18 Sunscreen Terbaik untuk Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

sunscreen terbaik –Jika Anda tinggal di negara tropis dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, kulit Anda membutuhkan perlindungan ekstra. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin. Merek tabir surya lokal ternama seperti ERHA, Azarine dan Emina tersedia di pasaran. Selain lebih nyaman, formulasinya telah di sesuaikan dengan kebutuhan kulit Indonesia.

Kali ini kami mengajak Anda akan pentingnya menggunakan sunscreen, serta tips memilih sunscreen yang baik. Lihat juga rekomendasi kami untuk produk sunscreen terbaik.

Pentingnya Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Ada berbagai manfaat menggunakan sunscreen. Berikut pembahasannya!

  • Mencegah Sunburn

Sunburns terjadi karena radiasi UVB. Sengatan matahari ringan biasanya ditandai dengan kulit kemerahan. Sedangkan sengatan matahari yang parah dapat melepuh, mengelupas, dan mengiritasi kulit. Sinar UVB juga dapat menyebabkan bintik-bintik gelap dan bintik-bintik. Itulah mengapa penting untuk menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas.

  • Mencegah penuaan dini

Radiasi UVA dapat merusak jaringan ikat di bawah kulit, tempat produksi kolagen. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitasnya, membuatnya kering, kendor, berkerut dan tampak lebih tua. Dengan tabir surya, sinar UVA dapat di belokkan sehingga tidak mengenai kulit secara langsung.

  • Mengurangi resiko kanker kulit

Paparan sinar UV yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Risiko ini bisa di minimalisir dengan penggunaan tabir surya yang benar dan teratur.

Cara Memilih Sunscreen yang Bagus

Untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang optimal, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. Berikt ini penjelasannya.

1. Utamakan produk dengan proteksi broad spectrum

Anda akan sering menemukan istilah SPF dan PA baik dalam produk kosmetik maupun sunscreen. SPF adalah agen yang berperan untuk memblokir sinar UVB. Sedangkan fungsi PA mencegah sinar UVA mengenai kulit. Karena sinar UVA dan UVB buruk bagi kulit Anda, pilih tabir surya yang mengandung SPF dan PA. Tabir surya yang mengandung keduanya di beri label “Broad Spectrum”.

Beberapa produk sunscreen mungkin tidak mengandung informasi PA. Namun, selama produk tersebut mengandung seng oksida, titanium dioksida, avobenzone, octisalate, ecamsulate, atau PABA (para-aminobenzoic acid), tidak ada alasan untuk khawatir. Bahan-bahan ini dapat melindungi dari radiasi UVA dan UVB. Namun, kami menyarankan untuk memilih produk dengan informasi PA yang jelas.

2. Tentukan berdasarkan tipe sunscreen

Sunscreen terlaris di pasaran adalah krim, losion, gel, dan spray. Setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda.

  • Cream dan lotion: Terasa lembap di kulit
  • Gel: Cepat meresap dan tidak lengket
  • Spray: Praktis dan mudah di aplikasikan

3. Pilih produk yang sesuai dengan jenis aktivitas Anda

Penggunaan sunscreen juga harus di sesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Harap perhatikan penjelasan berikut untuk perlindungan yang memadai.

  • Untuk kegiatan outdoor, sunscreen dengan nilai SPF/PA tinggi lebih baik
  • Saat berkegiatan di air, di sarankan memilih sunscreen waterproof

4. Sesuaikan dengan jenis kulit

Saat memilih sunscreen, pastikan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan biarkan kulit Anda bermasalah karena salah menggunakan sunscreen.

Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik

Anda dapat menyesuaikan rekomendasi sunscreen terbaik dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ada juga berbagai jenis produk tabir surya terbaik, yaitu sebagai berikut.

1. Emina Sun Protection

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Harga Rp 26.000

Sunscreen Emina merupakan produk lokal yang banyak diminati karena terbukti efektif melindungi kulit dari sinar matahari dengan harga yang terjangkau. Tabir surya ini memiliki konsistensi yang agak kental, namun cepat menyerap dan tidak meninggalkan rasa berat di permukaan kulit.

Meski harganya sangat terjangkau, namun sangat cocok untuk digunakan sehari-hari karena mengandung SPF 30 PA+++.

2. Wardah Sunscreen Gel

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 29.000

Sunscreen Wardah juga menjadi salah satu produk topikal yang paling banyak digunakan karena mengandung SPF 30 yang efektif melindungi kulit dari sinar matahari.

Tekstur tabir surya ini cukup kental dan lengket sehingga cocok untuk jenis kulit kering. Tabir surya ini tidak disarankan untuk jenis kulit kombinasi, karena dapat membuat wajah Anda terasa berminyak.

3. Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 210.000

Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan, SPF 50+ PA++++ dan cocok untuk jenis kulit kombinasi hingga berminyak.

Selain itu, tabir surya ini bisa digunakan sebagai primer sebelum makeup.

4. Biore UV Aqua Rich

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 145.000

Biore UV Aqua Rich sangat dicari karena teksturnya yang cair dan sedikit berair, yang langsung terserap ke dalam kulit setelah aplikasi. Dengan tekstur tersebut, tabir surya ini sangat cocok untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak karena kandungannya tidak menyumbat pori-pori.

Ditambah lagi, sunscreen ini sudah mengandung SPF 50+ PA++++, yay.

5. Cetaphil UVA/UVB Defense

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 330.000

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, Cetaphil UVA/UVB Defense adalah jawaban yang tepat. Berkat kandungan gliserin, tabir surya ini memiliki efek ganda, melembabkan sekaligus melindungi kulit.

Sunscreen ini juga memiliki faktor SPF 50+ yang memberikan perlindungan yang baik pada kulit dari sinar matahari.

6. Beach Hut One Touch Sunblock

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 140.000

Apakah Anda ingin berlibur ke pantai tapi tidak ingin kulit Anda terbakar akibat terik matahari? Beach Hut adalah pilihan tepat untuk perlindungan matahari.

Tekstur sunscreen ini cukup kental, namun tidak terasa terlalu lengket di kulit. Dengan SPF 100++, kulit Anda dapat terlindungi lebih lama.

7. Nivea Sun Protect and Moisture

sumber dari bukalapak
sumber dari bukalapak

Harga Rp 90.000 – Rp 140.000

Sebagai salah satu merek perawatan terbesar, Nivea tidak meragukan keunggulan produknya. Tabir surya ini hadir dalam dua rasa yaitu SPF 30 dan SPF 50.

Keduanya memberikan perlindungan yang sama efektifnya terhadap sinar matahari. Namun, SPF yang lebih tinggi menawarkan perlindungan yang lebih baik.

8. Skin Aqua UV Moisture Milk

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Harga Rp 48.000

Skin Aqua memiliki beberapa variasi tabir surya yang dibedakan berdasarkan jenis kulit. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, Skin Aqua UV Moisture Gel adalah versi yang tepat.

Sedangkan untuk tipe kulit kerang , versi yang tepat adalah UV Moisture Milk. Tabir surya ini mengandung asam hialuronat, yang menghidrasi dan mencerahkan kulit.

9. Haple Daily Sunscreen SPF

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 120.000

Haple adalah brand perawatan kulit lokal yang juga membuat produk tabir surya. Tabir surya dari Haple ini memberikan hasil akhir yang halus tanpa menyumbat pori-pori.

Teksturnya juga sangat nyaman sehingga cocok juga untuk di pakai sehari-hari.

10. COSRX Aloe Soothing Sun Cream

sumber dari cosrx
sumber dari cosrx

Harga Rp 150.000

Skincare Korea terkenal dengan produk pelembab kulit yang bagus. COSRX Sunscreen dengan SPF 50+ PA+++ juga dapat melakukan tugas ganda, melindungi kulit dan menghidrasinya.

Sunscreen ini tidak hanya memberikan efek menenangkan pada kulit yang kemerahan akibat sinar matahari.

11. Skin Aqua Tone Up UV Essence

sumber dari lazada
sumber dari lazada

Harga Rp 56.000

Skin Aqua menawarkan beberapa pilihan perlindungan terhadap sinar matahari, salah satunya adalah Tone Up UV Essence yang hadir dengan faktor SPF50+.

Berkat kandungan hyaluronic oil dan collagennya, produk ini mampu melembutkan dan menjaga elastisitas kulit.

