Cara Membersihkan Nikotin Ditubuh

Cara Membersihkan Nikotin Ditubuh — Menurut American Heart Association, nikotin bisa membuat ketagihan dan bisa bertahan selama bertahun-tahun. Inilah mengapa berhenti merokok adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Namun, berhenti merokok itu penting karena sel kanker cenderung berkembang biak di paru-paru perokok. Berikut beberapa cara menghilangkan nikotin di dalam tubuh:

Cara Membersihkan Nikotin Ditubuh

Cara Membersihkan Nikotin Ditubuh
Cara Membersihkan Nikotin Ditubuh

1. Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8–2 liter air per hari. Namun, nikotin bisa lebih cepat dihilangkan dari tubuh jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari.Berhati-hatilah jika mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan, karena dapat mengganggu keseimbangan mineral tubuh yang dapat memicu penyakit lain.

2. Olah raga secara teratur

Selain mempercepat metabolisme tubuh, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mengoptimalkan fungsi paru-paru bagi perokok. Pastikan Anda melakukan latihan pernapasan secara teratur karena dapat memperkuat fungsi paru-paru Anda.Latihan sebaiknya dilakukan minimal 30 menit per sesi dengan frekuensi hingga 5 kali dalam seminggu. Berolahraga secara teratur dan berhenti merokok adalah cara untuk membersihkan paru-paru Anda.

3. Makan buah

Tingkat keasaman dan vitamin buah-buahan seperti jeruk dan apel digunakan untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Jeruk mengandung cirptoxanthin, yang membantu mencegah kanker paru-paru. Buah yang kaya vitamin C juga menyimpan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas.Juga, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat selama beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan kue kering, buah-buahan, sayur mayur dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol, gula, dan kopi

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya selama beberapa hari selama periode pembersihan nikotin. Alkohol dapat memperlambat nikotin dari tubuh dan membuat Anda merokok kembali.

5. Konsumsi wortel secara Rutin

Nikotin yang masuk ke dalam tubuh justru bisa merusak kulit. Agar kulit Anda sehat, pastikan Anda rutin mengonsumsi jus wortel karena mengandung banyak vitamin A, K, C, dan B. Semua vitamin ini terbukti efektif menghilangkan nikotin dari tubuh.Jus wortel juga baik untuk kesehatan paru-paru, melindungi sistem pernapasan dari infeksi, dan dapat menurunkan risiko terjadinya emfisema. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar gamma-karoten, likopen, alfa-karoten, dan xantofil lutein pada wortel dapat menurunkan laju kanker paru-paru.

6. Jangan Lupa Konsumsi Brokoli

Brokoli membantu memulihkan vitamin C dan B5 dalam tubuh. Bahan kimia dalam brokoli yang disebut sulforaphane mampu memulihkan jalur kimiawi di paru-paru yang disebut NRF2, yang hilang saat Anda merokok.Selain itu, brokoli dipercaya mendukung proses metabolisme tubuh secara optimal. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli merupakan salah satu cara untuk menghilangkan nikotin di dalam tubuh.

7. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Nikotin didetoksifikasi di hati. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa hati berfungsi dengan baik. Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, pakcoy, dan kangkung bisa baik untuk hati.

8. Minum teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman kaya antioksidan. Jika Anda perokok aktif, biasakan minum secangkir teh hijau setiap malam. Teh jenis ini membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk nikotin.

9. Tingkatkan asupan makanan yang mengandung selenium

Selenium merupakan zat yang mampu merangsang pertumbuhan enzim dan vitamin E, sehingga fungsi paru-paru dapat optimal. Selenium ditemukan dalam ayam, keju, telur, salmon, oat, dan jamur.

10. Konsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung zat yang disebut Alisin, yang bertindak sebagai antibiotik. Dengan mengonsumsi bawang putih, paru-paru Anda bisa terhindar dari berbagai infeksi. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Provinsi Jiangsu di Cina bahwa bawang putih efektif membersihkan paru-paru.