Sensasi Terjatuh Saat Tidur, Ini Fakta Tentang Hypnic Jerks

Liputanberitaku.com — Anda sering kaget saat tidur? Tenang, ini bukan disebabkan oleh makhluk halus dan hal mistis lain! Ini adalah masalah medis yang disebut hypnic jerk. Pernah alami kaget saat tidur lelap? Banyak orang berpikir kondisi ini terjadi karena alasan mistis, seperti diganggu makhluk halus. Padahal sebenarnya, ini adalah salah satu kondisi medis yang disebut sebagai hypnic jerk.

Apa Itu Hypnic Jerk?

Hypnic jerk adalah suatu kondisi di mana tubuh secara tiba-tiba mengalami kontraksi kuat dalam waktu singkat saat Anda tertidur.  Jika Anda tidak pernah merasa kaget saat tidur, contoh lain dari hypnic jerk adalah cegukan. Hypnic Jerk adalah sentakan tak disengaja dari satu atau lebih otot yang terjadi ketika seseorang tertidur. Ini cenderung terjadi tepat ketika orang tersebut beralih dari kondisi sadar ke kondisi tidur. Kekuatan sentakan hypnic jerk dapat bervariasi. Beberapa orang mungkin tak menyadari kedutan tersebut. Namun, di lain waktu, kejang bisa cukup kuat hingga sanggup untuk mengejutkan dan membangunkan Anda.

Anda mungkin mengalami gejala-gejala lain bersamaan dengan hypnic jerk, seperti berikut ini.

  • Merasa seolah-olah terjatuh.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Pernapasan cepat.
  • Bermimpi tentang jatuh.

 

Dr. Arina Heidyana menjelaskan bahwa sebagian besar yang mengalami kondisi ini adalah orang dewasa. Bukan berarti anak bayi atau anak-anak tidak mengalaminya, hanya saja sangat jarang untuk terjadi. Ada beberapa penyebab sering kaget saat tidur, seperti:

Rasa Cemas dan Stres yang Berlebihan

Saat Anda stres dan cemas yang berlebih, otak tetap terjaga sepanjang waktu, meski bagian tubuh lain sudah masuk dalam tahap relaksasi. Otak yang tetap aktif sepanjang malam akan mengirimkan sinyal waspada pada tubuh. Alhasil, bukan tidak mungkin, Anda jadi terbangun dan kaget saat tidur.

Waktu Olahraga yang Terlalu Dekat dengan Jam Tidur 

Malam hari memang jadi waktu olahraga yang baik. Pasalnya, ketika sudah lelah berolahraga, Anda bisa langsung istirahat tanpa harus bekerja lagi setelahnya. Namun kenyataannya, memiliki waktu olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur bisa buat tubuh jadi lebih tegang. Hal ini membuat otak jadi aktif. Kondisi ini juga nantinya bisa memicu hypnic jerk.

Waktu Tidur yang Kurang 

Ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka insomnia bisa terjadi. Saat insomnia terjadi, tubuh akan merasa lelah, tapi tidak pada pikiran. Hal inilah yang nantinya buat Anda jadi terkejut saat tidur karena kurangnya relaksasi pada bagian otak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli