4 Tangki Masih Terbakar, Kilang Pertamina Balongan, Indramayu Diisolasi

“Kemudian warga yang diungsikan di komplek perumahan Bumi Patra, sebanyak 339 orang dengan tetap memastikan warga menjalankan protokol kesehatan,” ucap Ahmad. Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, meledak dan terbakar hebat sejak Senin 29 Maret 2021 dini hari.

Jumlah korban jiwa yang terdampak dari peristiwa itu ada 6 orang luka berat dan 29 orang luka ringan. Sementara itu 1 orang dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung saat terjadi ledakan.

Baca juga : Kapolda: Ada indikasi kebocoran pada tangki yang terbakar di Indramayu

Baca juga : Polri Kerahkan Inafis Telusuri Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Indramayu

4 Tangki Masih Terbakar, Kilang Pertamina Balongan, Indramayu Diisolasi

Tidak hanya itu, warga yang tinggal di dekat area PT Pertamina RU VI Balongan sudah dievakuasi ke tempat pengungsian. Jalan utama menuju Pertamina RU VI Balongan juga ditutup. “Sudah kita lakukan lokalisasi.

Dibandingkan dengan semalam, kobaran api sekarang mulai berkurang,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi. Peristiwa kebakaran tangki kilang minyak ini diduga disebabkan oleh adanya kebocoran gas yang sudah terjadi sejak pukul 23.00 WIB.

Bau gas menyengat itu tercium oleh warga yang kemudian melapor ke pihak Pertamina. Dia menambahkan, sebelum kebakaran sempat ada ledakan yang terjadi sebanyak tiga kali, dengan kekuatan pertama sedang dan seterusnya berkekuatan besar.

“Kondisi saat ini kebakaran masih terjadi dan warga sekitar sudah diungsikan di tiga lokasi,” ucap dia.

 

 

 

 

 

 

Artikel asli