Tips Hemat Biaya Saat Liburan ke Jepang

Akomodasi

Ini salah satu komponen besar saat kita melakukan traveling. Jangan khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan. Cara paling konvensional tentu mencari hotel tempat menginap. Jika ada cara konvensional dalam memilih penginapan, pastinya ada cara yang sebaliknya.

Beberapa sistem jaringan komunitas dan pertemanan bisa jadi jalan ke luar untuk menghemat biaya. Di antaranya menggunakan bantuan laman Couchsurfing. Laman komunitas itu menyediakan banyak jaringan tempat menginap gratis berlandaskan pertemanan dan kepercayaan.

Sekadar informasi, hotel di Jepang ada yang menghitung perkamar, dan ada yang menghitung perorang. Artinya beda harga untuk satu orang, dua orang, dan tiga orang. Hotel juga biasanya menyediakan piyama/kimono untuk tidur.

Transportasi Lokal

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan transportasi terbaik dan tentu jadi komponen cukup mahal bagi wisatawan. Secara umum jika ingin lintas kota apalagi perfecture (semacam provinsi) d Jepang, maka perlu perhitungan matang, kecuali uang tidak menjadi masalah.