Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S — Salah satu produk Oppo yang paling laris di pasaran adalah OPPO A3S. Ponsel entry-level ini memiliki banyak fitur dan keunggulan menarik dibandingkan para pesaingnya.

Harga yang ditawarkan Oppo untuk ponsel ini tetap sesuai dengan kantong generasi baru yang notabene menjadi target penggunanya. Dengan desain dan spesifikasi yang memadai untuk mendukung penggunaan sehari-hari. Karena mungkin hal-hal inilah yang membuat Oppo A3S menjadi salah satu ponsel terlaris di pasaran.

Fenomena ini juga bisa dilihat dari banyaknya orang yang menemukan Oppo A3S dari mesin pencari Google. Selanjutnya ada yang mencari perbedaan pada versi Oppo A3S. Perlu Anda ketahui bahwa Oppo A3S memiliki dua varian memori yaitu RAM 2GB dengan ROM 16GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB.

Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S
Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S

Spesifikasi Oppo A3S

  • Layar IPS LCD 6.2 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 450
  • RAM 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal 32 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Ion 4230mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 2.699.000

Kelebihan Oppo A3S

1. Memiliki Face Unlock

Fungsi biometrik yang biasa disematkan pada ponsel sekelas Oppo A3S biasanya adalah pemindai sidik jari yang biasanya terdapat di bagian belakang ponsel. Ponsel ini tampaknya berpikir berbeda untuk merebut hati para penikmat gadget entry-level.

Oppo A3S dilengkapi dengan teknologi Face Unlock yang menggantikan sensor sidik jari. Oppo mengklaim fitur biometrik ini bekerja dengan cepat dan akurat.

Mereka tampaknya memahami kelemahan fungsi sensor sidik jari yang tidak bekerja efektif saat menggunakan tangan atau sarung tangan yang basah. Jadi jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah face unlock.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Kapasitas baterai Oppo A3S cukup besar untuk mendukung penggunaan ponsel lebih lama, yakni 4230mAh. Dengan daya sebesar itu, Anda dapat mengakses Oppo A3S Anda lebih lama, baik untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan maupun untuk hiburan seperti bermain game atau merekam video.

Berkat layar HD+ 6,2 inci dan kerapatan piksel Oppo A3S yang hanya ~271 ppi, konsumsi daya baterai juga lebih hemat. Menurut hasil pengujian baterai Oppo A3S yang dilakukan di berbagai situs web, ponsel ini dapat bertahan hingga seharian penuh digunakan dengan berbagai aktivitas.

Oppo sendiri mengklaim baterai A3S mampu bertahan hingga 18 jam! Bisakah Anda benar-benar bertahan sampai jam 6 sore? Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Yugatech, durasi Oppo A3S bisa bertahan hingga 19 jam 9 menit. Hasilnya luar biasa di kelasnya.

Situs Selular.ID juga menguji daya tahan baterai Oppo A3S. Alhasil, Oppo A3S mampu bertahan hingga 24 jam dengan penggunaan internet, messaging, email, dan aktivitas internet secara umum. Sementara itu, dalam hal streaming video, Oppo A3S dapat bertahan hingga 5 jam streaming video tanpa gangguan.

Dengan hasil tersebut, mereka yang berniat menggunakan Oppo A3S tidak perlu lagi khawatir ponselnya cepat terkuras. Manajemen baterai AI Oppo A3S tampaknya memainkan peran penting dalam mengelola penggunaan baterai dengan lebih baik.

3. Layar Lebar dan Responsif

Oppo A3S memiliki fitur all-screen display yang memanjang hingga 6,2 inci dan memiliki resolusi 1520 x 720 piksel. Aspek rasionya sendiri 19:9, sehingga menawarkan tampilan yang cukup nyaman. Desain berlekuk masih tersedia di ponsel ini, sehingga tidak terlihat kuno meskipun A3S bukan ponsel kelas menengah atau kelas atas.

Panel yang digunakan masih berteknologi IPS, dengan 16 juta warna dan kerapatan piksel ~271 ppi. Namun, layar ponsel ini cukup jernih dan tajam. Aktivitas seperti menonton video atau bermain game tetap bisa dinikmati dengan baik di Oppo A3S.

Untuk urusan antarmuka, Oppo A3S mengandalkan desain ColorOS 5.1 terbaru yang simpel, nyaman, dan lebih cepat. Pengalaman menggunakan ponsel lebih baik karena didukung oleh antarmuka pengguna yang baik.

4. Performa Oke

Bisa dikatakan interior yang diusung ponsel sekelas Oppo A3S ini cukup bagus. Chipset yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 450 dengan proses manufaktur 14nm. CPU terdiri dari delapan core dengan frekuensi 1,8 GHz.

Jadi berapa skor Antutu Oppo A3S? Situs web Yugatech membandingkan Oppo A3S. Dari hasil benchmark, skor Antutu adalah 74.409 yang tidak terlalu tinggi, namun jika dilihat dari kategori harga Oppo A3S, cukup baik. Yugatech juga melakukan tolok ukur lain, yang hasilnya ditunjukkan di bawah ini.

Dengan kekuatan tersebut, Oppo A3S dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna seperti transisi UI yang lebih mulus, multitasking yang baik dan peralihan yang cepat antar aplikasi dan salah satu yang terpenting adalah penghematan daya.

