Kelangkaan Chip Masih Melanda, Harga Ponsel Dikabarkan Akan Naik

Kelangkaan Chip Masih Melanda, Harga Ponsel Dikabarkan Akan Naik

Hal itu memicu masalah baru yaitu meningkatnya permintaan smartphone dan gadget saat pandemi. Terlebih di masa pandemi ini semua manusia di dunia membutuhkan perangkat untuk menunjang aktivitasnya baik belajar maupun bekerja.

Sementara itu pasokan untuk membuat chip di banyak gudang produsen habis, meski ada juga perusahaan yang menimbul chip untuk produknya sendiri. Hal ini membuat pasokan chip mengetat di tengah permintaan yang tinggi.

Langkanya chip juga dipengaruhi kebijakan Mantan Presiden AS, Donald Trump yang melarang jual teknologi AS ke perusahaan China. Tentu kebijakan itu melukai SMIC, salah satu produsen chip terbesar di dunia. Bayangkan, betapa kesulitannya SMIC untuk memproduksi chip karena semikonduktor-nya menggunakan teknologi dari AS.

Salah satu pemasok chip terbesar di dunia, Qualcomm Inc juga merasakan hal yang sama. Qualcomm mengatakan sedang berjuang untuk memenuhi semua pesanan dari berbagai merek smartphone utama. “Kami merasakan tekanan, tapi kami terlihat baik-baik saja,” ujar Wang Xiang perwakilan dari Qualcomm.

Langkanya produksi chip juga berimbas pada salah satu produk smartband terbaru dari Oppo. Oppo Band yang diluncurkan beberapa hari lalu terpaksa menaikkan harga jualnnya akibat langkanya perangkat chip saat produk gelang pintar itu terlanjur di lepas ke konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli