penyebab baterai hp cepat habis
penyebab baterai hp cepat habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda jarang menggunakan ponsel, tetapi baterai cepat habis? Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa alasan, sehingga Anda perlu mencari penyebabnya. Baterai HP yang habis dengan cepat memengaruhi kinerja perangkat. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, keadaan ini tidak hanya akan membuat Anda tidak nyaman untuk menggunakannya, tetapi juga dapat menyebabkan HP Anda lebih cepat terdegradasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan baterai HP lebih cepat habis.

Nah, kali ini kita akan membahas secara lengkap penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasi masalah tersebut. Simak!

penyebab baterai hp cepat habis
penyebab baterai hp cepat habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Baterai HP yang cepat habis bisa sangat mengganggu aktivitas pengguna. Untuk itu berbagai cara biasanya digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari membawa baterai ponsel ke service center hingga mengganti baterai kembali. Namun sebelum buru-buru memperbaiki masalah, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab baterai cepat habis agar bisa menemukan solusi yang tepat.

Berikut adalah beberapa alasan paling umum mengapa baterai HP bisa lebih cepat habis.

1. Pengaturan Layar HP Kurang Optimal

Salah satu penyebab paling umum dari penipisan baterai HP yang cepat adalah hasil dari pengaturan tampilan HP yang kurang optimal. Layar merupakan salah satu komponen HP yang membutuhkan baterai untuk proses aktivasinya. Semakin terang layar smartphone, semakin tinggi konsumsi baterainya.

Periksa pengaturan untuk menentukan penggunaan baterai. Caranya masuk ke Settings > Battery > klik titik tiga di pojok kanan atas > pilih opsi battery usage > klik titik tiga di pojok kanan atas > tap pada bagian Show Total Usage device.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengetahui mengapa baterai HP cepat habis, terlepas dari apakah pengaturan tampilan HP menguras baterai atau tidak. Jika hasilnya layar ponsel menempati posisi pertama dalam konsumsi baterai, disarankan untuk segera mengurangi kecerahan layar ponsel.

2. Aplikasi Terus Beroperasi di Latar Belakang

Alasan berikutnya baterai HP cepat habis adalah aplikasi dan layanan latar belakang yang terus berjalan. Beberapa aplikasi komunikasi dan media sosial, seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, dapat menghabiskan banyak energi meskipun tidak digunakan secara aktif. Ini karena beberapa aplikasi ini tetap berjalan di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

Untuk menghindari hal ini, sebisa mungkin, tutup widget dan aplikasi latar belakang saat Anda tidak menggunakannya. Dengan widget dan aplikasi tertutup, baterai HP bertahan lebih lama dan lebih tahan lama.

Baca Juga  Cara Cek Tarif Gojek dan Grab yang Mudah Dilakukan

3. Penggunaan GPS, WiFi dan Bluetooth Secara Terus Menerus

Aplikasi lokasi seperti GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth memerlukan koneksi internet yang kuat. Hal ini juga meningkatkan daya baterai yang dibutuhkan oleh HP. Jika Anda cukup sering menggunakan fitur ini, jangan tanya mengapa baterai HP Oppo Anda cepat habis.

Selain fakta bahwa baterai HP lebih cepat habis, penggunaan fungsi GPS, WiFi, dan Bluetooth secara terus-menerus menyebabkan ponsel menjadi lebih cepat panas. Lebih buruk lagi, jika koneksi yang Anda sambungkan tidak aman, itu dapat merusak perangkat Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak menggunakannya, disarankan untuk menonaktifkan ketiga fungsi tersebut.

4. Berada di Area dengan Penerimaan Sinyal yang Buruk

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa baterai HP Anda terkuras lebih cepat di area dengan sinyal yang buruk? Karena koneksi internet dan sinyal yang lemah, ponsel membutuhkan lebih banyak daya untuk berfungsi. Kondisi ini pada akhirnya akan menguras baterai HP lebih cepat.

Jika Anda tinggal atau berada di daerah dengan sinyal yang buruk, Anda mungkin ingin memilih operator dengan sinyal terkuat agar baterai HP Anda tidak cepat habis. Anda juga dapat mencoba mengaktifkan mode pesawat atau penguat sinyal jika perlu.

5. Software Belum Update

Agar baterai HP Anda tidak cepat habis, selalu perbarui aplikasi atau perangkat lunak HP yang Anda gunakan secara rutin. Ternyata software yang ketinggalan jaman menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Hal ini dikarenakan sistem operasi atau prosesor HP masih menggunakan sistem lama, sehingga tidak mengenali bug aplikasi terbaru.

Pembaruan perangkat lunak biasanya meningkatkan masa pakai baterai karena beberapa bug yang tidak perlu secara otomatis dihapus dari sistem operasi. Dengan cara ini, baterai HP akan bertahan lebih lama dan kinerjanya akan lebih optimal.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Selain menimbulkan ketidaknyamanan, baterai HP yang cepat habis juga dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, segera cari solusi. Ada banyak cara untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis, mulai dari mengurangi kecerahan hingga membatasi penggunaan aplikasi yang menguras baterai dengan cepat.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis.

