Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi.

Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi–Seni 3D adalah karya seni yang memiliki tempat. Karya seni ini tidak hanya dibatasi oleh panjang dan lebar, tetapi juga oleh tinggi dan kedalaman.

Mengutip buku Apresiasi Seni: Seni Rupa & Seni Teater 3 karya Drs. Margono, M.Si. (2007) Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

Karya seni ini dapat terlihat dari segala arah, dari depan, samping atau belakang. Beberapa contohnya adalah pertunjukan wayang, patung, topeng, guci dan lainnya.

Selanjutnya seni 3D dapat membuat dengan berbagai media seperti kain, kanvas, bambu, kertas, kayu, tanah liat, logam, beton, dan lain-lain. Karya ini dapat merancang dengan menggunakan sejumlah teknik khusus.

Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi
Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi

Dengan teknik aplikasi, Anda dapat menggunakan metode berikut saat membuat karya seni:

  • Pilih desa dan material yang ingin Anda gunakan.
  • Gambar atau tandai pola yang Anda pilih pada selembar kertas, setelah selesai, potong pola dengan hati-hati dengan gunting.
  • Jiplak potongan kertas pada kain yang Anda pilih tadi, lalu potong kain hingga menyerupai pola pada desain.
  • Siapkan bahan yang digunakan untuk menempelkan aplikasi.
  • Rekatkan potongan kain ke bahan dasar.
  • Agar lebih cantik, syal bisa dijahit ke bahan.
  • Rapikan benang di bagian belakang applique, lalu setrika bahannya agar lebih bersih dan halus.
  • Aplikasi 3D siap untuk dilihat.

Penjelasan:

Appliqué adalah salah satu teknik yang mengunakan untuk membuat karya seni dari kain perca atau potongan kain yang direkatkan. Teknik aplikasinya cukup sederhana untuk menerapkan karena menggunakan bahan-bahan yang juga mudah dapat. Kerajinan itu membutuhkan peralatan menjahit, tetapi bukan mesin jahit. Anda bisa mendapatkan ide dari mana saja untuk membuat karya teknologi aplikasi, seperti suasana dapur, penataan furnitur, dll.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Bagaimana Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!