Pendiri Daulah Abbasiyah

Pendiri Daulah Abbasiyah–Daulah Abbasiyah tidak dapat bisa Terpisah dari sejarah perkembangan Islam. Mengutip dari sejarah kebudayaan Islam, VIII. Bagi siswa kelas TM, dinasti ini Didirikan oleh Abdullah as-Saffah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin al-Abbas.

Pendiri Daulah Abbasiyah

“Kerajaan Abbasiyah memerintah selama lima abad 132-656H/750-1258 M. Dinasti ini menggantikan Daulah Bani Umayyah yang memerintah selama 92 tahun (40-132H/660-750 M),” tulis buku yang di unggah ke situs Collina. perpustakaan kota dei Sitoli.

Pada masa Dinasti Abbasiyah, Islam mengalami kejayaan dalam berbagai bidang kehidupan. Dinasti yang beribukota di Bagdad ini juga menjadi pusat peradaban di seluruh dunia.

Dia adalah pendiri dinasti Abbasiyah dalam sejarah Islam

Salah satu hal yang menandai perkembangan Islam di bawah kekuasaan Daulah Abbasiyah adalah di bangunnya perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan ini didirikan pada masa pemerintahan Khalifah Al Rasyid.

Di kutip dari website Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, perpustakaan ini awalnya di dirikan pada masa pemerintahan Harun Al Rasyid. Perpustakaan ini bernama Khizanah Al Hikmah yang juga berfungsi sebagai pusat penelitian.

Pada tahun 815 Khalifah Al Makmun Al Rasyid memperluas dan mengganti namanya menjadi Bait Al Hikmah. Perpustakaannya sangat besar sehingga menyerupai universitas, di mana terdapat koleksi hingga 400-500 jilid buku karya para ilmuwan dalam berbagai bahasa.

“Perpustakaan Bait Al Hikmah adalah yang terbesar pertama dalam Islam. Cendekiawan, cendekiawan, dan mahasiswa memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka di perpustakaan ini,” tulis situs tersebut.

Banyak cendekiawan dan cendekiawan lahir pada masa kejayaan dinasti Abbasiyah. Ahli hadits adalah Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah dan At Tirmidzi.

Di bidang matematika, dinasti Abbasiyah menghasilkan Al Khawarizm dengan karyanya tentang aljabar dan Umar Khayam yang menulis risalah tentang aljabar. Daula Abbasiyah juga menghasilkan astronom, terutama Abu Mansur Al Falaq dan Jabir Al Batani.

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang :Pendiri Daulah Abbasiyah.