Cara Iklan di Twitter dengan Mudah untuk Pemula

Cara Iklan di Twitter dengan Mudah — Perusahaan atau pebisnis dapat memutuskan iklan mana yang muncul di media yang berbeda. Pemasaran dengan strategi yang tepat akan berdampak pada peningkatan reputasi brand bisnis, sehingga tersedia banyak media yang dapat digunakan pemasar produk untuk mempromosikan produk branded. Media yang umum digunakan adalah media cetak, media elektronik, media digital dan masih banyak lainnya, namun saat ini periklanan melalui platform digital sangat populer.

Memasarkan suatu produk, baik itu jasa maupun barang, dapat dilakukan oleh para pemasar melalui platform digital atau bisa kita sebut dengan media internet. Ada banyak jenis media internet yang bisa digunakan seperti media sosial, website, marketplace, dll. dan masing-masing media tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi pemasar produk yang ingin menjangkau calon konsumen secara luas dan sederhana, penggunaan platform media sosial sangat dianjurkan, karena pengguna sering menggunakan media sosial tidak hanya untuk menunjukkan eksistensinya, tetapi juga untuk menemukan setiap jenis informasi.

Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produk, salah satunya platform yang bisa digunakan adalah Twitter. Twitter dapat digunakan sebagai platform untuk memamerkan produk, karena ratusan juta tweet ditulis setiap hari, dan perubahan dalam algoritme Twitter adalah alasan bagus untuk mulai beriklan di Twitter. Lalu bagaimana cara membuat iklan di Twitter? Berikut cara mudah dan cepat membuat iklan Twitter untuk pemula.

Mengenal Apa Itu Twitter Ads

Siapa yang tidak mengenal platform media sosial Twitter? Twitter merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, selain Facebook, Instagram, TikTok dan lain-lain. Twitter sering digunakan oleh pengguna untuk men-tweet opini, pandangan, perasaan, dll., dan pada platform ini, pengguna dapat memposting teks atau mikroblog. Di Indonesia, Twitter menjadi salah satu media sosial favorit karena begitu banyak tren viral yang menghiasi dunia media sosial Indonesia.

Selain itu, banyak tokoh masyarakat di Indonesia yang menggunakan Twitter, banyak tokoh masyarakat yang aktif di Twitter, seperti Pandji Pragiwaksono, Rintik Sedu dan Fiersa Besari. Pengguna Twitter di Indonesia juga besar, mencapai 166 juta orang, yang menarik untuk dipahami bahwa ini adalah tempat yang bagus untuk pebisnis dengan jumlah orang yang banyak. Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk mengiklankan produk mereka, dan Twitter memahami hal ini, sehingga layanan Iklan Twitter ditampilkan.

Iklan Twitter adalah layanan yang disediakan oleh Twitter untuk pemasar produk yang ingin menampilkan promosi mereka menggunakan audio Twitter. Menggunakan Twitter sebagai situs periklanan sangat dianjurkan bagi para pebisnis. Dengan jumlah pengguna Twitter yang banyak, bukan tidak mungkin para pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan melakukan kampanye iklan Twitter.

Macam dan Jenis Promosi di Twitter Ads

cara iklan di twitter
cara iklan di twitter

Pemasar atau calon pengguna iklan Twitter perlu mengetahui jenis iklan apa yang dapat muncul di Twitter. Ada banyak promosi yang dapat membantu bisnis mencapai sasaran pencitraan merek mereka di Iklan Twitter. Selain itu, membantu strategi pemasaran produk para pelaku bisnis dan perusahaan dengan berbagai jenis yang tersedia. Jenis-jenis promosi produk di iklan Twitter adalah: Sponsored Tweets, Sponsored Accounts, Sponsored Trends, dan di bawah ini adalah jenis dan jenis promosi yang muncul di Twitter.

Pada tahun 2020, Twitter memperbarui jenis iklan Sponsored Trends agar lebih baik. Sebuah trending topik di Twitter adalah daftar lalu lintas tinggi Twitter. Ini adalah kumpulan topik dan tagar paling populer yang digunakan pada saat itu, sehingga pengguna Twitter dapat berinteraksi dengan Tren Promosi dengan cara yang sama seperti mereka berinteraksi dengan topik yang sedang tren.

Perbedaannya adalah ada tempat di mana iklan merek ditampilkan sebagai “Dipromosikan” kepada pengguna yang ditargetkan. Tren yang Dipromosikan juga akan muncul sebagai salah satu tempat pertama di bagian “Tren untuk Anda”, baik di tab Temukan maupun di Linimasa. Saat pengguna mengeklik Tren Bersponsor, mereka akan melihat hasil pencarian untuk topik tersebut, dengan Tweet yang dipromosikan oleh merek Anda di atasnya.

Akun sponsor adalah jenis promosi dalam Iklan Twitter yang dapat melihat profil lengkap akun bisnis yang diiklankan. Ini sedikit berbeda dengan Tweet Sponsor, yang akan kita bahas di bagian selanjutnya. Akun sponsor menunjukkan profil lengkap dari merek yang ingin Anda promosikan. Akun unggulan muncul di garis waktu calon pengikut. Iklan akan muncul di Yang Disarankan untuk Diikuti dan di hasil pencarian, dan selain ditandai sebagai “Favorit”, promosi ini juga menyertakan tombol Ikuti.

Tweet unggulan mirip dengan tweet biasa. Tidak ada perbedaan dari luar. Seperti tweet biasa, mereka dapat diundang, di-retweet, dan dikomentari. Perbedaan antara tweet biasa dan tweet unggulan adalah berapa banyak orang yang dapat melihat tweet tersebut. Anda dapat menggunakan Tweet Sponsor untuk menjangkau audiens penjualan yang ditargetkan yang ditentukan oleh pebisnis. Tweet yang dipromosikan juga diberi label “Dipromosikan”. Tweet unggulan dapat menampilkan video hingga 60 detik.

Cara Iklan di Twitter dengan Mudah

Di bawah ini kami jelaskan cara membuat iklan di Twitter Ads yang relatif mudah bagi pemula untuk menggunakan Twitter Ads. Tampilan di website Twitter Ads juga bisa ramah untuk pengguna biasa dan sederhana. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat Iklan Twitter adalah akun Ttwitter, konten iklan, dan lainnya. Berikut cara membuat iklan di Iklan Twitter.

  • Masuk Ke Dalam Twitter Ads Manager

Bagi yang baru mengenal Twitter atau baru pertama kali menggunakan Twitter, Anda harus membuat akun Twitter terlebih dahulu. Membuat akun Anda cepat dan mudah. Setelah akun Anda siap, ketik iklan (dot) twitter (dpt) com ke dalam kotak pencarian browser Anda. Saat memasuki domain, halaman Pengelola Iklan Twitter muncul, di mana Anda dapat mengatur negara dan waktu area yang diduduki.

  • Memilih Objektivitas Kampanye Iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan iklan dari kampanye iklan yang muncul di Twitter. Ada beberapa target iklan yang dapat dipilih jika Anda menentukan target iklan mana yang akan dipilih berdasarkan apa yang ingin Anda capai dengan iklan Anda. Sasaran kampanye yang Anda pilih menentukan jenis keterlibatan dan bisnis yang akan Anda bayar. Pemula pasti akan bingung memilih penargetan iklan mana, jadi kami sarankan untuk mengklik Pelajari Lebih Lanjut untuk memahami apa itu iklan bertarget.

  • Atur Nama dan Biaya Iklan

Selanjutnya adalah bagian tempat penulisan nama grup iklan Twitter. Selain itu, bagian ini juga menentukan anggaran yang akan dialokasikan untuk iklan yang ditampilkan. Kabar baiknya adalah bahwa biaya yang terkait dengan iklan dibebaskan untuk pengguna, sehingga tidak ada batasan minimum pada biaya yang dikeluarkan dan jumlah anggaran segera ditampilkan di halaman ini.

Konfigurasi berikut dapat ditemukan di halaman Pengaturan Grup Iklan. Dalam kampanye iklan Twitter pertama, pengiklan dapat tetap berpegang pada grup iklan. Setelah pengiklan merasa nyaman menggunakan Iklan Twitter, bagi kampanye Anda ke dalam kategori untuk menargetkan audiens yang berbeda, gunakan materi iklan yang berbeda, atau uji anggaran dan jadwal yang berbeda. Beri nama grup dan pilih waktu mulai dan berakhir.

  • Melakukan Targeting Audien

Menentukan audiens target Anda sangat penting untuk setiap aktivitas pemasaran, karena keberhasilan atau kegagalan sebuah iklan ditentukan oleh menjangkau pelanggan. Anda perlu melakukan riset menyeluruh sebelum menentukan segmentasi prospek Anda, seperti prospek mana yang akan tertarik dengan iklan yang Anda tawarkan. Setelan penargetan membantu pengiklan memilih audiens yang tepat untuk iklan mereka dan memaksimalkan anggaran mereka sehingga pengiklan dapat memulai dengan penargetan demografis. Tentukan audiens Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa, dan teknologi.

  • Tentukan Placement dan Selesai

Langkah terakhir adalah menentukan penempatan atau tempat dimana iklan akan muncul. Pengiklan dapat memilih berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka dan dapat memilih dari semua konfigurasi di atas untuk memeriksa ulang atau meninjau setelah selesai. Jika tidak ada yang ditambahkan, iklan Anda selesai dan siap ditayangkan.

Kesimpulan Cara Iklan di Twitter dengan Mudah 

Iklan Twitter adalah layanan media sosial Twitter yang dapat digunakan untuk menjual, menampilkan, dan memasarkan produk. Mempertimbangkan popularitas Twitter dan jumlah pengguna yang besar, iklan Twitter dapat dimasukkan ke dalam salah satu strategi pemasaran digital Anda, yang merupakan alasan bagus bagi pemasar untuk mempromosikan produk mereka di Twitter.

Juga sangat disarankan bagi para pebisnis pemula untuk mencoba platform ini. Cara membuat iklan Twitter tidak terlalu sulit, memang relatif sederhana, dan Twitter juga memiliki help desk untuk membantu pengiklan memaksimalkan fungsi Twitter Ads Manager. Demikian artikel tentang cara memasang iklan di twitter dengan cepat dan mudah untuk pemula.