Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G — Selain OPPO Reno5 versi 4G, Indonesia juga akan meluncurkan versi 5G. Bahkan, selain kedua versi tersebut, OPPO juga telah merilis Reno5 yang hanya tersedia di Indonesia atau OPPO Reno5 F. Namun, kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari versi 5G.

Dari segi spesifikasi tidak jauh berbeda dengan 4G, kecuali pada beberapa parameter seperti penggunaan chipset, ketersediaan ruang memori eksternal dan resolusi kamera selfie. Apa kelebihan dan kekurangan dari versi 5G ini? Cari tahu pro dan kontra di bawah ini.

Spesifikasi OPPO Reno5 5G

  • Layar AMOLED 6,43 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 128 GB
  • Kamera 64 MP (lebar) 8 MP (ultrawide) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 4300mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 6.999.000
Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G
Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G

Kelebihan OPPO Reno5 5G

Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel OPPO Reno5 5G, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa keunggulan yang telah dirangkum Carissignal di bawah ini.

1. Chipset Powerful

Tidak seperti rekan 4G-nya, OPPO Reno5 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon 765G, yang begitu kuat di kisaran harganya. Chipset Qualcomm ini juga sudah banyak digunakan di ponsel kelas menengah lainnya seperti vivo X50 5G dan vivo X50 Pro. FYI, ini juga bukan kali pertama Snapdragon 765G menyambangi seri Reno. dilengkapi dengan chipset yang sama.

Tidak ada keraguan tentang kinerjanya. Menurut Nanoreview.net, Snapdragon 765G telah melampaui angka 300.000 dalam benchmark AnTuTu v8. Atau sekitar 12% lebih banyak dari Snapdragon 720G yang mendukung ponsel versi 4G. Dengan peningkatan kinerja ini, Anda dapat mengalami game yang lebih lancar untuk game yang menuntut seperti PUBG Mobile atau Free Fire.

2. Desain Bodi Ramping dan Bobot Enteng

Dari segi tampilan, sekilas terlihat sama dengan versi 4G. Yang pasti, OPPO Reno5 5G ini tetap memiliki desain belakang yang unik dan premium. Sama tipisnya, ponsel ini hanya setebal 7.9mm. Ini hanya sedikit lebih tebal dari 4G, berukuran 7.7mm. Siapa pun dapat menggunakan ponsel ini dengan nyaman, baik di tangan maupun di saku celana.

Bodi ramping OPPO Reno5 5G juga mempengaruhi bobotnya yang ringan 172 gram. Desain bodi yang ergonomis ini sangat digemari masyarakat dan menawarkan teknologi tanpa menyulitkan penggunaan sehari-hari.

3. Panel OLED dan 90 Hz Refresh Rate

Xiaomi Mi 10T sering dianggap yang terbaik di kelasnya karena menawarkan kecepatan refresh tertinggi di industri. Tapi satu hal yang hilang: panel OLED. Di sinilah keunggulan OPPO Reno5 5G. Tidak seperti kebanyakan ponsel di mana Anda harus memilih antara panel OLED atau refresh rate yang tinggi, smartphone OPPO ini memiliki keduanya.

Meskipun tidak sebesar Xiaomi Mi 10T, kecepatan refresh 90Hz OPPO Reno5 5G lebih dari cukup untuk menampilkan konten visual yang halus. Sementara itu, rasio kontras layar dan tingkat kecerahan yang tinggi juga sangat memanjakan mata.

Kecerahan maksimum diketahui mencapai 750 nits, lebih tinggi dari 600 nits versi 4G, sehingga terik matahari tidak akan menghentikan Anda untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

4. Fast Charging Super Ngebut

Apakah menurut Anda fungsi pengisian daya flash 50W OPPO Reno5 cukup besar? Nantikan versi 5G yang memiliki teknologi fast charging yang lebih cepat, yakni 65W. Dengan baterai 4300mAh, waktu pengisian penuh pasti di bawah satu jam.

Memiliki fitur penghemat baterai yang luar biasa, sehingga Anda dapat menggunakan sisa baterai yang sedikit tersisa untuk berbagai aktivitas seperti WhatsApp atau mendengarkan lagu di Spotify selama berjam-jam. Jadi, dengan masa pakai baterai yang lama dan waktu pengisian daya yang lebih singkat, produktivitas berlanjut tanpa gangguan notifikasi baterai lemah.

Dan mereka yang membawa kabel OTG dapat berbagi sebagian isi baterai dengan perangkat lain berkat teknologi reverse charging.

Waktu pengisian daya ponsel ini juga sangat cepat, dapat diisi dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 38 menit, setidaknya itulah yang dilansir Unbox.ph.

5. Air Control dan Smart Message Privacy

OPPO Reno5 4G dan 5G tidak memiliki Dual Punch Hole seperti pendahulunya, tapi siapa sangka? Fitur Air Control dan Smart Message Privacy sekali lagi memperkaya sejumlah fitur unik di smartphone.

