strategi pemasaran produk makanan
strategi pemasaran produk makanan

7 Strategi Pemasaran Online untuk Produk Makanan

Bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Hal ini dikarenakan makanan merupakan produk yang sangat diinginkan dan dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, bisnis ini mungkin tidak begitu menjanjikan jika Anda tidak menerapkan strategi pemasaran produk untuk makanan Anda.

Ada banyak toko dapur yang tersebar di seluruh area dan mungkin dengan produk yang sama. Tanpa strategi pemasaran produk yang tepat, akan sulit untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan komersial. Alhasil, bisnis kuliner Anda hanya bisa bertahan selama jagung.

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk makanan
strategi pemasaran produk makanan

Strategi pemasaran merupakan upaya untuk meningkatkan penjualan produk dan mengembangkan usaha. Upaya tersebut sendiri beragam, mulai dari mempromosikan produk melalui media sosial, hingga menawarkan diskon, dan lainnya.

Mengapa penting untuk menerapkan strategi pemasaran produk? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali kegiatan kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bisa jadi tetangga atau toko juga memiliki usaha kuliner dengan jenis produk yang sama. Itulah mengapa sangat penting untuk mempresentasikan bisnis dan produk Anda kepada khalayak yang lebih luas.

Tanpa eksposur yang lebih luas ke bisnis dan produk Anda, orang tidak akan tahu apa yang Anda jual dan apa yang Anda jual. Anda bisa melakukannya dengan memahami dan menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat.

Nah, strategi pemasaran ini juga sangat serbaguna dan jelas berbeda tergantung dari produk makanan yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual makanan beku kemudian menjualnya secara online, misalnya melalui media sosial atau aplikasi untuk memesan makanan.

Ketika Anda memahami dan berhasil menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat, tidak hanya akan meningkatkan penjualan Anda, tetapi juga bisnis Anda. Jika bisnis tumbuh, penjualan dan keuntungan akan terus tumbuh.

Baca Juga  Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

7 Strategi Pemasaran untuk Produk Makanan

Nah, setelah Anda mengetahui 4P dari bauran pemasaran, Anda dapat memutuskan strategi mana yang ingin Anda gunakan dalam bisnis Anda. Ada banyak strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk dan mengembangkan bisnis Anda. Tapi mari kita kembali ke produk dan target pasar perusahaan Anda.

Untuk membantu Anda menemukan dan menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk produk makanan Anda, perhatikan 7 contoh strategi pemasaran berikut.

  1. Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Contoh strategi pemasaran produk industri makanan yang mendorong pertumbuhan penjualan adalah belanja online. Tidak dapat disangkal bahwa kemajuan teknologi saat ini membuat hampir semua orang memenuhi berbagai kebutuhannya secara online. Termasuk pemenuhan kebutuhan pangan.

Anda bisa berjualan secara online menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Anda juga dapat menggunakan aplikasi perpesanan seperti Whatsapp untuk menjual. Anda juga dapat menggunakan pasar sebagai titik penjualan untuk bisnis Anda. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan produk makanan usaha kuliner Anda.

  1. Strategi Pemasaran Produk Makanan Melalui Website

Saat ini bisnis kuliner tidak hanya bisa Anda lakukan melalui media sosial, Whatsapp atau aplikasi pesan antar makanan. Anda juga bisa berjualan online dengan membuat website. Dengan membuat website, jangkauan pasar Anda bisa lebih luas.

Selain itu, informasi mengenai makanan dan bisnis Anda dapat tersampaikan dengan lebih jelas dan detail. Berbeda dengan media sosial yang memiliki batasan karakter, informasi yang diberikan tidak bisa sedetail itu. Bisnis Anda juga akan tampil lebih profesional dan terpercaya.

  1. Optimasi Website Bisnis

Jika Anda sudah memiliki situs web bisnis, jangan biarkan “tidak aktif”. Dengan situs web bisnis, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan mengoptimalkan situs web Anda. Optimalisasi ini dilakukan dengan tujuan agar website Anda muncul pertama kali di hasil pencarian kata kunci bisnis Anda.

Baca Juga  Pengertian Digital Advertising, Tipe & Trend di Indonesia

Bagaimana cara mengoptimalkan? Anda bisa mempelajari SEO atau teknik optimasi mesin pencari sebagai strategi pemasaran produk makanan bisnis Anda. SEO memudahkan website Anda ditemukan oleh audiens yang sangat membutuhkan produk Anda.

  1. Strategi Pemasaran Produk Melalui Google Ads dan Facebook Ads

Strategi pemasaran yang sering direkomendasikan oleh digital marketer adalah iklan Google Ads dan Facebook Ads (alias SEM). Nah, SEM sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah strategi pemasaran produk dan merek melalui mesin pencari berbayar.

Salah satunya adalah penempatan iklan melalui Google Ads atau Facebook Ads berdasarkan kebutuhan bisnis. Dengan menempatkan iklan Anda, jangkauan audiens perusahaan Anda akan lebih luas dan lebih akurat berdasarkan target pasar Anda.

Pasang Iklan Google atau Iklan Facebook

  1. Aktif di Media Sosial

Bukan sekedar tempat bersosialisasi, media sosial merupakan media bisnis yang cukup ampuh untuk meningkatkan engagement. Tidak sedikit perusahaan yang penjualannya tumbuh dan berkembang karena viral di media sosial.

Hal ini bisa terjadi karena media sosial memiliki banyak pengguna. Secara aktif berbagi segala sesuatu tentang merek dan produk perusahaan Anda dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif.

  1. Memanfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan

Saat ini, teknologi digital sudah sangat maju di Indonesia. Hampir semua kebutuhan dan tugas terpenuhi dengan bantuan teknologi digital. Salah satunya adalah kebutuhan pangan. Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kuliner Anda.

Anda dapat mendaftarkan restoran atau bisnis kuliner Anda di banyak layanan pesan-antar makanan seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berjualan tanpa harus menyediakan tempat makan. Pelanggan juga merasa lebih mudah untuk mengatasi strategi pemasaran ini.

  1. Membuat Promo Menarik

Salah satu ciri khas pembeli Indonesia adalah suka menawar. Padahal, menurut beberapa pakar bisnis, diskon merupakan strategi pemasaran produk yang paling ampuh. Ketika Anda menawarkan diskon kepada pelanggan, mereka tergoda dan merasa sangat membutuhkan untuk memanfaatkan promosi tersebut.

Baca Juga  Hobi yang berpotensi Bisa Jadi Pekerjaan Bergengsi!

Selain diskon, Anda bisa memberikan tambahan promosi menarik yang juga menarik bagi pelanggan. Dengan cara ini, penjualan makanan Anda akan meningkat dan bisnis Anda akan tumbuh.

Kesimpulan

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan makanan dan mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat menerapkan bauran pemasaran 4P untuk menentukan strategi mana yang tepat untuk produk Anda. Pastikan Anda menyelaraskan dengan makanan dan target pasar.