Efek Buruk Digital Fatigue Pada Kesehatan Fisik dan Mental

Liputanberitaku.com — Psikolog mengatakan bahwa kelelahan digital dapat diartikan sebagai kelelahan fisik dan mental akibat akses internet yang terus menerus atau berlebihan (termasuk media sosial).

“Karena itu, karena sering bermain media sosial, akan muncul keluhan yang membuat pengguna merasa lelah secara fisik dan mental.” kata Ikhsan Bella Persada, M.Psi.

Fakta membuktikan bahwa kelelahan digital bukanlah satu-satunya akibat dari seringnya berselancar. Menurut Dr. Devia Irine Putri, situasi ini juga dapat terjadi karena seringnya terpapar cahaya biru dari perangkat.

“Secara tidak langsung, sinar biru juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan seperti mata kering dan nyeri,”

Dampak Digital Fatigue bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Beberapa dampak digital fatigue pada kesehatan fisik, antara lain:

  • Muncul rasa lelah yang berlebihan, meski sudah cukup istirahat
  • Selalu timbul rasa bosan dan malas bergerak
  • Timbul perasaan lelah jika dihadapkan dengan kegiatan digital, seperti zoom meetingwebinar, dan sebagainya.
  • Sering pusing atau migrain (sakit kepala sebelah)
  • Otot dan sendi terasa nyeri, terutama di bagian leher, pundak, dan punggung
  • Mata jadi lebih sensitif terhadap cahaya
  • Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa
  • Muncul gangguan suasana hati (mood)
  • Sering merasa lelah ketika dihadapkan dengan situasi yang berulang

Sedangkan pada kesehatan mental, Ikhsan mengatakan bahwa digital fatigue bisa menyebabkan kondisi-kondisi sebagai berikut:

Pola Tidur Berubah

Pola tidur bisa saja berubah, karena terlalu asyik dan sibuk berselancar di dunia digital. Akibatnya, Anda bisa saja tidur terlalu pagi dan bangun selalu kesiangan.

Perubahan Mood

“Karena mulai merasa lelah dan jenuh akibat dunia digital, seseorang lebih rentan mengalami perubahaan mood. Tidak heran jika mood Anda hari itu sangat bervariasi, bisa menyenangkan, menyebalkan, menyedihkan, dan lain-lain,” jelas Ikhsan.

Sulit Fokus

Merasa jenuh dengan kegiatan yang berulang, Anda jadi sulit fokus dan jadi tidak bisa konsentrasi dalam bekerja. Alhasil, omelan dari atasan, komentar dari klien bisa jadi makan siang Anda setiap harinya. Makin kesal bukan?

Stres

Perpaduan antara pandemi virus corona dan digital fatigue memang menghasilkan kadar stres yang luar biasa hebat. Anda jadi lebih mudah lelah, sulit konsentrasi, mudah marah, dan gampang cemas. Jika tidak ditangani dengan benar, kondisi ini bisa berubah menjadi depresi.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli