Cara Reset HP Samsung untuk Semua Tipe

Cara Reset HP Samsung untuk Semua Tipe — Salah satu merk HP yang terkenal dan sangat mendunia adalah merk Samsung. Merek ini menawarkan berbagai ponsel berkualitas tinggi dengan teknologi canggih dan fitur yang sangat menarik. Tidak bisa dipungkiri, Samsung memang sudah terkenal dengan kecanggihannya, namun seperti ponsel lainnya, tentunya Samsung ini juga memiliki beberapa kekurangan. Saat menggunakan ponsel Samsung Galaxy, Note, atau Tab, perangkat mungkin mengalami berbagai masalah seperti aplikasi keluar tiba-tiba, membeku, mengeluarkan suara aneh atau tidak ada suara, tidak menyinkronkan dengan perangkat lain, tidak dapat menerima atau membuat. panggilan atau memperlambat saat digunakan. Tidak perlu khawatir, di sini kami punya solusi untuk masalah yang Anda alami. Dari mengatur ulang ponsel Samsung hingga memulai ulang ponsel Samsung agar ponsel dapat digunakan kembali.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Cara Reset HP Samsung untuk Semua Tipe
Cara Reset HP Samsung untuk Semua Tipe

Sebelum mempelajari cara mereset ponsel Samsung tanpa menghapus data atau menggunakan kode pemulihan ponsel Samsung, Anda perlu mengetahui manfaat menyetel ulang ponsel Samsung. Reset atau reset pabrik adalah proses mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan pabrik aslinya. Di satu sisi, semua aplikasi dihapus, bersama dengan file aplikasi pabrik, pengaturan, dan pembaruan.

Proses ini terkadang disebut format atau “hard reset”. Reset pabrik adalah salah satu metode pemecahan masalah terbaru yang efektif untuk HP. Berikut adalah cara reset semua jenis ponsel Samsung.

1. Cara Reset HP Samsung Melalui Recovery Mode

Berikut ini adalah cara paling efektif untuk mereset ponsel Samsung Anda. Biasanya cara ini dilakukan ketika ponsel Samsung seperti Bootloop tidak bisa diakses. Menu Recovery Mode hanya bisa diakses saat HP Samsung dimatikan.

Berikut cara masuk recovery mode untuk restore factory setting di hp samsung :

  • Pertama, pastikan baterai HP mencukupi, minimal 70%. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Kemudian matikan ponsel atau tablet Android Anda.
  • Selanjutnya Tekan dan tahan tombol Volume Naik + HOME + Daya secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Gunakan tombol Volume Naik untuk memilih menu “Factory Reset / Wipe Data”.
  • Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
  • Kemudian tunggu beberapa menit hingga proses selesai.
  • Kemudian pilih Reboot sistem sekarang lagi.

2. Cara Reset HP Samsung Melalui Menu Setting

Cara reset hp samsung selanjutnya adalah melalui menu setting atau pengaturan. Berikut cara reset hp samsung di android oreo ke atas.

  • Buka pengaturan. Pada layar Pengaturan, gulir ke atas dalam daftar kategori (jika perlu) hingga Anda melihat menu Manajemen Umum.
  • Ketuk menu Manajemen Umum atau Manajemen Umum.
  • Pada layar Manajemen Umum, ketuk Atur Ulang.
  • Pada layar Reset, ketuk Reset data pabrik.
  • Pada layar reset data pabrik, ketuk Reset atau Reset perangkat.
  • Setelah satu atau dua menit, layar pemulihan Android akan muncul. Tekan tombol Volume Turun hingga Anda memilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Tekan tombol daya.
  • Pada layar peringatan, tekan tombol Volume Turun hingga Ya disorot.
  • Tekan tombol daya.
  • Setelah beberapa detik, layar pemulihan Android akan muncul lagi dengan memilih Reboot system now. Tekan tombol daya untuk memulai ulang sistem.

Jika Anda memiliki perangkat Samsung yang menjalankan Android 6.0 (Marshmallow) atau versi lebih lama, Anda dapat melakukan reset data pabrik sebagai berikut:

  1. Pilih menu setting (pengaturan).
  2. Pada layar Pengaturan, ketuk Cadangkan & setel ulang.
  3. Pada layar Cadangkan & Setel Ulang, ketuk Reset data pabrik.
  4. Pada layar Reset data pabrik, ketuk (Reset perangkat).
  5. Ketuk Hapus semuanya.
  6. Setelah menyetel ulang perangkat, layar selamat datang akan muncul dan Anda dapat mengonfigurasi perangkat.

3. Cara Reset HP Samsung Melalui Kode Reset HP Samsung

Selain menu pengaturan, Anda juga dapat mengatur ulang ponsel Samsung menggunakan kode khusus. Anda harus memasukkan kode pemulihan HP Samsung ini di menu telepon. Setiap merk HP memiliki kode rahasia yang berbeda-beda. Demikian pula, Samsung memiliki kode rahasia untuk mengatur ulang ponsel Anda.

  • Untuk mereset ponsel Samsung dengan kode pemulihan HP Samsung:
  • Akses menu Dial, misalnya saat ingin melakukan panggilan.
  • Masukkan *2767*3855# dan klik tombol panggil.
  • Setelah memasukkannya, Anda akan secara otomatis dibawa ke menu pengaturan pabrik.
  • Ponsel kemudian akan secara otomatis diatur ulang ke pengaturan pabrik.

Manfaat Reset HP Samsung

Dibandingkan dengan kekurangannya, reset HP Samsung memiliki beberapa keunggulan penting. Di bawah ini adalah daftar manfaat yang dapat dicapai dengan mengatur ulang ponsel Samsung.

1. Berguna untuk Menghapus Virus dan Malware

Keunggulan HP Samsung pertama ini adalah dapat membersihkan berbagai virus dan malware di HP Samsung tanpa sepengetahuan Anda. Dengan banyaknya data dan file yang tersimpan di ponsel Samsung, Anda tidak pernah tahu apakah aman untuk digunakan atau tidak, sehingga sangat penting untuk melakukan reset ini agar ponsel Samsung kedepannya aman dari berbagai virus dan malware.

2. Membuat Performa HP Lebih Optimal

Setiap pengaturan yang kita buat, baik itu pengaturan default atau aplikasi individual, akan mempengaruhi kinerja ponsel Samsung saat melakukan tugas. Apakah Anda ingat berbagai pengaturan? Lakukan reset pabrik untuk mengembalikan ponsel Samsung ke pengaturan aslinya.

3. Membersihkan File yang Tidak Berguna

Aplikasi yang dihapus tidak dapat di-root dan Anda masih dapat menemukan file sampah sisa di menu Explorer. Kecuali reset pabrik. Jadi folder yang ditinggalkan oleh aplikasi terakumulasi bahkan setelah aplikasi dihapus. Dengan melakukan factory reset nantinya akan menghapus sisa-sisa file sampah di ponsel Samsung Anda.

4. Membuat Ruang Penyimpanan Menjadi Lega

Meskipun ruang penyimpanan atau media data dapat diperluas secara substansial dengan MicroSD, jika ruang internal tidak lagi cocok untuk banyak aplikasi, Anda dapat memastikan bahwa ponsel Samsung akan lambat.