Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang

Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang Adalah

Berikut manfaat sosial ekonomi terumbu karang :

  • tempat berkembangbiaknya ikan, pada umumnya terumbu karang sering digunakan oleh hewan laut untuk berkembang biak dan mempertahankan hidupnya.
  • sumber makanan bagi hewan laut, terumbu karang biasanya dimanfaatkan oleh hewan laut untuk cadangan makanan.
  • sebagai sumber devisa negara, selain bermanfaat untuk hewan laut terumbu karang juga bermanfaat bagi manusia untuk diolah dan dapat diekspor ke luar negeri.
  • untuk membuat makanan, biasanya seorang yang kreatif akan menggunakan apapun untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Secara sosial terumbu karang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian agar ekosistem di dalamnya dan di sekitarnya. Serta tumbuhan dan hewan laut yang ada dalam ekosistem terumbu karang tersebut dapat lebih dikenal sehingga mudah untuk dipelajari.

Pembahasan

Terumbu karang adalah sekelompok hewan karang yang biasanya hidup bersimbiosis dengan tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. Umumnya terumbu karang terdapat di tepi pantai atau di daerah yang terpapar sinar matahari dan berada sekitar 50 meter di bawah permukaan laut. Namun ada juga terumbu karang yang hidup di laut karena tidak membutuhkan sinar matahari untuk hidup.

Terumbu karang umumnya tumbuh subur di lingkungan yang baik dan membutuhkan lingkungan yang menyediakan kondisi lingkungan maksimal pada suhu 20 derajat Celcius. Alga melakukan fotosintesis untuk meningkatkan produksi kalsium karbonat dengan menghilangkan karbon dioksida dan dengan demikian merangsang reaksi kimia.

Ă—