hit counter

Cara Cek Layar Samsung Masih Normal atau Tidak dan Masalahnya

Layar Samsung Masih Normal atau Tidak — Mengetahui cara mengontrol layar Samsung sangat penting bagi pengguna merek smartphone ini. Apalagi Samsung kini menjadi pembuat smartphone yang mendominasi pasar Android, artinya kita tidak perlu lagi meragukan kualitasnya. Meskipun demikian, masalah masih dapat terjadi dan banyak pengguna yang mengeluhkan masalah layar.

Jika Anda salah satunya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek apakah layar ponsel Samsung Anda bermasalah atau tidak. Sehingga jika terjadi masalah, Anda dapat menghitung terlebih dahulu dengan solusi yang dapat menghindari biaya besar terkait layanan pendukung. Nah, kami telah mengumpulkan langkah-langkah terbaik untuk menjelaskan masalah layar ponsel Samsung agar lebih mudah dikenali.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Layar Samsung

Layar smartphone adalah bagian perangkat yang paling penting dan juga paling rentan, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Masalah layar benar-benar sesuatu yang sering dikeluhkan oleh pengguna Samsung.

Masalah layar biasanya termasuk tampilan tidak menyala, tampilan mati sementara, dan layar berkedip. Masalah sistem dan kerusakan fisik dapat menyebabkan masalah layar. Bahkan, masalah layar retak juga bisa terjadi. Namun, Anda juga dapat mempelajari cara memperbaiki layar ponsel yang rusak dengan benar.

Ada berbagai penyebab kerusakan layar ponsel. Nah, berikut ini berbagai masalah yang sering terjadi pada layar Samsung:

1. Tampilan Layar Bermasalah

Salah satu masalah yang sering terjadi pada layar ponsel Samsung adalah bayangan. Shading biasanya terjadi pada smartphone Samsung dengan layar Super Amoled, atau pada smartphone lain dengan panel OLED, Amoled atau Super Amoled.

Shading atau burn-in adalah suatu kondisi di mana warna layar berubah secara permanen, sering ditunjukkan dengan layar menjadi kuning atau kuning saat ditampilkan putih dan berubah menjadi oranye saat ditampilkan merah. Karena kerusakan ini bersifat permanen, masalah ini sulit diatasi dan layar LCD harus diganti untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Bayangan pada layar biasanya disebabkan oleh penggunaan warna yang sama berulang kali. Layar LCD memiliki tiga warna utama yaitu merah, hijau biru (RGB), jika satu warna ditampilkan terus menerus, piksel tidak dapat menahan suhu dan terbakar. Untuk meminimalkan ini, Anda dapat:

  • Sesuaikan kecerahan layar ke tingkat yang sesuai untuk kenyamanan mata. Oleh karena itu, layar yang terlalu terang rentan terhadap bayangan atau terbakar.
  • Ubah latar belakang secara teratur dan sebaiknya gunakan dominasi hitam
  • Matikan Always-on display saat Anda tidak menggunakannya

2. Layar Samsung Galaxy Tidak Berfungsi

Masalah lain yang dapat muncul di layar Samsung Anda adalah layar yang tidak berfungsi atau tidak berfungsi. Jenis masalah ini biasanya disebabkan oleh kerusakan perangkat lunak dan karena itu tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan bongkar sendiri ponsel Samsung Anda, tetapi ikuti langkah-langkah di bawah ini terlebih dahulu:

  • Gerakkan jari Anda ke tepi kiri atas layar.
  • Kemudian geser perlahan jari Anda ke tepi kanan bawah tanpa mengangkat jari Anda. Tahan selama sekitar 10 detik pada satu titik.
  • Gerakan ini menyeret bagian Pengaturan Cepat dan Pemberitahuan ke bagian bawah layar. Jika Anda melepaskan jari Anda dari layar dan bagian itu menghilang lagi, masalahnya bukan pada bagian layar telepon.
  • Jika Anda tidak dapat memperbaikinya, bawa ke pusat layanan Samsung untuk pemecahan masalah.

3. Layar Samsung Kurang Responsif

Selain tidak berfungsi, layar ponsel Samsung juga kurang atau tidak responsif. Biasanya layar membeku dan tidak ada yang ditampilkan saat Anda menyentuh di mana pun pada layar. Sebelum membawanya ke pusat layanan, Anda dapat mencoba memeriksa dan memperbaiki layar Samsung model lama dan baru, seperti A20. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Anda dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali ponsel Anda.
  • Jika tidak berhasil, lepaskan bagian belakang ponsel dan keluarkan baterai (jika ponsel Anda tidak memiliki baterai internal).
  • Biarkan baterai selama 10 detik, lalu pasang kembali dan hidupkan ponsel.

Jika langkah-langkah di atas masih tidak memperbaiki layar, Anda dapat melakukan hard reset dengan menekan dan menahan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan. Atau Anda dapat melakukan soft reset dengan menahan tombol daya selama beberapa detik hingga muncul menu untuk memilih opsi mulai ulang, ketuk untuk mengonfirmasi.

Tetapi jika Anda tidak dapat menyentuh opsi restart, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 10 detik untuk mematikan ponsel, lalu hidupkan kembali dan ponsel akan merespons lagi. Tentu saja, jika metode di atas masih tidak membuat ponsel Anda sensitif, bawa ke pusat layanan Samsung untuk mengidentifikasi masalahnya.

4. Masalah Layar Hitam pada HP Samsung

Masalah layar hitam atau dead pixel dapat muncul di ponsel Samsung, yang biasanya disebabkan oleh malware atau virus yang masuk ke ponsel. Piksel mati muncul sebagai titik atau garis hitam di layar. Mungkin juga layarnya hitam atau mati, tetapi ponsel tetap hidup dan tidak dapat diakses.

Cara termudah untuk menangani piksel mati adalah dengan menghapus cache. Namun, cara ini tidak selalu berhasil di semua jenis ponsel, termasuk Samsung. Juga, Anda dapat memeriksa dengan aplikasi Dead Pixel Test dan segera mengunjungi pusat layanan Samsung untuk diperbaiki. Jika layar hitam disebabkan oleh aplikasi yang salah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kembali ke layar beranda
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power untuk mematikan smartphone
  • Akan muncul ikon untuk mematikan (shut down) atau menghidupkan ulang ponsel, klik dan tahan tombol daya
  • Mode aman akan muncul di bagian bawah layar, tekan OK untuk mengonfirmasi Mulai Ulang dalam Mode Aman
  • Hapus aplikasi yang mengunci ponsel Anda
  • Kemudian restart ponsel Anda untuk masuk ke mode aman.

5. Layar Sentuh Pada HP Samsung Tidak Berfungsi

Layar ponsel tiba-tiba membeku atau tidak responsif terhadap sentuhan adalah masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna ponsel Samsung. Jika layar ponsel Samsung Anda tidak berfungsi atau tidak responsif, biasanya disebabkan oleh aplikasi yang salah atau aplikasi yang terlalu panas atau terlalu panas. Jika layar sentuh ponsel Samsung Anda tidak berfungsi atau tidak merespons sama sekali, Anda pasti harus menggunakan fungsi hard reset.

Fitur hard reset yang tersedia pada gadget akan menghapus semua data di ponsel, jadi sebaiknya pastikan Anda mencadangkan data di ponsel. Buat scone ini:

  • Matikan telepon
  • Tekan dan tahan tombol daya dan volume turun selama beberapa detik
  • Tunggu hingga menu Recovery muncul
  • Pilih Hapus semua data pengguna dan Setel ulang semua pengaturan
  • Ketuk Ya untuk mengonfirmasi
  • Ponsel akan memulai proses reset, tunggu reboot
Layar Samsung Masih Normal atau Tidak
Layar Samsung Masih Normal atau Tidak

Cara Cek Layar Samsung

Layar Samsung Masih Normal atau Tidak, Dengan memberikan kualitas yang sangat baik, Samsung memiliki daya tahan yang baik dalam hal tampilan LCD dari semua elektronik yang dihasilkannya. Namun, akan lebih baik untuk memeriksa layar ponsel Samsung. Karena jika terjadi kerusakan, biaya perbaikan bisa menguras dompet karena LCD perlu diganti.

Ini bahkan lebih penting jika Anda ingin membeli ponsel Samsung bekas atau bekas. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa apakah layar Samsung asli atau tidak, yang menunjukkan bahwa jika tidak asli, itu berarti telah diganti karena ada masalah. Kontrol layar Samsung bisa dilihat dari warna layar dan sensitivitas layar HP saat disentuh, apakah masih normal atau ada noise.

1. Cara Cek Layar Samsung Manual

Cara termudah untuk memeriksa layar Samsung Anda adalah secara manual, dengan memeriksanya secara fisik terlebih dahulu. Layar normal tidak menunjukkan kerusakan yang jelas seperti retak atau pecah. Jika ada goresan yang masih normal dan tidak menimbulkan masalah, Anda bisa menggunakan pelindung layar khususnya tempered glass untuk menguranginya.

Jadi Anda dapat memeriksa seberapa sensitif layar sentuh. Cobalah untuk menyentuh setiap bagian layar. Lihat apakah layar merespons saat Anda mengetuk, menarik, dan menahan. Pastikan juga tidak ada ghost touch dimana layar bergerak dengan sendirinya dan touchscreen tidak lepas saat ditekan. Cara ini sangat efektif jika Anda ingin membeli HP Samsung second atau bekas, namun tidak punya banyak waktu untuk mengecek kondisi umum handphone secara detail.

2. Cara Cek Layar Samsung dengan Kode

Cara cek layar Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan kode. Beberapa ponsel Android, termasuk Samsung, memiliki serangkaian kode rahasia untuk mengakses utilitas sistem yang tidak tersedia sebagai aplikasi. Ini memiliki berbagai fitur seperti:

  • Pengetahuan tentang spesifikasi HP
  • Edit aturan jaringan
  • Cek kerusakan HP dimana ada sub bagian untuk cek LCD

Anda dapat menggunakan kode ini untuk semua jenis ponsel Samsung, tetapi tidak semua ponsel merespons dengan cara yang sama. Kode untuk memeriksa LCD atau layar ponsel Samsung:

Cek Kondisi Warna (RGB) atau Shadow Burn-in HP Samsung dengan Kode

Jika Anda ingin memeriksa apakah layar ponsel Samsung Anda memiliki masalah warna (RGB) seperti terlalu merah, gunakan kode ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Phone atau Dialer dan masukkan kode *#0*#
  • Menu kontrol Samsung ditampilkan
  • Ketuk tombol merah, layar ponsel akan berubah menjadi merah
  • Ketuk layar lagi
  • Ketuk tombol Hijau, layar ponsel akan berubah menjadi hijau
  • Ketuk layar lagi
  • Ketuk tombol Biru, layar ponsel akan berubah menjadi biru
  • Jika layar normal, warna output sama dengan tombol yang ditekan. Jika warna lain ditampilkan, LCD kemungkinan akan mengalami masalah seperti bayangan atau burn-in.

Cara Cek Touchscreen HP Samsung dengan Kode

Selain memeriksa kondisi warna layar, Anda juga dapat menguji layar sentuh atau layar sentuh. Anda juga bisa mengecek layar ponsel Samsung lawas seperti Galaxy J2 Prime dengan cara ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Phone atau Dialer dan masukkan kode *#0*#
  • Menu kontrol Samsung ditampilkan
  • Pilih menu Sentuh
  • Garis kotak-kotak muncul
  • Ikuti garis kotak-kotak di layar tanpa putus
  • Jika layarnya normal, papan akan berubah menjadi hijau. Sebaliknya, jika layar bermasalah, warna hijau tidak akan ditampilkan. Karena ada bagian layar yang tidak merespon sentuhan. Anda juga dapat memeriksa garis hijau di tempat lain selain garis.

3. Cara Cek Layar Samsung dengan Aplikasi Multi Touch Test

Jika cara manual atau kode verifikasi tidak berfungsi di ponsel Samsung yang Anda gunakan, opsi lain yang dapat Anda coba adalah menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan ini digunakan untuk memeriksa di layar sentuh apakah layar sentuh responsif atau tidak.

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol layar Samsung Anda adalah aplikasi Multi Touch. Cara kerjanya hampir sama dengan menggunakan kode verifikasi ponsel Samsung, tetapi aplikasi ini lebih sederhana dan Anda tidak perlu khawatir memasukkan kode yang salah. Multi Touch Test paling sering digunakan sebagai pemeriksaan layar sentuh atau touch screen, sehingga Anda dapat mengetahui apakah ada masalah dengan layar ponsel Anda atau tidak. Begitulah:

  • Instal aplikasi Multi Touch Tester dari Play Store
  • Buka aplikasi
  • Kemudian ikuti panduan untuk mulai menguji layar sentuh
  • Seperti cara sebelumnya, saat layar sentuh dalam keadaan normal, layar merespons secara penuh bagian-bagian layar yang disentuh.

4. Cara Cek Layar Samsung Menggunakan Aplikasi Partial Screen

Aplikasi berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa status layar Samsung Anda disebut Partial Screen. Partial Screen digunakan untuk memeriksa apakah warna layar normal atau tidak dan juga dapat digunakan untuk memeriksa seluruh layar. Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Instal aplikasi Layar Sebagian dari Play Store
  • Buka aplikasi
  • Jalankan pemeriksaan layar Samsung, ikuti panduan aplikasi dan periksa apakah ada masalah atau tidak

Layar parsial juga bisa mengalahkan ghost touch dengan memblokir layar sentuh saat muncul. Ada dua cara untuk mengidentifikasi masalah layar: otomatis dan manual. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mematikan layar dengan mengetuk dua kali ikon aplikasi. Indikator ini muncul di bagian atas dan dapat ditempatkan di mana saja di layar.

Kesimpulan Layar Samsung Masih Normal atau Tidak

Oleh karena itu, ini menjelaskan berbagai cara untuk mengontrol layar Samsung dan cara memperbaikinya dengan mudah. Dengan memilih ini, Anda dapat mengetahui apakah layar ponsel Samsung Anda bermasalah atau tidak. Setelah Anda mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, jangan buru-buru mengganti layar LCD. Karena beberapa masalah dapat disebabkan oleh sistem, seperti panas berlebih, efek root, pengaturan yang salah atau konektor yang longgar, karena ponsel sering jatuh atau jatuh.