Melalui lensa depan, ponsel dapat melacak gerakan tangan atau gestur tanpa menyentuh layar. Jadi jika jari Anda sedang ngemil kotor, Anda tetap bisa memberikan perintah seperti swipe, answer or reject call masuk dan lainnya. Sepertinya sangat cocok untuk orang Indonesia yang suka makan nasi dengan tangan.

Sementara itu, ada juga fitur bernama Smart Message Privacy yang berguna untuk mendeteksi mata orang di sebelah Anda. Saat ponsel menampilkan notifikasi pesan dan mendeteksi mata orang berikutnya yang melihat ke layar, notifikasi akan disembunyikan secara otomatis. Kedua fitur ini benar-benar unik dan jarang tersedia di ponsel selain seri OPPO Reno, yang membuat OPPO Reno5 5G ini begitu istimewa.

6. Fitur Videografi yang Mengagumkan

Jika Anda berencana menjadi pembuat konten atau videografer tepercaya, OPPO Reno5 5G ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Bagaimana bisa? Ada banyak fitur keren yang menunggu Anda untuk membuat video artistik.

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat video musik yang bagus? Cukup tangkap pemandangan yang indah dan gabungkan dengan video potret. Fitur ini disebut AI Blended Portrait dan ada dua jenis video blending.

Yang pertama adalah Blend. Subjek video dibuat transparan hingga 50% untuk menunjukkan latar belakang dan Silhouette dibuat untuk menunjukkan garis tepi subjek sehingga terlihat seperti bayangan. Buat karya indah untuk memukau audiens Anda.

Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak sorotan dari video Anda? Cukup gunakan AI Color Portrait, yang dapat mengubah seluruh latar belakang menjadi hitam dan putih, meninggalkan Anda dalam warna saja.

7. Hadir dengan Fitur NFC (Near Field Communication)

OPPO Reno4 Terus Berdering Tidak Pakai NFC? OPPO Reno5 5G sudah memiliki fitur yang berguna ini. Seperti yang Anda ketahui, NFC merupakan fitur yang dapat membantu Anda melakukan transaksi secara digital hanya dengan menempatkan kartu. Fitur ini sangat umum di ponsel kelas menengah, akhirnya OPPO Reno5 5G akan hadir dengan fitur ini.

Kekurangan OPPO Reno5 5G

Meskipun ada banyak kelebihan dari ponsel ini, ada juga kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum membeli. Berikut beberapa kekurangan dari OPPO Reno5 5G.

1. Tanpa Slot Memori Eksternal

Terkadang memori internal saja tidak cukup. Dukungan slot microSD diperlukan agar data file dapat disimpan secara terpisah daripada digabungkan dengan aplikasi. Kebutuhan yang tidak akan dipenuhi oleh OPPO Reno5 5G, karena ponsel tidak menyediakan ruang memori eksternal.

2. Pengurangan Resolusi Kamera Depan

Kamera depan OPPO Reno5 5G tidak memiliki resolusi yang sama dengan versi 4G. Alih-alih lensa depan 44MP, ponsel ini hanya memiliki resolusi kamera 32MP. Tentu, ini bukan kelemahan besar, tetapi cukup untuk mengejutkan beberapa orang. Ini karena versi 5G selalu dianggap sebagai versi terbaik. Tak disangka, ternyata ada parameter yang justru mengalami penurunan. Tapi jangan khawatir, selfie tetap bagus!

3. Hanya Pakai Single Speaker

Perendaman penting saat menonton film. Tentu saja, kita dapat mendengar suara yang lebih keras dan seimbang dengan speaker stereo. Namun, speaker ganda ini bukanlah barang mewah yang tersedia di semua ponsel, termasuk OPPO Reno5 5G baru, yang akan menyenangkan Anda hanya dengan satu speaker.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G

Kami dapat dengan aman mengatakan bahwa OPPO Reno5 5G adalah pembaruan yang layak untuk ditunggu. Setelah melihat-lihat OPPO Reno4 dan apa yang ditawarkan ponsel ini, jelas ada banyak pembaruan yang tidak boleh dilewatkan.

Anda tidak lagi menggunakan Snapdragon 720G seperti OPPO Reno4 dan Reno5 4G, sekarang Anda dapat memainkan game yang lebih imersif dengan lebih bebas. Berkat fitur video inovatif dari OPPO Reno5 5G, siapa pun dapat menjadi pembuat konten tepercaya.

Jika Anda ingin melakukan upgrade dari OPPO Reno4, kami sarankan Anda melakukan upgrade ke OPPO Reno5 yang merupakan versi 5G, bukan 4G. Setidaknya Anda tidak akan terjebak dengan chipset yang sama.