Pentingnya Fungsi Lens Hood Bagi Fotografer Profesional

Liputanberitaku.com —  Pentingnya fungsi lens hood bagi fotografer profesional- Lens hood memiliki fungsi yang sama dengan topi. Fungsi Lens hood melindungi lensa dari cahaya kuat atau untuk mengurangi cahaya ke kamera misal dari cahaya matahari.

Terdapat dua bentuk lens hood: lens hood berbentuk kelopak dan lens hood silinder. Lens hood kelopak paling umum digunakan, dikenal juga dengan lens hood bunga tulip. Sedangkan lens hood silinder sering digunakan untuk telefoto.

Sudah pakai kamera dan lensa terbaik, tapi hasilnya “flare” dan warnanya berubah. Kesal bukan? Anda akan mudah menemukan orang menggunakan DSLR atau mirrorless di landmark-landmark kota atau di tempat-tempat wisata, namun anda akan sulit menemukan mereka menggunakan lens hood.

Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat lens hood ini sebetulnya sangat penting bagi hasil foto. Ketahui pentingnya fungsi lens hood untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Lens hood adalah aksesori yang dipasang melingkar di bagian depan lensa. Apabila boleh dianalogikan, lens hood memiliki fungsi yang sama dengan topi. Lens hood berfungsi melindungi lensa dari cahaya kuat. Penggunaan lens hood bisa digunakan untuk kamera DSLR maupun kamera mirrorless.