Kenapa Tiba-tiba Muncul Emas Di Pesisir Pantai Maluku Tengah ? Dari Mana Sumbernya

Warga di Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Provinsi Maluku Tengah, Memasukkan emas ke dalam pot setelah menemukan butiran emas di Provinsi Maluku Tengah.

Warga menggunakan alat seadanya untuk penyepuhan. Alhasil, ada warga yang mendapat emas hingga 10 gram.

Biasanya emas di sungai

Kegiatan Pencarian emas biasanya di lakukan di sungai.  Namun kali ini dilakukan di pesisir pantai, apakah bias emas di temukan di pantai?

Emas ditemukan di bawah batuan yang paling keras, seperti kuarsa atau malihan di daerah pegunungan.

Bijih emas yang ditemukan di batuan keras ini terbentuk dari endapan primer.

Emas tersebut terbentuk dalam bentuk butiran yang lebih kecil di pesisir desa Tamilow karena adanya lapisan plasma.

Endapan primer berupa butiran emas pada batuan yang biasanya terdapat pada batuan kuarsa, atau berupa mineral yang terbentuk sebagai hasil proses magmatisme.

Namun, ada juga endapan primer yang terjadi dalam proses metasomatisme dan aktivitas hidrotermal di dasar bumi juga ada.

Hasil pengendapan primer ini disebut emas logam.

Sementara itu, terdapat endapan plasmid atau yang lebih dikenal dengan endapan sekunder, antara erosi batuan emas oksidatif dan pengaruh sirkulasi air pada sedimen primer.

Biasanya hasil endapan plasmid berupa emas aluvial berupa biji yang ukurannya sedikit lebih besar dari emas metalik biasa dan konsistensinya lebih kasar

Penemuan partikel emas di pantai desa Tamilow menandakan adanya pengendapan plasma sekunder.

Emas biasanya ditemukan di sungai atau pantai akibat erosi pada sumber sedimen primer yang ditemukan di tanah yang lebih tinggi.

Berdasarkan peta geologi, di kawasan pegunungan di sekitar desa terdapat batuan Malihan yang kemungkinan mengandung bijih emas.

 

#Artikel_asli