Waspada, Ini Daftar Penyakit yang Rawan Menyerang di Musim Banjir

liputanberitaku.com — Waspada, Ini Daftar Penyakit yang Rawan Menyerang di Musim Banjir- Sekarang ini sejumlah kota kota besar mengalami banjir, dan tidak sedikit warga yang terpaksa harus mengungsi.  Saat kondisi banjir, seseorang akan menjadi lebih rentan terkena penyakit-penyakit tertentu karena kondisi lingkungan yang memburuk . Air yang tercemar akan meningkatkan risiko kita mengalami infeksi pada luka terbuka, dermatitis, konjungtivitis, dan infeksi telinga, hidung, tenggorokan. Selain itu, banjir juga dapat menimbulkan berbagai penyakit yang mudah menular. Karena itu penting untuk melindungi diri dari paparan air banjir terlepas dari sumber kontaminasi. Cara terbaik untuk melindungi diri adalah menjauh dari air. Jika anda terkena air banjir segeralah  membersihkan diri: Cuci area tersebut dengan sabun atau anti septic lainnya dan air bersih sesegera mungkin.

Berikut adalah beberapa penyakit yang rawan menyerang saat banjir :

Waspada, Ini Daftar Penyakit yang Rawan Menyerang di Musim Banjir

Tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Buruknya sanitasi dan air bersih saat banjir membuat penyakit tifus rentan menular saat banjir.

Leptospirosis disebabkan bakteri Leptospira yang berasal dari kotoran tikus. Seseorang bisa tertular leptospirosis saat memiliki luka terbuka yang terkena atau kontak dengan air yang mengandung kotoran tikus. Penyakit ini jadi ancaman serius saat banjir.

 Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyakit pascabanjir yang sangat mudah menular. Saat musim hujan dan setelah banjir, muncul genangan air yang rentan digunakan sebagai tempat berkembang biak nyamuk. Dengan meningkatnya populasi nyamuk, ancaman DBD otomatis semakin besar. Jaga lingkungan sekitar tetap bersih dan tidak ada tempat yang potensial digunakan nyamuk berkembang biak.

Diare Sanitasi dan air bersih saat banjir rentan tercemar bakteri saat banjir, terutama di tempat pengungsian. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit diare yang mudah menular. Untuk mencegah terserang diare saat banjir, biasakan mencuci tangan dengan sabun, merebus air minum sampai mendidih.

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) Penyakit yang mudah menular lewat udara seperti ISPA juga rentan menyerang saat banjir. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri, virus, dan mikroba lainnya. Gejala ISPA bisa dikenali lewat batuk, demam, sesak napas, nyeri dada dll.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli