperkenalkannya Oliver Gingold dan dikenal luas di dunia saham. Saat itu, Gingold melihat tren saham $200-250 untuk menarik investor.

Jadi dia kembali ke kantor dan menyuruh teman-temannya untuk menuliskan saham blue chip. Mulai sekarang istilah blue chip mulai dikenal dan digunakan oleh mereka yang terjun ke dunia ekuitas. Sejak itu, istilah Blue Chip telah digunakan untuk merujuk pada pasar saham utama dunia.

Pengertian Saham Blue Chip dan Kriterianya
Pengertian Saham Blue Chip dan Kriterianya

Menurut New York Stock Exchange, blue chips dapat didefinisikan sebagai saham perusahaan yang memiliki reputasi nasional untuk kualitas, kemampuan dan keandalan untuk beroperasi secara menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi, baik dan buruk.

Dengan kata lain, saham biru juga secara umum didefinisikan sebagai saham kelas atas yang beroperasi di industri, biasanya di perusahaan besar. Selain kapitalisasi pasar yang besar dan perdagangan yang kuat, saham-saham unggulan memiliki kriteria lain, yaitu saham-saham unggulan pasar di industrinya.

Oleh karena itu, perusahaan yang masuk dalam kategori saham blue chip harus memiliki etos kerja yang baik, fondasi yang baik, dan dijalankan oleh para profesional dan banyak orang yang mengerjakannya.

Ciri Perusahaan Kategori Saham Blue Chip

Sebagai saham blue chip, sebuah perusahaan dalam kelompok saham blue chip harus memiliki kriteria atau kategori yang berbeda untuk dapat memenuhi syarat sebagai saham blue chip.

Salah satunya adalah huruf kapital besar. Nilai kapitalisasi suatu perusahaan bisa mencapai triliunan rupiah. Kapitalisasi pasar yang besar ini dapat menyulitkan investor untuk memanipulasi harga.

Likuiditas saham Blue Chip juga bagus. Biasanya, likuiditas ini dipengaruhi oleh jumlah saham yang dimiliki publik atau diperdagangkan di bursa. Semakin besar kepemilikan saham publik, semakin likuid saham tersebut. Saham kategori Blue Chip umumnya tercatat di bursa efek Indonesia untuk jangka waktu yang lama, dengan jangka waktu minimal lima tahun.

Saham Blue Chip: Nilai Kapitalisasi Besar

Ciri yang pertama dari saham blue chip adalah kapitalisasinya yang besar, sedangkan istilah kapitalisasinya adalah harga suatu perusahaan jika kita ingin membeli secara keseluruhan. Kapitalisasi saham blue chip melebihi Rp 40 triliun.

Dari segi rating sendiri, umumnya dikatakan tinggi jika kapitalisasinya sudah mencapai Rp 10 triliun atau lebih. Sedangkan untuk kapitalisasi antara Rp 500 hingga 10 triliun, saham tersebut akan diklasifikasikan sebagai saham sekunder. Kemudian akan masuk dalam saham level tiga dengan harga di bawah Rp 500 miliar.

Saham Blue Chip: Pemimpin di Sektor Industrinya

Fitur lain dari saham blue chip adalah bahwa perusahaan dengan saham blue chip adalah pemimpin di sektor industri mereka. Produknya bisa dikenal secara nasional dan internasional, jadi pasti sudah ada puluhan tahun.

Saham Blue Chip: Dividen yang Konsisten

Ciri-ciri saham blue chip selanjutnya adalah perusahaan yang memiliki dividen tetap. Dividen adalah keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan yang kemudian diterima oleh pemegang saham selama periode 10 tahun yang konsisten.

Perusahaan menghasilkan keuntungan setiap tahun sebagai pengakuan atas dukungan yang diberikan kepada para pemegang saham ini. Inilah sebabnya mengapa layak mencatatkan saham perusahaan sebagai saham blue chip.

Saham Blue Chip: Kinerja Perusahaan Sudah Solid

Fitur lain dari saham blue chip adalah mereka memantau kinerja perusahaan dengan cermat. Misalnya, seperti laba tetap, produk berkualitas, dan cinta publik, kinerja perusahaan tumbuh dari tahun ke tahun.

Artinya, perusahaan dengan saham blue chip termasuk dalam kategori perusahaan yang tidak mudah marah dan gagal, meskipun ekonomi sedang krisis.

Saham Blue Chip: Ramai Diperdagangkan

Banyak investor, individu dan institusi memiliki dan memperdagangkan saham blue chip ini. Saham-saham kategori blue chip juga selalu tercatat di bursa saham teraktif dan masuk dalam indeks LQ45.

Sementara itu, LQ45 merupakan indeks yang memuat saham-saham likuid atau saham-saham yang banyak diperdagangkan dan saham-saham unggulan menengah termasuk dalam indeks tersebut.

Contoh Saham Blue Chip di Luar Negeri

Selama bertahun-tahun, investor juga akan mulai merencanakan tujuan investasi baru mereka. Bagi sebagian investor konservatif, tentunya saham blue-chip (saham terbaik dan paling konsisten) menjadi pilihan utama.

Pada 2020, beberapa perusahaan asing memegang saham blue chip teratas, termasuk Facebook, dengan nilai pasar $553,6 miliar. Meskipun menerima beberapa kritik tahun lalu, perusahaan yang terdaftar di FB ini masih menjadi salah satu investasi teraman.

Ada juga McDonald’s Corp, yang terpilih sebagai salah satu saham blue chip terbaik tahun lalu. Selain ritual pembayaran dividen selama lebih dari 42 tahun, tidak mengherankan jika McDonald’s Corp terdaftar sebagai saham Blue Chip teraman setiap tahun. Tidak hanya yang paling aman, perusahaan bernama MCD Shares ini menawarkan dividen tahunan sebesar 2,6%.

Setelah Anda memahami arti saham blue chip, Anda jelas akan mengetahui lebih banyak tentang risiko yang terlibat dalam berinvestasi di saham. Untuk meminimalkan risiko investasi Anda, Anda mungkin ingin mulai belajar tentang berinvestasi di obligasi pemerintah yang diterbitkan pemerintah. Obligasi memang tidak sepopuler saham merupakan salah satu produk investasi yang ada saat ini, namun obligasi bisa menjadi entry point untuk memulai investasi yang bisa menambah penghasilan Anda saat Anda masih produktif.

Seperti diketahui, obligasi merupakan salah satu produk investasi yang tersedia dan dapat ditemukan di pasar modal. Obligasi adalah surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh pihak terkait, biasanya oleh pemerintah atau perusahaan, tetapi dapat juga diterbitkan oleh perorangan. Anda akan menemukan pernyataan dalam obligasi atau obligasi yang diterbitkan yang menyatakan bahwa setiap pembelian obligasi memiliki tingkat pengembalian yang telah ditentukan sebelumnya.

Hasil dari pembelian obligasi ini akan memberikan keuntungan bagi pemegangnya dari waktu ke waktu. Obligasi juga dapat digunakan sebagai produk investasi untuk investasi jangka panjang atau pendek karena biasanya memiliki jangka waktu 1 sampai 10 tahun.

 

Demikian artikel tentang Pengertian Saham Blue Chip dan kriterianya, semoga bermanfaa yaa gaiss.