Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah–Seni daerah merupakan salah satu cabang seni. Seni rupa adalah seni yang dapat dilihat, diraba, dirasakan atau dinikmati oleh seniman dan penikmat seninya selama-lamanya.

Haukin menyatakan bahwa seni adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan pada suatu objek. Kumala Devi Chattopadhayaya menyatakan bahwa seni adalah kelebihan. Ekspresi yang disampaikan oleh seorang seniman kepada penontonnya dalam bentuk objek/visual.

Ciri – Ciri Seni Rupa Daerah

Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah
Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Seni rupa daerah dikatakan ada karena seni rupa tersebut memiliki ciri kedaerahan yang bersumber dari konteks sejarah suatu daerah asal karya seni tersebut. Oleh karena itu karya seni daerah selalu berbeda dengan karya seni daerah lainnya karena dipengaruhi oleh gaya seni tradisional daerah. Gaya grafis tradisional terdiri dari karya seni dua dimensi dan karya seni tiga dimensi.

Contoh karya seni rupa dua dimensi antara lain kerajinan tekstil seperti batik, tekstil, dan nyanyian, sedangkan karya seni rupa tiga dimensi antara lain seni pahat, ukir kayu, dan keramik.

Karya seni daerah memiliki pola tradisional, biasanya diwariskan atau dengan motif yang sama dari dulu hingga sekarang. Misalnya, pada masyarakat pesisir, karya seni dengan motif artistik: ombak, ikan, karang, dan kapal.

Sedangkan pola artistik yang tercipta pada masyarakat pegunungan biasanya berupa pola bunga, pohon, binatang seperti burung atau buah-buahan.

Dari penjelasan singkat di atas, secara bersama-sama dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri umum karya seni daerah adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki ciri atau sifat khas daerah.
  2. Dipengaruhi atau terpengaruh oleh sejarah dan budaya atau latar belakang suatu daerah.
  3. Corak dipengaruhi oleh letak atau kondisi geografis suatu daerah dan dipengaruhi oleh corak kesenian tradisional masyarakat setempat tempat dihasilkannya karya seni daerah tersebut.

Kesimpulan Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Sampai di sini, kami berharap semua orang memahami dan memahami apa ciri-ciri umum dari seni rupa daerah tersebut di atas, kami berharap dapat bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih.