Aplikasi Undangan Digital yang Mudah dan Gratis

Aplikasi Undangan Digital–Pernikahan, ulang tahun, dan pertunangan adalah saat-saat penting yang perlu dipersiapkan beberapa orang, baik itu acara besar atau hanya pesta kecil. Persiapan terkait dekorasi, konsep, tema acara dan jangan lupa undangan, tidak ketinggalan, undangan dalam bentuk fisik kini juga marak dalam bentuk digital. Selain akibat perkembangan teknologi, undangan digital juga mengurangi pekerjaan yang menyita waktu.

Tentunya mempersiapkan acara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga menguras banyak tenaga dalam anggaran yang ada. Belum lagi jika undangan ditangani secara manual, jelas membutuhkan waktu untuk mengantarkan undangan secara door to door. Untuk mempersingkat ini, undangan digital adalah solusinya. Kerabat jauh dan sulit dijangkau dapat mengirim undangan digital tanpa kerumitan pengiriman langsung dan menghemat biaya yang diperlukan.

Undangan digital juga bisa dibuat dengan tangan menggunakan komputer atau smartphone, kecanggihan teknologi saat ini memberikan kemudahan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui Google PlayStore untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS, jadi tidak sulit juga. Ada banyak tutorial yang tersedia di platform YouTube untuk membuat undangan digital, yang Anda butuhkan hanyalah alat dan dorongan kuat untuk mencoba.

Manfaat Menggunakan Undangan Digital

Undangan versi digital sudah mulai ramai, tidak hanya di acara pernikahan tapi juga saat khitanan, ada yang menggunakan undangan versi digital. Di bawah ini adalah ikhtisar manfaat menggunakan.

  • Ramah Lingkungan

Untuk membuat setumpuk kertas dibutuhkan sebatang pohon, pernahkah terpikirkan berapa banyak undangan pernikahan yang terbuat dari kayu selama ini? Undangan kertas biasanya hanya digunakan untuk menyampaikan informasi tentang pernikahan, fungsi undangan berhenti ketika acara selesai. Hingga pembuangan akhir, bahkan pembakaran, yang menyebabkan pelepasan CO2 dan zat berbahaya lainnya. Kehadiran undangan digital diharapkan dapat meminimalisir dampak negatif dari undangan kertas.

  • Up-to-Date

Undangan digital cenderung tampil lebih menarik dan interaktif, sehingga Anda dapat menambahkan foto bahkan suara untuk membuat undangan Anda semakin menarik.

  • Mudah Diperbaiki

Kesalahan paling umum pada undangan fisik adalah penulisan tanggal, yang membuat pengeditan menjadi sulit jika dicetak dalam jumlah banyak. Namun, dengan menggunakan undangan digital, kesalahan dapat dengan mudah diperbaiki sebelum menyebar.

  • Tidak Ada Batasan

Perkembangan teknologi yang ada dapat membantu kita mengirimkan undangan kepada siapa saja dan dimana saja tanpa membatasi jumlah yang akan dikeluarkan, tidak ada batasan waktu untuk memastikan undangan menjangkau semua orang.

  • Hemat

Undangan digital dapat menghemat waktu, tenaga, dan bahkan biaya pengiriman Anda, dan Anda dapat menggunakan kemudahan ini untuk melakukan hal lain yang lebih penting. Juga, Anda tidak perlu bepergian ke banyak tempat.

  • Sederhana

Bagi pengantin baru yang memiliki pernikahan sederhana dan sederhana, undangan digital juga cocok sebagai alternatif sehingga Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk memilih undangan.

Contoh Konsep Undangan Digital

Konsep yang ada dapat disesuaikan dengan tema acara, biasanya konsep undangan dibagi menjadi tiga jenis sebagai berikut.

  • Modern

Contoh dengan konsep ini biasanya mengandung motif yang modern dan menarik, motif yang digunakan tidak lengkap di awal undangan. Informasi tentang acara dapat ditempatkan di tengah dan warna yang digunakan juga terlihat elegan dan kontemporer, seperti putih, perak atau mungkin emas.

  • Tradisional

Konsep ini biasanya diisi dengan motif batik sebagai contoh, atau foto rumah adat sebagai latar utamanya. Menulis kaligrafi juga bisa menjadi peluang untuk menciptakan kesan tradisional yang mendalam.

  • Minimalis

Konsep yang tidak berlebihan menarik bagi sebagian orang, dengan desain geometris mini di bagian depan, informasi detail, isian yang ringkas dan padat di bagian tengah. Anda bisa memilih warna natural untuk menciptakan kesan minimalis.

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online Menggunakan Website

Sebuah situs web pernikahan pasti memasukkan banyak elemen mulai dari cerita latar belakang pengantin baru, program kontrak pernikahan, hingga perayaannya. Inilah cara Anda dapat mencoba situs web undangan pernikahan Anda:

  • Pilih ukuran untuk undangan pernikahan Anda

Jika Anda menggunakan perangkat lunak siap pakai untuk semua undangan pernikahan dan pengumuman berbagai ukuran. Baik Anda mendesain undangan cetak formal atau mengirimkan undangan ke resepsi media sosial, Anda dapat memilih bentuk dan ukuran yang tepat.

  • Tetapkan tema Anda

Anda telah berusaha keras untuk merencanakan tema dan palet pernikahan Anda, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Gunakan gaya yang sama saat mendesain situs web pernikahan Anda agar tidak terlihat berantakan.

