https://www.99.co/

7 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan

Liputanberitaku.com — Talas atau taro adalah tanaman tropis yang banyak ditanam di Asia Tenggara. Meski dapat dikonsumsi daunnya mengandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan gatal pada tenggorokan. Oleh sebab itu sebelum memasaknya, daun ini perlu direndam semalam.

Selain akarnya, daun talas juga dapat dimasak dan dikonsumsi. Selain memiliki cita rasa yang lezat, daun berukuran lebar ini memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.  yuk kita bahas apa saja manfaat daun talas di sini!

 

Mengurangi Kolesterol

Kandungan serat serta metionin yang tinggi dalam daun ini dapat memecah kolesterol dalam tubuh. Daun talas tidak memiliki kolesterol dan kandungan lemaknya pun hanya 1 persen. Ini sebabnya mengapa orang yang menderita kadar kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi daun ini.

 

Melancarkan Pencernaan

Daun talas yang sudah dimasak sangat mudah dicerna karena mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya mampu memperlancar buang air besar dan menormalkan gerakan usus.

Hal ini akan membantu dalam mencegah gangguan pencernaan seperti iritasi usus besar atau konstipasi. Selain itu, asupan serat dalam daun ini juga dapat membantu kemungkinan perkembangan kanker usus besar.

 

Meningkatkan Kesehatan mata

Vitamin A dalam daun ini juga dapat mencegah terjadinya katarak, sehingga dapat membuat penglihatan lebih jelas. Mengonsumsinya secara rutin dapat mempertahankan penglihatan serta mencegah degenerasi makula terkait usia yang menjadi penyebab utama hilangnya penglihatan.

 

Mengurangi Peradangan

Ekstrak daun talas memiliki efek penghambatan yang signifikan pada histamin dan serotonin yang merupakan mediator preformed yang terlibat dalam fase awal proses inflamasi akut.

Kandungan tanin, flavonoid, glikosida, sterol dan triterpenoid dalam daun ini mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi peradangan kronis.

 

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun yang mengandung vitamin A, C dan E ini sangat baik untuk melindungi kulit dan mampu mengurangi keriput. Selain vitamin tersebut, daun ini juga mengandung asam amino yang tinggi yang disebut threonine.

Senyawa ini dapat membantu membangun elastin dan kolagen untuk membuat kulit lebih sehat.

 

Mengatasi Anemia

Penderita anemia dapat mengonsumsi daun talas secara rutin karena dapat memberikan zat besi yang baik untuk tubuh. Pasalnya, zat besi diperlukan untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Zat besi yang terdapat dalam daun ini juga dapat membantu mengembangkan sel darah merah sehingga mampu mengatasi anemia.

 

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jika vitamin C dalam tubuh rendah, sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan patogen, yakni parasit yang dapat menyebabkan penyakit.

Pasalnya, beberapa sel dalam tubuh seperti sel-t fagosit memerlukan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Kandungan vitamin C dalam daun ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efisien.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli