BLT UMKM Sudah Cair Rp6,2 Triliun, Pelaku Usaha Dapat 1,2 Juta!

Liputanberitaku.com — Menteri Kooperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan pemerintah telah menyalurkan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT). Untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sebesar Rp6,2 triliun per 31 Maret guna menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal pertama 2021.

“Hingga 31 Maret 2021, BPUM tahun 2021 telah tersalurkan kepada 5,2 juta usaha mikro dengan nilai Rp6,29 triliun.” Kata Teten dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) melansir dari Antara, Kamis (1/4/2021).

Jumlah BLT yang menyalurkan kepada pelaku usaha mikro tersebut memberikan dari total keseluruhan 9,8 juta calon penerima BPUM pada tahun 2021.

Setiap pelaku usaha mikro akan mendapatkan dana sebesar Rp1,2 juta,. Jumlah tersebut menurun membandingkan besaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang memberikan pada tahun lalu sebesar Rp2,4 juta.

Jumlah penerima BLT UMKM juga berkurang membandingkan total penerima pada tahun 2020 yang sebanyak 12 juta orang menjadi 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Teten menyebut, pengurangan jumlah penerima BLT UMKM tersebut terkarenakan kendala anggaran pemerintah. Namun pemerintah mengupayakan tambahan penerima BLT UMKM sebanyak 3 juta orang.