  • Jangan sebutkan acara khusus undangan

Semua orang yang masuk ke situs web Anda ada di daftar tamu pernikahan, tapi itu tidak berarti semua orang ada di daftar tamu. Jika Anda merencanakan acara eksklusif, seperti latihan makan malam pernikahan atau makan siang khusus pengiring pengantin, tinggalkan acara tersebut dan bagikan informasi secara terpisah sehingga tamu lain tidak merasa ketinggalan.

  • Gunakan kata sandi (password)

Sebagian besar platform situs web pernikahan menawarkan opsi untuk melindungi situs Anda dengan kata sandi dan ini adalah opsi yang sangat disarankan. Situs web pernikahan berisi informasi pribadi, mulai dari tempat dan tanggal pernikahan (makanan untuk pernikahan yang tidak terduga) hingga alamat surat (untuk hadiah yang tidak terdaftar). Kami menyarankan Anda untuk melindungi data pribadi Anda dan tamu Anda.

  • Hindari RSVP Digital

Meskipun fitur ini mungkin terdengar menggoda, pikirkan tentang terakhir kali Anda memposting acara di Facebook. Anda mungkin memiliki banyak teman yang datang ke pesta ulang tahun Anda yang tidak merespons, serta teman yang mengatakan mereka akan datang dan kemudian membatalkannya. Tamu Anda tahu bahwa pernikahan Anda lebih formal daripada acara minum-minum, tetapi RSVP online tidak dianggap seserius kartu kertas, jadi sebaiknya gunakan jalur formal. Selain itu, tamu Anda yang lebih tua atau kurang berpengalaman mungkin tidak merespons secara online dengan benar, yang berarti bahwa jumlah konfirmasi tamu mungkin gagal atau respons mungkin tertunda.

  • Sertakan informasi perjalanan terperinci

Baik itu perayaan lokal atau pernikahan yang berlangsung jauh, tamu akan datang dari luar kota, jadi ada baiknya memberi tahu mereka tentang perjalanan dan akomodasi. Masukkan informasi tentang bandara terdekat atau cara terbaik untuk sampai ke kota, serta situs web, nomor telepon, dan kode reservasi hotel yang Anda pesan. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang transfer bandara atau diskon sewa mobil.

  • Atur Timeline

Jika Anda merencanakan acara di sekitar pernikahan Anda (di mana semua orang diundang), pastikan untuk menyertakannya di situs web Anda. Juga di situs web mereka Beri tahu tamu di mana mereka dapat bertemu antar-jemput, kapan dan seberapa sering pesawat ulang-alik berangkat, dan kapan akan akan tersedia transportasi kembali ke akomodasi mereka.

  • Buat galeri foto

Tak perlu dikatakan bahwa foto adalah inti dari sebuah tempat pernikahan. Unggah beberapa foto berkualitas Anda dan pasangan menikmati momen terbaik dalam hidup Anda atau bagikan foto acara studio untuk membuat situs web undangan pernikahan Anda lebih menarik dan intim.

  • Permudah jalur komunikasi

Salah satu manfaat terpenting dari situs web undangan pernikahan online adalah Anda dapat menggabungkan fitur layanan komunikasi real-time. Anda dapat berbicara dengan tamu dan pemilik bisnis Anda menggunakan obrolan internal, mengirim pesan pribadi dan grup, memulai forum untuk mendiskusikan masalah yang relevan, menjalankan survei untuk mendapatkan umpan balik, menyiarkan email Anda agar semua orang tetap mendapatkan informasi terbaru, dan banyak lagi. Anda juga dapat membalas untuk melihat siapa yang akan menghadiri acara tersebut.

Aplikasi Undangan Digital

Undangan digital dibuat menggunakan aplikasi, beberapa aplikasi juga tersedia sebagai situs web, jadi Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi, berikut ulasannya.

  • Wedding Card Invitation Maker

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk membuat undangan dengan menggunakan tools yang tersedia seperti text editing, inserting photo, frames dan sticker.

  • Invitation Maker by Greetings Island

Anda dapat mencoba membuat undangan sederhana dengan aplikasi ini, aplikasi yang dibuat oleh pengembang Greeting Island ini menyediakan template yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti undangan ulang tahun, acara Natal, pernikahan, atau acara lainnya.

  • Canva

Ini adalah aplikasi desain serbaguna dan sederhana yang dapat digunakan untuk menambahkan logo, foto, dan undangan pernikahan yang dapat dibuat secara online di Android, iOS atau PC atau laptop.

  • Creator

Tidak kalah efektif dari Canva, ini adalah satu-satunya aplikasi yang dapat membantu Anda membuat versi digital dari undangan Anda. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Aplikasi Undangan Digital, Undangan dalam bentuk kartu, kipas angin bahkan undangan dalam bentuk fisik lainnya umumnya digunakan oleh semua lapisan masyarakat dan seiring dengan perkembangan zaman penggunaan undangan fisik juga sudah mulai jarang. Meskipun tidak jarang, penggunaannya sebagian besar telah bergeser ke bentuk digital. Bentuknya yang praktis dan tetap memenuhi keinginan, sehingga undangan digital sangat diminati masyarakat. Jumlah sebarannya juga relatif lebih banyak, sehingga bisa menjangkau banyak orang dari jarak yang berbeda.

Undangan digital juga mudah digunakan dengan banyak manfaat. Anda dapat dengan mudah membuat desain undangan sesuka Anda menggunakan aplikasi di ponsel cerdas Anda atau aplikasi yang tersedia sebagai situs web. Anda dapat memilih desain yang sesuai dengan tema yang tersedia, bahkan aplikasi yang ada menyediakan template untuk mengedit bagian yang tidak Anda perlukan. Anda dapat mengirim undangan yang sudah selesai di atas kertas atau online sesuai kebutuhan.