Pentingnya Fungsi Lens Hood Bagi Fotografer Profesional

Sebagaimana yang dijelaskan pada definisi maka fungsi utama lens hood adalah melindungi. Namun selain melindungi, terdapat tiga alasan mengapa fotografer, baik itu pemula, hobbiest atau pun yang professional hendaknya menggunakan lens hood.

Untuk melindungi lensa dari kotoran dan benturan

Lens hood juga berfungsi untuk melindungi lensa dari kotoran dan benturan. Lensa merupakan hal yang paling sentitif pada sebuah kamera. Maka dengan menggunakan Lens hood akan melindungi lensa dari resiko kotor maupun benturan.

Saat memotret tanpa tudung lensa, orang seringkali tidak sengaja menyentuh wajah lensa, sehingga meninggalkan sidik jari di sana. Itu hal yang paling sederhana, belum lagi ketika Anda melakukan pemotretan di luar ruangan dalam situasi konflik misalnya.

Maka resiko lensa terbentur akan lebih tinggi. Lens hood berfungsi melindungi lensa dari itu semua. Berikut Pentingnya fungsi lens hood bagi fotografer profesional:

Untuk melindungi lensa dari cahaya yang kuat langsung menuju lensa

Poin ini adalah fungsi asli dari lens hood. Seperti diketahui bahwa lensa kamera digital terdiri dari kombinasi banyak elemen lensa cembung atau cekung, 10 elemen lensa lainnya untuk para pemula, dan sekitar 20 elemen lensa para profesional.

Saat cahaya yang kuat seperti sinar matahari masuk menuju lensa saat pemotretan. Cahaya adalah unsur yang penting dalam fotografi, namun ketika cahaya yang masuk ke dalam lensa terlalu banyak atau terlalu kuat cahayanya, maka akan menurunkan kualitas gambar, akan terjadi ghosting (bayangan putih) atau flaring dan discoloration.