Mitos Telaga Herang, Tidak Boleh Sombong atau Berakhir Maut

Liputanberitaku.com — Mitos Telaga Herang, Tidak Boleh Sombong atau Berakhir Maut- Sebuah tempat wisata yang berada di kaki Gunung Ciremai, persisnya di Dusun Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mempunyai sebuah danau kecil natural serta sejuk namanya Telaga Bingungg. Nama Telaga Bingungg memiliki kandungan makna danau sama air jernih. Danau yang cukup dalam dan berbatu curam ini mempunyai keindannya tertentu, ditambahkan beberapa ribu ikan yang kelihatan terang di atas danau.

Seorang figur dusun di tempat menyebutkan sumber air Telaga Bingungg sebagai air mengucur dari sungai bawah tanah, datang dari mata air Gunung Ciremai, Tetapi dibalik keelokannya, ada dogma yang dipecaya oleh warga di tempat, di mana beberapa pengunjungnya jangan tinggi hati. Hal tersebut karena orang tinggi hati tidak dicintai oleh makhluk lembut penunggu danau dan dapat usai nahas.

Mitos Telaga Herang, Tidak Boleh Sombong atau Berakhir Maut

Menurut narasi warga di tiga dusun ini, telah ada 2 orang yang meninggal terbenam di danau itu, walau sebenarnya ke-2 nya ialah jawara renang. menurut saksi mata, saat sebelum berenang ke-2 nya menyombong dianya sebagai jawara renang. Disamping itu, beberapa penjaga di tempat larang keras untuk tiap pengunjung untuk ambil ikan yang berada di dalam danau. Jika ngotot, pengunjung akan terserang ancaman yakni peringatan dan denda dari petugas tempat wisata.

Pengunjung tempat wisata ini umumnya beberapa pemuda pemudi yang disebut warga Majalengka sendiri. Tapi, di saat berlibur sekolah atau liburan panjang pengunjung di luar kota banyak juga yang bertandang ke tempat wisata ini.

Ă—