Makanan yang Disarankan Sebelum Berolahraga

Liputanberitaku.com – Olahraga memang menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan. Namun, apa yang kita makan sebelum berolahraga juga menentukan performa kita selama berolahraga, yang tentunya juga akan mempengaruhi manfaat olahraga yang akan kita dapatkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga dapat meningkatkan fungsi tubuh, memungkinkan Anda berolahraga untuk jangka waktu yang lebih lama dengan intensitas yang lebih lama.

Oleh karena itu, bagi kebanyakan orang, makan sebelum berolahraga membantu mereka mempersiapkan diri untuk sukses.

Setiap kali Anda mencoba makanan atau minuman baru sebelum berolahraga, Anda berisiko membuat tubuh Anda bereaksi negatif, yang dapat menyebabkan sakit perut, perut kembung, mulas, atau sejenisnya.

Cara terbaik untuk mengatur makanan ringan atau makanan sebelum berolahraga adalah menyesuaikannya dengan waktu olahraga kita. Caranya adalah sebagai berikut:

Olahraga pagi

Jika Anda berolahraga di pagi hari, jika Anda tidak merasa lapar, Anda tidak perlu makan apa pun. Namun, beberapa orang berpikir bahwa makan di pagi hari dapat meningkatkan gula darah dan membantu meningkatkan kinerja atletik.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui seberapa baik tubuh Anda. Bagi sebagian orang, tidak makan apa pun sebelum melakukan latihan aerobik di pagi hari dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

Di sisi lain, banyak juga yang mrasa makan sebelum olahraga pagi dapat meningkatkan peforma olahraga yang berat.

Jika Anda ingin berolahraga di pagi hari dan mmebutuhkan sesuatu untuk dimakan, berikut menu makanan yang bisa dikonsumsi:

  • Pisang
  • Roti panggang
  • sereal kering
  • Segelas jus jeruk

Jika Anda berniat olahraga di pagi hari dengan durasi waktu lebih dari satu jam, sarapan adalah cara terbaik untuk meningkatkan peforma Anda.

Olahraga siang atau malam hari

Pastikan Anda mengonsumsi makanan 3 hingga 4 jam sebelum makan siang atau olahraga malam. Anda juga bisa mengonsumsi makanan ringan 30 hingga 60 menit sebelum olahraga.

Makanan yang Anda konsumsi harus mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Pastikan juga untuk menjaga asupan lemak dan serat tetap rendah.

Makanan yang harus dihindari sebelum olahraga

Ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari sebelum berolahraga. Sebab, makanan tersebut bisa membuat Anda merasa kembung dan tidak bersemangat untuk berolahraga.

Berikut jenis makanan tersebut:

  • alkohol
  • makanan berminyak
  • makanan mengandung banyak kafein
  • pasta soda atau minuman berkarbonasi
  • makanan tinggi lemak
  • makanan kaya gula susu bagi.
  • Anda yang tidak toleran terhadan laktosa terlalu banyak serat.

 

 

 

 

 

 

Artikel asli