Di sektor memori, Oppo menawarkan dua opsi untuk A3S ini. Yang pertama berkisar dari 2GB RAM hingga 16GB ROM. Sedangkan yang kedua adalah RAM 3GB untuk ROM 32GB. Jadi harga jualnya juga akan berbeda, tapi tidak terlalu banyak. Memori penyimpanan keduanya dapat diperluas dengan memori eksternal hingga 256GB menggunakan slot yang disertakan.

5. Desain Menawan

Bodi Oppo A3S tipis hingga 8.2mm, sehingga terlihat elegan dan terasa nyaman dalam genggaman. Desain ramping ponsel ini sebenarnya menyenangkan untuk dilihat bahkan dari sudut manapun. Hilangnya sensor sidik jari di belakang bodi ponsel ini sungguh menambah keunikan desainnya.

Ponsel ini hadir dalam dua warna, yaitu merah modern dan ungu tua. Generasi muda saat ini terlihat sangat bagus dengan skema warna bodi Oppo A3S yang tepat (tidak terlalu merah atau ungu yang bisa terlalu mencolok). Bobot ponsel ini sekitar 168 gram, yang membuatnya nyaman digenggam.

Secara keseluruhan, tampilan dan desain Oppo A3S cukup memukau. Apalagi ponsel ini sudah hadir di entry level yang bisa direkomendasikan bagi para pecinta gadget yang menginginkan desain interior dan interior yang cukup berkualitas.

6. Kamera Belakang Baik

Keunggulan lain yang diusung Oppo A3S adalah hadirnya dua sensor di kamera utama. Yang pertama adalah kamera 13MP dengan aperture 2.2. Sedangkan resolusi kamera kedua adalah 2 MP, ditambah dengan aperture 2,4 dan fungsi depth sensor.

Kamera utama ponsel ini didukung oleh fungsi AI Beauty 2.0, yang dapat mengidentifikasi wajah manusia lebih dari 200 poin. Jadi, untuk mengambil foto wajah cantik, fitur ini bisa sangat berguna. Fitur AI Beauty 2.0 ini juga hadir pada kamera depan Oppo A3S yang memiliki resolusi 8 MP dan aperture 2.2.

Gambar tersebut menunjukkan bahwa kamera utama ponsel ini dapat menghasilkan bidikan yang baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang baik. Keduanya juga memiliki efek bokeh (mode potret untuk kamera belakang dan mode penginderaan kedalaman untuk kamera selfie).

Fitur lain dari kamera utama Oppo antara lain lampu LED, HDR, dan panorama. Di bawah ini adalah contoh hasil jepretan kamera Oppo A3S.

Bagi pengguna pemula yang suka berfoto, Oppo A3S cukup memuaskan. Meski tidak menghasilkan gambar yang menarik dalam kondisi minim cahaya, namun Oppo A3S tetap worth it karena harganya yang relatif terjangkau untuk generasi muda saat ini.

7. Masih Support Jack, FM Radio, Infrared dan Music Party

Karena Oppo A3S adalah ponsel entry-level, ia masih menampilkan teknologi kuno seperti jack audio 3.5mm dan sensor inframerah. Radio FM tetap setia pada A3S untuk mendukung hiburan pengguna.

Bagi yang suka memutar musik, Oppo menyediakan fungsi Music Party di Oppo A3S. Fitur ini memungkinkan Anda dan teman Anda untuk memutar lagu yang sama di jaringan hotspot. Cukup lucu, bukan?

Kekurangan Oppo A3S

1. Belum Fast Charging

Perlu dipahami bahwa ponsel belum mendukung teknologi pengisian cepat. Selain sudah membawa banyak fitur keren, kehadiran teknologi seperti ini di kelas ponsel Oppo A3S juga banyak. Apalagi mengingat harganya yang relatif murah, sepertinya tidak masalah.

2. Baterai Non-Removable

Baterai non-removable atau non-removable terkadang menyulitkan pengguna ketika ponsel membeku atau macet dan ingin mematikan ponsel dengan melepas baterai. Selain itu, mereka tidak dapat mengganti baterai Oppo A3S jika masa pakainya menurun drastis. Namun, berkat kekuatannya yang besar, itu terlihat cukup menyembuhkan.

3. No Gorilla Glass

Bahkan layar besar yang dimiliki Oppo A3S tidak dilindungi oleh Gorilla Glass. Oleh karena itu, pengguna harus lebih berhati-hati saat menyimpan dan meletakkan ponsel. Jika ceroboh, layar Oppo A3S mereka dapat tergores, bahkan oleh sesuatu yang kecil seperti kunci sepeda motor atau ekor USB.

Simpulan Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S

Dengan daya tahan baterai yang tinggi, Oppo A3S adalah rekomendasi yang sangat bagus untuk ponsel entry-level. Spesifikasinya juga mendukung beragam multimedia dan aktivitas kerja seperti membaca, menonton video, mendengarkan musik, bahkan bermain game kelas menengah.

Karena harga yang ditawarkan, maka harus dipahami kekurangan Oppo A3S yang dibahas di atas. Misalnya, fast charging, teknologi ini biasanya hadir di ponsel mid-to-high-end, dengan harga yang berkali-kali lipat dari Oppo A3S. Hanya saja pengguna perlu berhati-hati dengan layar A3S yang tidak dilapisi pelindung gores Gorilla Glass.

Untuk anak muda yang banyak beraktivitas di luar ruangan, kami merekomendasikan ponsel ini (selain desainnya yang keren) karena daya tahannya yang cukup baik. Jadi tidak perlu membawa banyak power bank saat melakukan aktivitas di luar ruangan.