Baca Juga  Cara Membuat Localhost Menjadi Online (ke Hosting / Server VPS)

1. Non-aktifkan Fitur Push Notification

Tahukah Anda bahwa fitur push notification media sosial di layar ponsel Anda sebenarnya menjadi penyebab baterai ponsel Anda cepat habis? Fitur push notification bekerja dengan secara otomatis menghasilkan pesan dari server ke ponsel. Untuk mengaktifkan fungsi tersebut, ponsel harus selalu terhubung ke Internet.

Semakin kuat dan semakin banyak jaringan Internet yang Anda gunakan, semakin besar pula kebutuhan pengisian daya baterai. Ini akan menguras baterai lebih cepat. Jika ingin daya baterai kembali normal, segera matikan fungsi push notification.

2. Kurangi Kecerahan Layar HP

Salah satu penyebab paling umum dari baterai HP cepat habis adalah kecerahan layar yang kurang optimal. Layar HP yang terlalu terang menghabiskan lebih banyak baterai. Untuk meningkatkan masa pakai baterai, disarankan untuk mengurangi kecerahan layar ponsel atau menggunakan latar belakang yang gelap.

3. Hindari Sering Membuka Aplikasi Kamera

Perangkat HP yang sering digunakan untuk fotografi cenderung memiliki daya tahan baterai yang rendah. Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering membuka aplikasi kamera, baik itu saat foto, video atau sekedar ngobrol, dapat menguras baterai dengan cepat, karena setiap kali aplikasi kamera dibuka membutuhkan baterai yang banyak. Untuk masa pakai baterai yang lebih lama, jangan terlalu sering membuka aplikasi kamera kecuali diperlukan.

4. Aktifkan Mode Power Saving

Beberapa smartphone terbaru memiliki mode hemat daya. Fitur ini berguna jika Anda ingin memodifikasi CPU untuk mengelola konsumsi baterai dengan lebih baik, terutama saat baterai hampir habis. Caranya adalah dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak perlu dan mengoptimalkan fungsi sistem operasi HP.

5. Cek Kondisi Baterai HP Secara Berkala

Baterai HP cepat habis dapat disebabkan oleh baterai yang sudah tua atau rusak. Karena kondisi ini, baterai tidak dapat berfungsi secara maksimal, sehingga cepat habis. Untuk menghindari masalah seperti ini, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan baterai HP Anda secara rutin.

Kondisi baterai yang rusak menyebabkan baterai lebih cepat habis, tidak hanya mempengaruhi perangkat HP, tetapi semua perangkat yang menggunakan baterai, termasuk laptop. Itu sebabnya baterai laptop Anda cepat habis karena tidak seupdate baterai HP.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan agar baterai HP segera diganti dengan yang baru. Hal ini karena jika kita mengabaikannya, tidak hanya cepat menguras baterai tetapi juga berbahaya bagi perangkat HP. Pastikan juga Anda menggunakan baterai asli untuk keamanan. Namun, jika Anda menggunakan ponsel dengan jenis baterai internal, metode ini tidak dapat dilakukan.

Baca Juga  Tutorial Cara Setting Domain Forwarding

6. Aktifkan Airplane Mode Saat Sinyal Buruk

Ditemukan bahwa baterai HP cepat habis disebabkan oleh penerimaan sinyal yang buruk. Hal ini dikarenakan perangkat HP harus bekerja lebih keras untuk mengakses jaringan agar HP tetap dapat digunakan. Daripada harus paksa pakai kalau sinyal jelek, nyalakan saja mode Nurse atau Airplane. Cara ini, selain membuat baterai bertahan lebih lama, juga cukup ampuh untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik saat sambungan tersambung kembali.

7. Batasi Fitur Location Services

Layanan lokasi seperti GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth memerlukan koneksi internet yang kuat agar berfungsi dengan baik. Namun, ini juga meningkatkan konsumsi daya baterai, jadi jangan heran jika baterai cepat habis.

Untuk mengurangi konsumsi baterai, batasi penggunaan ketiga layanan lokasi ini. Saat tidak digunakan, tutup dan nonaktifkan fitur tersebut agar baterai HP tidak cepat habis. Menggunakan layanan lokasi memakan waktu terlalu lama dan sering menghabiskan masa pakai baterai.

8. Lakukan Clear  Cache Secara Berkala

Ternyata malas membersihkan file sampah di perangkat HP menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis. Karena terlalu banyak file sampah dan data cache, ponsel harus bekerja lebih banyak dan karenanya membutuhkan lebih banyak baterai. Hal ini menyebabkan baterai HP lebih cepat habis.

Untuk memperbaiki masalah seperti ini, Anda perlu mengosongkan cache secara berkala dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master untuk membersihkan file sampah dan cache yang mengganggu kinerja HP. Selain memperpanjang masa pakai baterai, membersihkan cache juga akan meningkatkan kinerja HP.

Ketika perangkat HP terkuras dengan cepat, itu tidak murah sama sekali. Selain harus bolak balik loading, kondisi ini juga menurunkan performa HP. Karena itulah Anda perlu mengetahui cara mengatasi baterai HP iPhone yang cepat habis agar lebih nyaman digunakan dan optimal kembali. Penurunan performa HP selain merepotkan, juga bisa mengganggu aktivitas.

Agar baterai HP Anda tidak cepat habis, sebaiknya gunakan perangkat agar lebih awet dan maksimal. Jika baterai sudah habis, segera ganti dengan baterai asli. Hindari mengganti baterai KW yang mungkin tidak kompatibel dengan perangkat HP.