Cara Beriklan di Instagram Ads

Cara Beriklan di Instagram Ads — Jika audiens target Anda banyak menggunakan Instagram, tentu saja iklan Instagram Ads adalah suatu keharusan. Sebagai pemilik bisnis, tugas Anda adalah menjangkau calon pelanggan di tempat-tempat yang sering mereka jangkau secara online. Instagram salah satunya.

Mengapa Harus Beriklan di Instagram Ads?

Pengguna Instagram Indonesia adalah terbesar keempat di dunia. Pada November 2018, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 60 juta. Sebagian besar pengguna berada dalam kelompok usia 18-34 tahun, dan 50,5% pengguna Instagram didominasi oleh pria. Tech In Asia juga melaporkan bahwa 45% pengguna Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Sangat berguna untuk perkembangan bisnis Anda jika Anda tahu cara menggunakan iklan Instagram.

Cara Beriklan di Instagram Ads
Cara Beriklan di Instagram Ads

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah platform periklanan media sosial Instagram. Melalui platform ini, Anda dapat membuat iklan di feed Instagram dan cerita Instagram Anda. Jika Anda tahu cara membuat iklan di iklan Facebook, tidak akan sulit untuk membuat iklan di Instagram. Sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012, kedua platform periklanan tersebut telah bergabung di bawah Pengelola Iklan Facebook. Jadi langkah membuat iklan Instagram hampir sama dengan membuat iklan Facebook.

Sama seperti persyaratan untuk membuat iklan Facebook, Anda harus memiliki halaman Facebook sebelum dapat membuat iklan Instagram. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat iklan Instagram:

Cara Membuat Instagram Ads

Kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat iklan Instagram untuk mempromosikan produk Anda. Namun, sebelum itu, pastikan untuk menggunakan Instagram Bisnis untuk menyederhanakan proses manajemen iklan.

1. Buka Facebook Ads Manager

Buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Pastikan Anda masuk ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk halaman Facebook Anda.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook menawarkan dua cara untuk membuat iklan, yaitu ad wizard dan quick ad creation. Saya sarankan memilih Pembuatan Iklan Terkelola untuk membuat iklan Anda lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Kemudian tentukan tujuan periklanan yang ingin Anda capai. Pengelola Iklan Facebook menawarkan sasaran iklan dalam tiga kategori berbeda: Kesadaran, Perhatian, dan Konversi.

  • Kesadaran (Awareness)

Kesadaran Merek: Tingkatkan kesadaran merek Anda dan jangkau mereka yang paling tertarik

Jangkauan: Tampilkan iklan Anda kepada orang sebanyak mungkin sesuai anggaran Anda

  • Pertimbangan (Consideration)

Lalu Lintas / Tingkatkan: Tingkatkan jumlah kunjungan ke situs Anda atau bawa lebih banyak pengguna ke aplikasi Anda.

Keterlibatan: Opsi ini sempurna jika Anda ingin keterlibatan dalam posting, suka di halaman, umpan balik pada acara yang Anda selenggarakan, atau promosi pada produk Anda.

Instalasi Aplikasi: Iklan ini berguna bagi mereka yang ingin orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.

Penayangan video: Jika Anda membuat konten video, Anda harus memilih opsi ini untuk melihat lebih banyak video yang telah Anda buat.

Hasilkan Prospek: Jika Anda ingin mengumpulkan data dari orang-orang yang tertarik dengan produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email

Pesan: Undang audiens Anda untuk mengirim pesan ke perusahaan Anda di Messenger atau WhatsApp

  • Konversi (Conversion)

Konversi: Bagi mereka yang ingin meningkatkan jumlah pelanggan dengan membeli produk di situs Anda.

Penjualan Katalog Produk: Menampilkan iklan tentang produk di katalog Anda untuk tujuan tertentu.

Kunjungan Toko: Jika Anda memiliki toko offline atau fisik, pilih bagian ini untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi toko Anda

4. Klik Tujuan Iklan Anda

Pertimbangkan sasaran iklan mana yang paling cocok untuk Anda. Dalam tutorial ini, saya memilih lalu lintas / tujuan lalu lintas.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook menawarkan dua jenis opsi periklanan, yaitu pengujian terpisah dan pengoptimalan anggaran. Anda harus memilih salah satu. Kedua jenis iklan tersebut tidak dapat digunakan bersama-sama. Pada jenis iklan Split Test, Anda perlu membuat dua iklan dengan konten serupa, yaitu A dan B. Target audiens Anda akan dibagi menjadi dua bagian dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan cara ini, Anda dapat melihat konten iklan mana yang mendorong lalu lintas paling banyak.

Sayangnya, biaya jenis iklan uji terpisah dua kali lipat dari jenis pengoptimalan anggaran. Saya memilih jenis iklan kedua dalam tutorial ini karena lebih untuk pemula.

Anda juga perlu menyiapkan anggaran iklan di langkah ini. Anda bebas mengatur anggaran iklan Anda untuk iklan Facebook. Ini memegang anggaran 1 juta rupee dalam tutorial ini.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Masukkan nama iklan Anda untuk melihat bagaimana kinerja iklan Anda di Instagram Ads. Kemudian pilih tujuan lalu lintas yang ingin Anda arahkan. Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. Dalam tutorial ini, saya akan memilih lalu lintas situs.

7. Tampilkan Promo

Jika Anda menjalankan promosi di bisnis Anda, pilih opsi promosi untuk melihat promosi.

8. Tentukan Target Audience

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, Anda dapat menentukan spesifikasi audiens target Anda berdasarkan faktor-faktor berikut:

Audiens individu: Jangkau orang-orang yang terhubung dengan Anda secara online dan offline. Anda dapat menargetkan iklan Anda kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda, berinteraksi dengan konten halaman Facebook Anda, atau kepada orang-orang yang mengundang Anda.

Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi tujuan. Masukkan satu atau beberapa negara, negara bagian/teritori, kota, kode pos, alamat, atau area pasar yang ditentukan ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang-orang di lokasi tersebut. Penargetan geografis belum tersedia di semua negara.

Usia: Jika produk yang ingin Anda iklankan berdasarkan kelompok usia tertentu, Anda dapat memilih target usia, seperti 18-35 tahun. Silahkan sesuaikan dengan produk yang ingin diiklankan.

Jenis kelamin: Anda dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan berdasarkan jenis kelamin, jika produk hanya untuk wanita Anda dapat memilih opsi untuk wanita saja atau sebaliknya. Juga, keduanya opsional.

Bahasa: Jika Anda telah memilih lokasi dalam bahasa yang sama, biarkan kosong kecuali audiens target Anda menggunakan bahasa yang tidak sering digunakan di lokasi yang dipilih.

Penargetan lanjutan: Bagian ini memberikan penargetan iklan yang lebih detail, seperti lokasi, minat, perilaku, dan kategori lainnya. Pilih yang sesuai dengan produk yang diiklankan

Kontak: Opsi ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi, atau acara Anda. Agar iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang sangat tertarik dengan produk Anda. Ini mempersempit jangkauan Anda untuk hanya menyertakan orang-orang yang terkait dengan Anda dan relevan dengan kategori penargetan lain yang telah Anda pilih.

9. Tentukan Penempatan

Jika Anda memilih penentuan posisi otomatis, iklan Anda akan muncul di Facebook, Instagram, dan aplikasi apa pun yang bekerja dengan Facebook. Untuk memposting iklan hanya di Instagram, pilih Edit penempatan dan pilih Instagram saja.

10. Pilih Jadwal

Putuskan berapa lama iklan Anda harus berjalan. Dalam tutorial ini, saya telah memutuskan untuk menjadwalkan iklan saya selama satu bulan.

11. Hubungkan dengan Akun Instagram

Yang perlu Anda lakukan dalam langkah ini adalah menambahkan akun Instagram yang ingin Anda tautkan ke halaman Facebook Anda. Kami mendorong Anda untuk menambahkan akun Instagram terpisah untuk mempromosikan bisnis Anda. Klik tombol Tambah Akun dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

11. Pilih Format Iklan

Anda dapat memilih dari lima format iklan, termasuk:

Korsel: Iklan yang ditayangkan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digulir.

One Image: Tayangan iklan dengan 1 gambar.

Video tunggal: beriklan dengan video.

Presentasi: Iklan dengan hingga 10 gambar atau video

Koleksi: Iklan dapat berupa kombinasi gambar dan video.

Dalam tutorial ini kami telah memilih format Carousel dengan gambar yang dapat digulir.

12. Buat Teks

Di bagian ini, jelaskan deskripsi iklan Anda. Buat deskripsi yang menarik dan ringkas agar audiens Anda dapat langsung memahami tujuan iklan Instagram Anda.

13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi cantuman Anda. Setiap format iklan FB membutuhkan ukuran gambar yang berbeda. Anda dapat melihat ukuran gambar untuk setiap format iklan di akhir artikel ini.

Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian audiens target Anda. Masukkan juga link atau link target.

14. Lakukan Pembayaran

Anda dapat membayar dengan kartu kredit atau kartu debit. Setelah pembayaran, Facebook akan meninjau iklan Anda dan segera menampilkannya jika memenuhi semua kriteria yang berlaku.

Kesimpulan

Menguasai periklanan Instagram telah menjadi kewajiban bagi sebagian besar pemilik bisnis berkat pengguna media sosial yang aktif. Banyaknya influencer dan publik figur yang aktif menggunakan Instagram membuat media sosial ini semakin ramai.

Sebagai seorang pengusaha, Anda tentu tidak bisa mengabaikan keramaian. Instagram adalah ladang profit, terutama bagi pengusaha berusia antara 18 dan 34 tahun.