Apa itu E-Learning: Pengertian, Rekomendasi, Contoh, dan Cara Install-nya

Apa itu E-Learning — Siapa sangka wabah yang merebak pada Maret 2020 ini menjadi keuntungan nyata bagi beberapa sektor jasa pendidikan? Khususnya layanan pembelajaran online, jumlah pengguna aplikasi yang ada tiba-tiba meningkat drastis. Ini adalah keuntungan tersendiri bagi pemiliknya, aplikasi yang dia hadirkan akan sangat diminati pada saat kesulitan pribadi.

Pembelajaran online memiliki hambatan dan mereka bervariasi dari pengguna ke pengguna. Beberapa orang merasa kesulitan untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru atau tutor mereka yang juga mengajar secara online, sementara yang lain merasa mereka memahami pelajaran secara online dengan cepat. Kesulitan yang dihadapi membutuhkan solusi yang dapat membantu studi mereka.

Faktor inilah yang menjadi pendukung semakin berkembangnya layanan pendidikan online, yang semula layanan pendidikan offline sudah berubah menjadi online. Perkembangan lain terlihat pada layanan yang semakin banyak tersedia di berbagai aplikasi, aplikasi yang awalnya terbatas pada materi teks kini beralih ke audio dan video.

Pengertian E-Learning

e learning adalah
e learning adalah

Pembelajaran elektronik atau pembelajaran online, e-learning, adalah pembelajaran formal dan nonformal yang berlangsung dengan menggunakan teknologi, sehingga siswa dan guru menggunakan media elektronik untuk melakukan proses belajar mengajar. E-learning berlangsung secara online, siswa dan guru dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja.

Apa itu E-Learning yang sering ada biasanya kursus online, seminar online, dll. dilakukan dalam bentuk e-learning biasanya dilakukan melalui perantara internet berbasis web, semua materi, kuis dan bahan ajar tersedia di web. Materi yang tersedia dapat berupa teks dalam format file pdf, audio, beberapa streaming dalam bentuk YouTube. Perkembangan ini dapat membantu Anda memahami materi yang diajarkan secara lebih detail.

Rekomendasi E-Learning

E-learning berbentuk website dan aplikasi, dan banyak aplikasi yang ada juga memberikan banyak pilihan yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan beberapa fitur memerlukan pembayaran. Beberapa di antaranya membutuhkan sedikit memori, Anda dapat mengunduhnya dari App Store dan Play Store.

  • Ruangguru

Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang fokus pada layanan pendidikan. Ruangguru sudah memiliki lebih dari lima belas juta pengguna, mengelola 300 ribu guru, dan menawarkan layanan di lebih dari seratus bidang tematik. Pengembangan berbagai layanan berbasis teknologi, antara lain layanan kelas virtual, platform ujian online, video pendidikan berlangganan, marketplace pendidikan swasta, dan konten pendidikan lainnya yang tersedia di Internet atau melalui aplikasi Ruangguru.

  • Quipper

Perusahaan konten pendidikan berbasis digital yang menyediakan sistem pembelajaran online yang memungkinkan Anda dengan mudah dan tatap muka dengan guru online. Quipper memiliki fitur bernama Quipper School yang memungkinkan guru membuat ruang kelas virtual dan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa secara virtual. Dengan fitur ini, guru dapat melacak berapa banyak siswa yang telah mengirimkan tugas mereka dan berapa banyak nilai yang telah mereka terima. Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

  • Brainly

Dengan kapasitas hanya sepuluh megabyte, Brainly dapat diunduh untuk perangkat Android dan iOS. Selain aplikasi Brainly, juga tersedia melalui situs resmi Brainly (dot) co (dot) id. Sangat mudah digunakan baik dengan aplikasi maupun melalui situs web, Anda dapat langsung mengetik pertanyaan. Brainly memproses dan menampilkan tanggapan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan, yang dapat berupa bagian dari kata kunci atau frasa lengkap.

  • Zenius

PT Zona Edukasi Nusantara telah menerbitkan aplikasi Zenius sejak tahun 2004, aplikasi ahli ini menawarkan banyak fitur pendukung pembelajaran dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. Fitur utama dari aplikasi ini adalah simulasi ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Zenius juga menyediakan bahan contoh untuk dikerjakan dan lihat sendiri hasil akhirnya. Aplikasi Zenius terpilih sebagai aplikasi terbaik 2019, diikuti oleh versi Google Play Store. Aplikasi ini dapat ditemukan di App Store dan Play Store, Anda dapat mengunduhnya dengan kapasitas tiga puluh megabyte.

Contoh Situs E-Learning

Apa itu E-Learning Ada banyak contoh situs web yang bisa Anda buka online dan coba mulai belajar online. Situs-situs ini gratis dan berbayar.

  • w3schools(dot)com

Salah satu situs e-learning yang menyediakan panduan belajar kode untuk para peminat IT, ada Bootstrap, CSS, jQuery, web, dll. pelajaran. Situs ini juga memiliki contoh dan tempat di mana Anda dapat mencoba memprogram sendiri.

  • Coursera

Perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Amerika Utara, Coursera menawarkan kursus online di berbagai bidang minat dengan metode dan sertifikasi online 100%.

Cara Install E-Learning

Menginstal aplikasi pembelajaran online hampir seperti menginstal aplikasi pada umumnya, sedangkan untuk pembelajaran online dengan situs web Anda dapat mencarinya langsung di halaman pencarian. Tergantung pada perangkat yang Anda gunakan, Anda dapat mengunduh aplikasi yang Anda inginkan dari Play Store atau App Store, lalu mendaftar untuk nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke langkah berikutnya.

Setelah Anda terdaftar sebagai pemegang akun di aplikasi, Anda dapat mulai mengunjungi beberapa fitur aplikasi. Sebelum itu, Anda akan diminta untuk masuk sebagai pemegang akun. Data yang umumnya diminta adalah nama lengkap, alamat email aktif, nomor ponsel dan data pribadi lainnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan E-Learning

Semua hal memiliki kekurangannya masing-masing, seperti halnya e-learning, kekurangan ini memanifestasikan dirinya dalam kurangnya tindakan sosial siswa saat belajar, karena tidak ada tatap muka secara fisik. Ini juga memiliki kelemahan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, tetapi ada beberapa orang yang lebih percaya diri ketika berkomunikasi secara tatap muka.

Namun, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengadakan kursus atau belajar online. Berkat kemudahan dan fleksibilitasnya, sumber daya tersedia di mana saja dan kapan saja. Semua orang, siswa paruh waktu atau pekerja penuh waktu, dapat memperoleh manfaat dari pembelajaran berbasis web.

Banyak manfaat lain dari pembelajaran online adalah siswa bebas untuk melanjutkan pembelajaran online mereka di mana pun mereka merasa nyaman. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga cukup efisien, karena kendala geografis dapat diatasi dengan kebutuhan ruang kelas dan guru pengajar yang minimal.

Kesimpulan Apa itu E-Learning

E-learning merupakan alternatif yang paling banyak dicari oleh pengguna untuk memahami pembelajaran di masa seperti ini, mereka belum sepenuhnya memahami pelajaran yang diberikan di sekolah atau universitas. Karena itulah kami membutuhkan aplikasi dan situs web yang membantu kami memahami materi yang diajarkan. Anda dapat menemukan aplikasi dan situs web yang ada di web dengan memasukkan kata kunci yang tepat. Dengan bantuan aplikasi dan website pembelajaran online, Anda diharapkan lebih memahami materi yang diajarkan agar tidak ketinggalan pelajaran sekolah.

Anda dapat memilih aplikasi yang tepat, ada banyak aplikasi di luar sana, tetapi Anda harus tahu bahwa tidak semua aplikasi yang ada berfungsi dengan baik. Anda akan melihat riwayat pengguna lain yang telah mengomentari aplikasi yang ada. Tetapi jika Anda tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup, jangan khawatir, Anda dapat menggunakannya di situs web resmi aplikasi. Karena beberapa aplikasi memiliki situs web yang dapat diakses tanpa terlebih dahulu memiliki aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk masuk ke halaman situs web dengan nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya.