Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Cepat & Mudah

Cara Cek Tipe HP Samsung — Di era digital saat ini, varian smartphone setiap tahunnya selalu ada, terutama smartphone dengan sistem operasi Android. Melihat pesatnya perkembangan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, sebagian orang menjadi bingung dengan jenis smartphone yang mereka gunakan, atau mungkin milik orang lain.

Padahal, ketika ditanya tentang jenis smartphone, kebanyakan orang menjawab nama merek atau mengingat bentuk logo di bagian belakang casing smartphone. Sebenarnya tidak ada yang melarang jawaban seperti itu, namun dalam beberapa kasus mengetahui jenis laptop sangatlah penting.

Misalnya, jika Anda mengetahui jenis ponsel, Anda dapat membandingkannya dengan smartphone dengan merek yang sama tetapi jenisnya berbeda. Tidak hanya itu, jika suatu saat kita ingin menjual sebuah smartphone, kita mutlak harus mengetahui jenis dan spesifikasi dari smartphone yang ingin kita jual.

Mengetahui jenis smartphone, Anda dapat mengukur kinerja, melihat berbagai perangkat keras yang terpasang dan berbagai fitur dari smartphone. Atau Anda hanya ingin lebih mengenal smartphone bekas Anda.

Cara Cek Tipe HP Samsung
Cara Cek Tipe HP Samsung

Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengecek jenis smartphone yang mereka pegang. Bahkan jika Anda tidak membutuhkan bantuan orang lain karena jenis laptopnya, tidak memakan waktu lama dan bisa dikatakan sangat sederhana, terutama jika Anda menggunakan smartphone Samsung.

Untuk melihat jenis metode pembelian Samsung, smartphone bisa dilakukan dengan cepat dan mandiri. Lalu bagaimana langkah untuk melihat tipe smartphone Samsung? Dengan bantuan kami, Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, secara alami dengan cara yang mudah diikuti dan dipahami. Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

 

1. Melihat Tipe Samsung dari Kardusnya

Setidaknya ada dua tipe orang di dunia ini, mereka yang membuang casing ponselnya setelah membeli dan mereka yang menyimpan casing ponselnya setelah membeli. Untungnya bagi yang masih memiliki booth handphone akan lebih mudah untuk melihat smartphone jenis apa yang Anda miliki. Biarkan ini menjadi jalannya.

  • Temukan kotak ponsel cerdas Anda yang tersimpan (mode belanja Samsung).
  • Jadi perhatikan semua sisi kotaknya, mulai dari tulisan hingga stikernya, karena di situlah biasanya pengecer ponsel mencantumkan jenis ponselnya.
  • Misalnya seperti yang tertera pada kemasan Samsung berikut ini.
  • Jika tulisan atau stiker pada karton memudar, Anda dapat mengetahui tipe Samsung apa yang Anda miliki di manual atau kartu garansi.
  • Bisa dibilang cara ini sangat sederhana, jadi ada baiknya menjaga kemasan Samsung.

2. Mengecek Tipe Samsung dari Menu Pengaturan

Jika Anda jauh dari rumah dan tidak dapat menjangkau casing ponsel cerdas Anda, Anda dapat menggunakan metode ini untuk melihat atau memeriksa tipe Samsung yang Anda gunakan. Metodenya tidak memakan banyak waktu dan sederhana.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka menu setting atau menu setting yang berlogo roda gigi.
  • Setelah Anda menemukan ikon menu pengaturan atau pengaturan, klik untuk membuka menu.
  • Kemudian temukan menu di perangkat atau ponsel Anda, biasanya di bagian bawah. Jika Anda tidak dapat menemukan menu, gunakan kotak pencarian di atas menu pengaturan, lalu ketik Tentang perangkat atau Tentang ponsel.
  • Kemudian akan ditampilkan informasi software atau software tersebut, mulai dari status, informasi legal, nama perangkat, nomor model, informasi software dan informasi baterai.

Di menu Status Anda dapat melihat informasi tentang IMEI, alamat IP, alamat Bluetooth, nomor seri dan status perangkat, resmi atau tidak.

Di menu informasi perangkat lunak, Anda dapat melihat versi Android Anda, versi baseband, versi kernel, nomor versi, SE untuk Android dan versi Knox.

Pada tutorial kali ini, Carinyal menggunakan smartphone Samsung Galaxy J2 Prima dengan nomor model SM-G532G/DS yang menjalankan Android 6.0.1 atau Marshmallow.

  • Setelah Anda memiliki nomor model, Anda dapat mencari di browser dengan kode / nomor model untuk mengetahui jenis ponsel Samsung yang Anda miliki.

Tidak hanya di menu setting atau di Setting saja, Anda bisa menemukan informasi tentang baterai, seperti ukuran atau kapasitas baterai, level baterai dan status baterai ponsel Samsung Anda.

3. Mengetahui Tipe Samsung via Kode Rahasia

Kamu tahu? Bahwa setiap smartphone besutan Samsung shoppingmode memiliki kode rahasia yang dapat mengakses berbagai fitur dan fungsi yang tersembunyi di dalamnya. Misalnya, Anda dapat mengetahui jenis Samsung apa yang Anda gunakan.

Anda dapat mengakses kode rahasia Samsung dengan nyaman dan mudah dari menu panggilan atau menu Telepon di Samsung Anda. Ikuti metode di bawah ini untuk melihat tipe Samsung Anda berdasarkan kode rahasia.

  • Untuk menentukan tipe Samsung dengan kode rahasia, langkah awal adalah masuk ke menu panggilan atau menu Telepon yang biasanya ikon menu panggilan di kiri bawah layar.
  • Kemudian masukkan kode *#1234# dan klik tombol panggil. Anda tidak perlu khawatir pulsa Anda terblokir karena layanan ini gratis.
  • Kemudian akan muncul menu Version secara otomatis yang meliputi AP (Application Processor), CP (Core Processor) dan CSC (Customer Software Customization).

Portal Stack Exchange menjelaskan bahwa Kustomisasi Perangkat Lunak Pelanggan (CSC) adalah nomor tertentu untuk wilayah geografis dan operator yang mencakup paket perangkat lunak khusus wilayah, merek operator, dan pengaturan APN.

Sedangkan AP (Application Processor atau PDA) adalah sistem operasi yang digunakan, yaitu Android. Kemudian CP (Core Processor) dapat dipanggil dengan nomor modem.

  • Setelah mengetahui kode model Samsung, buka mesin pencari atau browser.
  • Buka Google dan masukkan kode model Samsung yang Anda terima. Ini dia! Anda akan melihat tipe Samsung.

4. Lewat Aplikasi CPU-Z untuk Cek Tipe Samsung

Menurut portal resmi, CPU-Z adalah utilitas gratis yang dapat mendeteksi dan menampilkan semua data tentang perangkat keras dan prosesor komputer Anda (Microsoft Windows dan Android). Kemampuannya dapat mendeteksi CPU, RAM, chipset motherboard dan fitur perangkat keras lainnya.

Aplikasi CPU-Z dapat diinstal pada smartphone Android seperti Samsung, sehingga Anda dapat melihat jenis Samsung apa yang Anda gunakan. Langkah selanjutnya untuk melihat tipe Samsung Anda dengan aplikasi CPU-Z

  • Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi CPU-Z dari Play Store. Jika belum, unduh terlebih dahulu. Ukuran aplikasi sangat kecil, maksimal 5 Mb.
  • Setelah mengunduh, Anda dapat menonaktifkan Data Seluler karena aplikasi dapat digunakan secara offline atau tidak terhubung ke internet.
  • Buka aplikasi dan Anda akan melihat informasi lengkap tentang telepon. Anda tidak perlu memasukkan informasi apa pun, jadi cukup klik pada aplikasi.
  • Pada halaman aplikasi terdapat beberapa menu, seperti SOC, Device, System, Battery, Thermal, Sensor dan Information. Setiap menu memiliki informasi dan deskripsi yang berbeda.

Kesimpulan Cara Cek Tipe HP SamsungĀ 

Itu tadi beberapa cara untuk mengecek jenis cara pembelian Samsung, sangat mudah bukan? Yang lain bisa verifikasi tipe smartphone, khususnya Samsung, bisa komentar di kolom di bawah ini, OK! Tonton terus Dear Signal untuk update, tips dan trik di dunia smartphone, komputer!