Apple TV 4K 2021 Hadir dengan A12 Bionic, Cek Spesifikasi Dan Harganya

Liputanberitkau.com — Apple kembali meluncurkan sebuah perangkat rumah mereka yang memang sudah saatnya ditingkatkan. Dalam situasi pandemi di mana lebih banyak orang menikmati hiburan di rumah, tentunya tepat bila Apple TV 4K (2021) dirilis dengan segudang peningkatan.

Apple TV 4K (2021) adalah penerus dari seri sebelumnya yang sudah ada sejak empat tahun lalu. Secara tampilan, perangkatnya masih terlihat sama persis, kecuali kini hadir dengan pengendali atau remote yang sepenuhnya baru, memudahkan navigasi konten.

Yang diunggulkan oleh Apple adalah kemampuannya untuk streaming konten video dalam kualitas yang lebih tinggi. Sejatinya, generasi sebelumnya sudah mendukung konten 4K dengan HDR, termasuk Dolby Vision yang menjadi fitur unggulan kamera iPhone 12 Pro series. Namun masih belum mendukung refresh rate tinggi

Baca Juga :Apple Siap Gulirkan iPadOS 14.5 dan iOS 14.5

Spesifikasi

Apple TV 4K meggunakan  chip dari iPhone XS dan iPhone XR, yaitu Apple A12 Bionic. Cip tersebut membuat Apple TV 4K  mendukung konten high frame rate HDR (High Dynamic Range) dengan Dolby Vision, hingga 60fps. Tak hanya itu, Apple juga persiapkan ekosistemnya.

Selain hardware, Apple bekerja sama dengan penyedia layanan video streaming besar seperti FOX Sports, NBC Universal sampai Paramount+ supaya kontennya sudah mendukung kualitas tinggi tersebut.

Selain streaming, mode AirPlay juga mendukung kualitas sama, sehingga pengguna iPhone 12 Pro dapat melihat hasil rekamannya dalam tampilan terbaik.

Yang cukup unik, pengguna bisa melakukan kalibrasi tampilan televisi hanya dengan menggunakan iPhone yang mendukung. Apple TV 4K (2021) akan mengambil data dari sensor cahaya di iPhone (yang sudah gunakan Face ID), dan secara otomaris atur kontras serta warna agar lebih akurat. Tanpa perlu mengubah pengaturan di televisi.

Baca Juga : Rekomendasi Smartphone Keren Untuk Vlogging Sebagai Pengganti Kamera

Peningkatan signifikan berikutnya adalah desain remote yang dibuat sepenuhnya baru, kini tampil dengan warna silver dan tombol warna hitam. Area clickpad bagian atas kini dilengkapi tombol navigasi empat arah yang berbentuk lingkaran.

Harga

Apple TV 4K (2021) dibanderol seharga USD179, atau sekitar Rp2,6 jutaan. Sementara untuk varian HD saja sedikit lebih murah di USD149 (Rp2,1 jutaan). Siri Remote terbaru juga dijual terpisah, kompatibel dengan perangkat generasi sebelumnya, dengan harga USD59 (Rp800 ribuan).

 

 

 

 

 

Artikel asli