Kolmanskop, Kota Penghasil Berlian Terbesar Yang Kini Ditinggalkan

Liputanberitaku.com — Kolmanskop sebuah kota hantu yang berada di selatan Namibia yang dulu dikenali sebagai tempat penambangan berlian di Afrika. Kota ini berada beberapa km dari dermaga Luderitz. Kolmanskop mulai dikenali sebagai kota pemroduksi berlian berawal di tahun 1908,
Penemuan berlian itu menyebar ke seluruh dunia, sampai di tahun 1912, kota ini juga dipenuhi oleh beragam penambang yang ingin mengeruk berlian disitu.

Selanjutnya Kolmanskop jadi kota tambang berlian yang besar. Tiap tahunnya, sukses hasilkan satu juta karat atau sekitaran 11,7% dari keseluruhan produksi berlian dunia. Walau kotanya kaya berlian, tetapi warga asli Kolmanskop yakni Herero malah dijajah oleh beberapa tengkulak berlian, yang banyak orang Jerman.

Sampai satu hari 60.000 suku Herero dibunuh oleh Jerman karena coba melawan. Di tahun 1928, Kolmanskop juga ditutup dan ditinggalkan oleh beberapa penghuni yang masih ada. Selang beberapa saat, kota ini juga beralih menjadi kota mati. Tetapi ada pula pelancong yang ingin berkunjung Kolmanskop lewat Ghost Town Tours. Sekarang ini Kolmanskop masih tersisa beberapa rumah dan bangunan yang sudah termakan umur dan beberapa bangunan mulai ambruk dimasuki pasir gurun.