Ini Dia Solusi Link Tidak Muncul saat Verifikasi Email Kartu Prakerja

liputanberitaku.com— Ini Dia Solusi Link Tidak Muncul saat Verifikasi Email Kartu Prakerja- Untuk pendaftaran Kartu Prakerja Verifikasi email adalah salah satu tahapan dalam pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12. Bila link verifikasi tidak muncul di kotak masuk email, bagaimana cara mengatasinya?

Bagaimana Cara Daftar Prakerja?

Langkah pendaftaran Kartu Prakerja dimulai dari kalian membuat akun di situs prakerja.go.id. Di sana, pendaftar memasukkan alamat email dan membuat kata sandi.

Setelah itu pendaftar akan menerima link verifikasi yang telah dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan tadi. Tautan yang masuk ke email ini harus diverifikasi sebelum melanjutkan ke tahap pendaftaran.

“Link verifikasi telah dikirimkan ke email kamu. Segera cek email dan klik tombol ‘Verifikasi Email’ agar bisa melanjutkan proses pendaftaran Kartu Prakerja,” itulah pemberitahuan yang muncul setelah proses tahap membuat akun.

Dikutip dari laman FAQ Prakerja, jika tombol “Verifikasi Email” tidak berfungsi, pendaftar juga bisa klik link tersemat atau salin tautan itu kemudian buka pada browser.

Ini Dia Solusi Link Tidak Muncul saat Verifikasi Email Kartu Prakerja

Link Berakhir dalam 24 Jam

Perlu diketahui, link verifikasi itu akan berakhir dalam waktu 24 jam lho. Bila tautan tidak berfungsi atau sudah berakhir masa berlakunya, kalian diminta untuk melakukan pendaftaran ulang.

Berikut berbagai cara untuk mengatasi link verifikasi tak muncul di kotak masuk email:

  1. Pastikan email yang dipakai untuk mendaftar akun Kartu Prakerja alamatnya sudah benar
  2. Bila alamat email sudah benar tetapi tidak ada di kotak masuk, mungkin dianggap sebagai spam
  3. Cek folder Spam yang letaknya di sebelah kiri layar. Klik Selengkapnya (More) jika menu folder Spam tidak tampak
  4. Cari email verifikasi Kartu Prakerja, buka, dan klik “Verifikasi Email”
  5. Akan muncul pemberitahuan email telah diverifikasi
  6. Pendaftar akan kembali ke halaman dashboard untuk login
  7. Masukkan alamat email dan password
  8. Setelah proses pembuatan akun tuntas, pendaftar bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran Kartu Prakerja

Pendaftar Kartu Prakerja nanti akan dievaluasi setelah membuat akun lalu melakukan pendaftaran termasuk mengisi data hingga mengunggah foto KTP. Tepatnya setelah melakukan tes nantinya.

Lengkapi Data Kalian

Cek Data ini untuk memastikan terkait kelengkapan data, mulai dari nama, nomor KTP, KK hingga kelengkapan data yang disyaratkan pihak dari Prakerja. Pengumuman terkait kapan hasil seleksi Kartu Prakerja ini bisa dipantau melalui medsos Instagram resmi milik Prakerja.

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang 12, pendaftar bisa login lalu cek di dashboard. Jika lolos seleksi Gelombang 12, nantinya pendaftar akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Pendaftar juga bisa melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard.

Dan jika nanti pendaftar tidak lolos, maka akan muncul notifikasi berteks “Tidak Lolos” pada dashboard.

Dikutip dari Setkab, pemerintah telah memutuskan akan melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021, dengan semua total anggaran sebesar Rp10 triliun untuk Semester I tahun 2021.

Insentif Kartu Prakerja ini dapat digunakan meringankan biaya selama mencari pekerjaan atau dapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kuota Terbatas

Total kuota Kartu Prakerja untuk semester I sejumlah 2,7 juta orang. Setelah itu, setiap KK dibatasi maksimal dua anggota keluarga saja yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja.

Sedangkan keterbatasan kuota peserta Kartu Prakerja pada Gelombang 12 ini dibatas sebanyak 600 ribu orang saja. Peserta yang lolos nantinya bisa mengikuti pelatihan yang mana saat ini mencapai 1.700 pelatihan dari 154 Lembaga Pelatihan.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 saat ini  telah dibuka sejak 23 Februari 2021.

 

Yuk mulai daftarkan diri kita sekarang, mumpung masih ada kuota, jangan sampai ketinggalan ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel_asli