Macam Pola Hidup Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi

tiga macamsistem ekskresi

Ada banyak macam pola hidup yang harus kita jaga salah satunya adalah sistem ekskresi

Sebutkan 3 Macam Pola Hidup Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi

Sebutkan 3 Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi – Sebagian besar dari Anda tentu sudah paham betul bahwa pola hidup seseorang akan sangat mempengaruhi penampilan hingga kesehatannya, terlebih pola makan yang cukup berpengaruh pada sistem ekskresi. Meski terdengar cukup remeh, namun sebenarnya sistem ekskresi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia lho.

Mengenali gangguan pada sistem ekskresi
Berdasarkan buku IPA SMP/MTs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (IPA), sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat yang tidak diperlukan seperti karbondioksida, amoniak, urea, asam urat atau bahkan air dari dalam tubuh.

Proses pembuangan hasil metabolisme tubuh mempengaruhi banyak organ, seperti ginjal, hati, kulit, dan organ pernapasan. Orang sering mengalami penyakit yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah gangguan pada sistem ekskresi pada tubuh manusia.

1. Batu ginjal
Batu ginjal menghambat proses buang air kecil. Itu akan menyebabkan rasa sakit. Gejala batu ginjal yang meliputi rasa sakit di punggung bawah ke samping ke arah alat kelamin luar.

2. Hematuria
Gejala dari hematuria ditandai dengan adanya sel-sel darah merah pada urin. Hematuria dapat disebabkan infeksi bakteri pada saluran kemih.
3. Diabetes Insipidus
Diabetes insipidus berakibat pada tidak terserapnya air yang mesti masuk ke dalam tubuh, sehingga penderita akan sering mengalami buang air kecil.

Pola Hidup Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi

Mengapa demikian? Sebab sistem ekskresi yang bermasalah tidak hanya bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman, namun tidak jarang juga menyiksa karena hadirnya rasa mulas atau malah nyeri.

Sistem ekskresi sendiri merupakan sistem pada pembuangan atau pengeluaran zat-zat yang ada pada makhluk hidup. Beberapa contoh zat sisa adalah karbondioksida, racun, urea dan lain sebagainya. Nah, untuk menghindari masalah pada sistem ekskresi, berikut 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi yang patut Anda coba:

  1. Mengatur Pola Makan
  2. Mencukupi Konsumsi Air Putih
  3. Memaksimalkan Istirahat