Kelangkaan Chip Masih Melanda, Harga Ponsel Dikabarkan Akan Naik

Liputanberitaku.com — Kelangkaan Chip Masih Melanda, Harga Ponsel Dikabarkan Akan Naik- Salah satu komponen penting dalam pembuatan smartphone adalah chip yang saat ini semakin langka. Meski memiliki ukuran mungil, komponen ini tentu saja sangat vital dan amat penting perannya karena berfungsi membantu sistem pengoperasian prosesor di dalam ponsel.

Akibat pasokan chip yang langka, imbas yang segera mengantui peritel dan penjual ponsel adalah kenaikan harga. Kenaikan harga perangkat ponsel atau sejenisnya saat ini diakibatkan kurangnya pasokan chip global saat ini.

Kekhawatiran itu membuat President Xiaomi Corp Wang Xiang angkat bicara. Wang mengungkapkan langkanya chip dalam pasar global membuat kenaikan harga jual bisa terjadi meski perusahaan berusaha mengoptimalkan biaya hardware.

“Sejujurnya ini jadi masalah utama produsen teknologi saat ini. Kami akan melakukan yang terbaik untuk menawarkan harga terbaik yang kami bisa berikan kepada konsumen. Namun terkadang, kami mungkin harus meneruskan sebagian dari kenaikan biaya kepada konsumen dalam kasus berbeda,” katanya mengutip laman Reuters, Minggu (28/3/2021).

Awal mula langkanya kompenin ini sudah tercium sejak akhir tahun lalu. Bahkan, pakar teknologi dan ahli menyebut fenomena ini sebagai chipageddon atau kiamat chip. Langkanya chipset bermula sejak mewabahnya pandemi Covid-19. Ketika itu banyak pabrik dan produksi chip di China menutup kegiatan industrinya karena pembatasan besar atau karantina wilayah.