12. Bioderma Photoderm AKN Mat

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Harga Rp. 319.000

Sulit mencari tabir surya untuk kulit berjerawat dan berminyak? Jangan khawatir, tabir surya Bioderma ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Produk ini tidak hanya berfungsi sebagai tabir surya tetapi juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mencegah resiko kerusakan kulit.

13. Zoya Sunscreen Cream

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 55.000

Sunscreen Zoya di anggap sebagai salah satu rekomendasi lokal terbaik untuk tabir surya dengan harga murah. Meski murah, produk ini memiliki tekstur creamy yang mudah menyebar, tidak lengket, dan tidak berminyak.

14. Bless Sunscreen

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 68.000

Bless Sunscreen mengandung vitamin C dan E yang merupakan senyawa antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Ada dua versi yang bisa dipilih yaitu untuk jenis kulit kering dan untuk semua jenis kulit.

15. Joylab Aqua Sun-Day

sumber dari shopee
sumber dari shopee

Harga Rp 180.000

Joylab merupakan brand skin care lokal yang cukup terkenal di pasaran, salah satu produknya adalah sunscreen. Tabir surya Joylab memiliki tekstur yang ringan dan mudah di serap oleh kulit sehingga nyaman digunakan.

Selain itu, dengan kandungan aloe vera dan pomegranate, produk ini secara aktif melindungi kulit dan flek hitam dari paparan sinar matahari.

16. Azarine Hydrasoothe Sunscreen

sumber dari blibli
sumber dari blibli

Harga Rp 65.000

Jika Anda mencari tabir surya yang ringan dan tidak memutihkan, Azarine Hydrasoothe Sunscreen dengan 45 PA++++ patut di pertimbangkan.

Produk tabir surya Azarine banyak di minati karena terbukti nyaman.

17. Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum

sumber dari azarine
sumber dari azarine

Harga Rp 65.000

Butuh tabir surya yang memberikan perlindungan maksimal namun tetap nyaman di gunakan? Coba serum tabir surya Azarine Hydramax-C ini dengan 50 PA++++ SPF.

Tabir surya ini tidak hanya melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB, tetapi juga melindungi Anda dari sinar biru dan membuat kulit Anda bercahaya.

18. SKINTIFIC All Day Light Sunscreen Mist

sumber dari lazada
sumber dari lazada

Harga Rp 77.000

Saat Anda sering beraktivitas di luar ruangan, terkadang Anda merasa malas untuk mengaplikasikan kembali tabir surya, apalagi jika Anda menggunakan produk gel.

Jika ingin lebih praktis, SKINTIFIC All Day Light SPF 50 PA++++ sun spray cocok di gunakan.

Cara Menggunakan Sunscreen dengan Tepat

Agar fungsi sunscreen dapat di rasakan secara optimal pada kulit, simak cara penggunaan sunscreen berikut ini:

  • Kocok tabir surya dengan baik sebelum di gunakan. Hal ini dilakukan agar isi di dalamnya tercampur dengan baik dan tidak ada partikel yang menggumpal
  • Pastikan Anda menggunakan tabir surya yang cukup. Segenggam tabir surya biasanya cukup untuk menutupi seluruh tubuh. Anda membutuhkan 2 ruas jari sunscreen untuk wajah Anda
  • Gunakan pada semua area yang terpapar sinar matahari termasuk telinga, punggung, bahu, lutut, dan bagian atas kaki Anda.
  • Oleskan sunscreen dengan hati-hati dan merata.
  • Berhati-hatilah saat mengoleskan tabir surya di sekitar mata Anda.
  • Gunakan kembali tabir surya setiap dua jam.

 

Kesimpulan

Sinar matahari langsung tidak baik untuk kulit Anda karena dapat membakar kulit Anda, mempercepat proses penuaan dini dan menyebabkan bintik hitam. Jadi ingatlah untuk menggunakan sunscreen minimal 30 SPF setiap hari, terutama jika Anda banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Ingatlah untuk menggunakan tabir surya saat melakukan aktivitas di dalam ruangan dengan jendela yang membiarkan sinar matahari langsung masuk. Ingatlah untuk membeli tabir surya dengan harga yang tepat untuk kebutuhan Anda.